10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Suka banding bandingin karakter mana yang paling kuat ? Gunakan Marvel Power Rank untuk cari tahu siapa yang paling sakti diantara jagoan jagoan ini

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Dari dulu sampai sekarang kita selalu tertarik membandingkan karakter jagoan anime /manga mana yang lebih kuat dibandingkan karakter lainnya. Pengarang komik juga dikenal sering menggunakan skala tertentu untuk menggambarkan seberapa kuat karakter yang diciptakan, pada komik Dragon Ball misalnya Akira Toriyama  menggunakan power level untuk menggambarkan kekuatan Son goku Cs. Pengarang komik lainnya seperti Oda sensei menggunakan skala yang disebut Douriki untuk mengukur sekuat apa karakter di One Piece.

Dibandingkan 2 skala yang sudah disebutkan sebelumnya marvel telah menggunakan cara yang lebih lengkap untuk menggambarkan kekuatan karakternya yang dikenal dengan marvel power grid. Dalam artikel ini penulis berusaha untuk menggunakan marvel power grid untuk menaksir kekuatan jagoan jagoan anime / manga kita secaa lebih objektif.

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya[/caption]

Marvel power grid mengelaborasikan 6 faktor untuk mengukur kemampuan bertarung suatu karakter. Ke 6 faktor tersebut adalah

  1. Kecerdasan
  2. Kekuatan
  3. Kecepatan
  4. Ketahanan
  5. Proyeksi Energi
  6. Keterampilan bertarung

Setiap faktor tersebut mempunyai 7 tingkatan yang dapat dibaca lebih jelasnya di http://marvel.com/universe/OHOTMU:Power_Grids

ingin tahu seberapa kuat jagoan manga kita dalam marvel power grid ? silahkan teruskan membacanya ya !

 



#10 RECCA : FLAME OF RECCA

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Recca adalah jagoan utama dari seri flame of recca merupakan seorang remaja yang terobsesi dengan ninja dan apapun yang berhubungan dengan ninja. Recca merupakan putra kedua dari Oka, pemimpin klan NinjaHokage yang ada lebih dari 400 tahun yang lalu. Orang Tua Recca merupakan saudara tiri, Kurei, seharusnya menjadi pewaris karena dia adalah anak tertua dan dilahirkan dengan kemampuan untuk mengendalikan Api terkutuk

  1. Kecerdasan : 4 (berbakat)

    Penulis memberikan nilai 4 karena recca jelas mempunyai kecerdasan yang unggul digunakan dalam pertarungan atau menyelesaikan permasalahan yang dihadapi

  2. Kekuatan : 3 (s/d 800 Kg)

    Sering terlihat di dalam serial bahwa recca mengangkat lawan lawannya yang lebih besar lebih dari 2 kali lipat badannya namun belum pernah terlihat mengangkat bobot ber ton ton.

  3. Kecepatan : 3 ( Subsonik)

    Kelincahan recca dipercaya melebihi pelari jarak pendek terbaik, dibuktikan dengan kemampuannya menghindar dari rudal rudal homing di dalam dome pada hell arc.

  4. Ketahanan : 4 (regeneratif)

    Recca terlihat tahan serangan fisik maupun jurus dan mampu pulih dengan segera, namun demikian masih sering terlihat menghindari peluru sehingga penulis memberikan nilai 4 dalam kategori ini.

  5. Proyeksi Energi : 4 (medium range, jangka medium, 1 jenis energi)

    Recca mempunyai jurus 7 naga api yang bisa dimunculkan sekaligus dalam sekejap, naga api ini sangat destruktif tapi tidak mempunyai jarak yang jauh dan tentu masih kurang unggul dibanding jagoan marvel yang lain. oleh karena itu dalam kategori ini penulis memberi nilai 4.

  6. Keterampilan bertarung : 5 (master 1 jenis beladiri )

    Keterampilan bertarung recca sangat terasah dan mampu memanfaatkan seluruh jurusnya untuk melindungi hime, namun demikian terlihat bahwa recca hanya menguasai 1 jenis beladiri saja yaitu taijutsu.

 Recca yang berhasil menyelamatkan Hime, ibunya dan memusnahkan kouran mori mempunyai Power Level: 23



# 9 LUFFY : ONE PIECE

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Luffy adalah anak bajak laut legendaris Gol D Roger. Terobsesi untuk menemukan harta karun terbesar yaitu One Piece, luffy melakukan perjalanan ke Grand Line, tempat yang paling berbahaya di Bumi

  1. Kecerdasan 1

    Salah satu kelemahan luffy adalah tingkat kecerdasannnya yang jongkok. Seringkali kebodohan ini dieksploitasi oleh lawan lawannya untuk merugikan luffy, kelemahan daya pikir ini rasanya merupakan kompensasi adil dari kemampuannya fisiknya yang luar biasa.

  2. Kekuatan 5

    Luffy terlihat berkali kali melontarkan objek dengan berat ber ton ton ke lawan lawannya, terkhir terlihat adalah pada saat menghancurkan balok es di depan para admiral. Setelah time skip luffy belum terlihat mengeluarkan kekuatannya dalam hal angkat mengangkat lagi.

  3. Kecepatan 4

    Kecepatan luffy berada pada tingkatan supersonic, seperti sering ditunjukkan pada saat menggunakan gear 2.

  4. Ketahanan 6

    Salah satu keunggulan shonen pada umumnya adalah ketahannanya yang berada pada tingkatan superhuman. Dalam kategori ini luffy berhak untuk diberikan pengakuan ini.

  5. Proyeksi Energi 1

    Luffy tidak mempunyai kemampuan proyeksi energi, dalam skypiea arc pernah ditunjukkan kemampuan proyeksi energi tapi menggunakan alat bantu yaitu dial.

  6. Keterampilan bertarung 6

    Dengan tambahan haki pada serial yang terbaru luffy telah mencapai tingkatan master pada beberapa jenis jurus. Dalam kategori ini tingkatan 6 adalah nilai yang rasional.

Luffy yang sekarang sibuk melawan hoddy demi menyelamatkan shirahoshi mempunyai Power Level 24



# 8 KUROSAKI ICHIGO : BLEACH

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Ichigo adalah shinigami pengganti yang diberikan tugas khusus untuk menjaga ketertiban dunia manusia dari hollow. Pada arc terakhir ichigo yang telah kehilangan kekuatannya pasca melawan Aizen telah  mendapatkan kembali kemampuan bertarung dan reiatsunya untuk melawan shinigame pengganti sebelumnya.

  1. Kecerdasan 5

    Ichigo mempunyai kecerdasan pada level genius dalam hal pertarungan. Selain itu ichigo juga diketahui mampu menduduki tingkat atas dalam nilai di sekolahnya. Oleh karena itu penulis merating ichigo dengan kategori 5

  2. Kekuatan 3

    Dalam mode manusia ichigo yang berandalan sering terlihat mengangkat lawan yang jauh lebih besar dari badannya dan melemparkannya dengan mudah ke rekan 1 geng nya. Dalam mode shinigami penulis belum pernah melihat karakter ini melakukan hal yang lebih hebat.

  3. Kecepatan 4

    Salah satu keunggulan ichigo adalah kecepatan bergeraknya yang luar biasa cepat. Dipercaya ichigo setidaknya berada pada level elite dalam jurus shunpo (flash step). Kecepatan yang luar biasa membuat penulis percaya bahwa kecepatannya berada pada kecepatan suara walaupun belum sekelas hypersonik.

  4. Ketahanan 6

    Ketahanan ichigo sangat luar biasa, pada saat pertarungan epik melawan aizen ichigo mampu bertahan dari hantaman jurus yang mampu meratakan gunung, oleh karena itu ichigo berada pada tingkat superhuman dalam kategori ini.

  5. Proyeksi Energi 4

    Jurus jarak jauh ichigo adalah getsuga tenshou yang berupa pancaran energi berbentuk bulan sabit yang berasal dari pedangnya. Karena kemampuannya yang sangat destruktif dan mempunyai jarak efektif cukup jauh penulis memberikan angka 4 dalam ranking ini.

  6. Keterampilan bertarung 5

    Ichigo adalah master dalam keterampilan berpedang, keterampilan berpedangnya dikatakan mampu berada dalam satu kelas dengan shinigami paling elit di soul soceity

Serial ichigo yang masih berjalan tentu memberikan kemungkinan rangking karakter ini yang lebih tinggi, namun demikian sampai pada arc Ginjou ichigo berada pada tingkatan Power Level 26



# 7 KYO : SAMURAI DEEPER KYO

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

 

Kyo adalah keturunan asli suku mibu yang diceritakan merupakan kelompok yang mengontrol dunia. Pada saat kecil kyo diselundupkan keluar mibu oleh Muramasa-anggota Taishro (elit mibu), Obsesi kyo adalah membunuh raja merah terdahulu yang sudah melakukan banyak hal buruk di mibu.

  1. Kecerdasan 5

    Kemampuan kyo untuk menganalisa situasi dan memecahkan masalah dipercaya pada level genius. kemampuan ini sering dipraktekkan dalam pertarungan pertarungannya melawan elit suku mibu.

  2. Kekuatan 3

    kyo sering terlihat mengangkat lawan yang jauh lebih besar dari badannya dan melemparkannya dengan mudah ke tembok atau lokasi lainnya. Dalam hal ini sepertinya kemampuan kyo mencapai tingkatan s/d 800 kg.

  3. Kecepatan 3

    Kecepatan kyo tidak diragukan lagi merupakan salah satu yang paling unggul dalam serial ini. Diperkirakan kecepatannya mencapai tingkatan subsonic (dibawah mach 1)

  4. Ketahanan 5

    Ciri khas jagoan dalam serial shonen adalah kemampuannya bertahan dari hantaman lawan yang (awalnya) selalu tampak lebih unggul (dan jumawa). Kyo dalam setiap pertarungannya selalu terluka parah dan pada saat terakhir dapat membalikkan keadaan dengan resilensinya yang luar biasa.

  5. Proyeksi Energi 4

    Kyo dapat mengeluarkan jurus jarak menengah dalam melawan musuh musuhnya. Kemampuan mengeluarkan jurus ini menjadikan penulis menetapkan 4 sebagai rating kyo

  6. Keterampilan bertarung 6

    Salah satu kemampuan kyo yang sering terlupakan adalah penyembuhan yang hanya ditunjukkan sekali sebelum melawan raja merah. Kemampuan penyempuan itu didampingi dengan teknik bertarung pada tingkat master mengantar Kyo dengan ranking 6 pada kategori ini.

Kyo yang telah mengalahkan raja merah berada pada Power Level 26



#6  GON : HUNTER X HUNTER

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Gon Freecs adalah putra dari Ging Freecs merupakan Hunter dalam serial hunter x hunter. Tujuan akhir gon adalah bertemu dengan ayahnya yang selalu bertualang ke seluruh dunia.

  1. Kecerdasan 5

    Walaupun terlihat bloon senarnya gon berada pada tingkat genius dalam kemampuan berpikir analitiknya, kemampuan ini ditunjukkan pada saat perang urat syaraf melawan pitou-chimera yang mampu mengalahkan kite saat penyembuhan pemain gungi.

  2. Kekuatan 4

    Kekuatan gon berada pada tingkatan superhuman sampai 25 ton. kemampuan ini terlihat saat membuka pintu raksasa di kediaman keluarga Zoldiek

  3. Kecepatan 4

    Walaupun bukan keunggulan utamanya gon sebenarnya bergerak sangat cepat. Hal ini ditunjukkan dalam pertarungan melawan pitou dimana dia bisa melompat ke bukti yang tinggi dalam 2 atau 3 kali loncatan.

  4. Ketahanan 6

    Ketahanan gon terhadap serangan sudah terbukti pada saat melawan Pitou yang dianggap sangat kuat oleh Meryem.

  5. Proyeksi Energi 3

    Gon mempunyai jurus proyeksi jankenpon yang mampu menghantam lawannya dalam jarak dekat. Dalam kategori ini Gon mungkin mempunyai tingkatan ini.

  6. Keterampilan bertarung 4

    Keterampilan bertarung gon jelas belum pada tingkatan master, tapi sudah cukup menaruh posisinya pada tingkatan ini.

Gon yang sekarang dalam keadaan comatose pasca chimera arc berada pada Power Level : 26



#5 HAYATO FURINJI : HISTORY STRONGEST DISCIPLE KENICHI

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Furinji Hayato, juga biasa disebut sebagai "Tetua", adalah kakek Miu dan yang tak terkalahkan dari Dojo Ryōzanpaku.

  1. Kecerdasan : 5

    Hayato dipercaya sebagai genius yang mampu memahami permasalahan dan mencari kelemahan jurus lawan dengan kecerdasannya.

  2. Kekuatan : 5

    Kekuatan hayato dipercaya ada pada kategori ini, dalam arc colloseum terlihat mampu mengangkat tank yang beratnya sekitar 40 ton

  3. Kecepatan : 4

    Hayato dipercaya bisa bergerak dengan kecepatan suara, pernah ditunjukkan dengan terbang pada saat merasa ada bahaya pada bayi miu

  4. Ketahanan : 6

    Ketahanan hayato dipercaya pada area 6, dalam beberapa flashback terlihat mampu kebal dari ledakan bom dan mortir walaupun jelas masih bisa terluka oleh jurus yang kuat

  5. Proyeksi Energi 4

    Dalam pertarungan di colloseum sebagai ganryu x hayato menunjukkan kemampuannya utuk mengeluarkan suara diperkuat chi yang sangat keras, oleh karena itu diperkirakan ada pada area ini

  6. Keterampilan bertarung : 6

    Dipercaya sebagai jagoan yang paling kuat pada serial ini hayato menguasai lebih dari 100 jenis jurus dan beladiri walaupun belum pada tingkatan paling maksimal.

Hayato Furinji yang belum menunjukkan semua kemampuan bertarungnya dipercaya mempunyai Power Level : 30



#4 TORIKO : TORIKO

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Toriko adalah pemburu bahan makanan eksotis yang mempunyai mimpi untuk melengkapi menu hidangan penuhnya. Dilatih oleh IGO President toriko merupakan salah satu tokoh protagonis elit dalam cerita ini.

  1. Kecerdasan 5

    Walaupun terlihat bodoh karena badannya yang besar toriko sebenarnya berada pada tingkatan jenius, hal ini dibuktikan dengan kemampuannya untuk menghapalkan dan menyebutkan hampir semua monster yang ada pada serial ini.

  2. Kekuatan 7

    Toriko terlihat mampu mengangkat beban melebihi 100 ton, dalam chapter shining gourami bersama dengan sani toriko mampu menghancurkan gunung yang beratnya jutaan ton.

  3. Kecepatan 5

    Toriko mampu bergerak dengan sangat cepat, terlihat dalam episode wu dimana dia melewati ratusan kilometer dalam waktu beberapa menit saja.

  4. Ketahanan 5

    Salah satu ciri khusus Serial shonen adalah resilensi karakternya dari serangan apapun. Kekuatan ini sering ditunjukkan oleh toriko dalam melawan GT Robo atau lawannya yang lebih kuat.

  5. Proyeksi Energi 3

    Walaupun tidak mempunyai jurus proyeksi yang spesifik, toriko mampu mengubah fork dan knife nya menjadi jurus yang cukup mematikan dalam jarak dekat-menengah.

  6. Keterampilan bertarung 5

    Toriko berada pada tingkatan master dalam satu teknik pertarungan, walaupun masih terlihat ada karakter lain (seperti elit IGO dan Bishokuya) yang masih mengungguli kemampuannya.

Toriko yang baru berhasil membuka kota harta karun presiden IGO untuk menu Entree mempunyai Power Level :  30



#3 LIBRA DOHKO : SAINT SEIYA

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Libra dohko dan aries schion merupakan karakter yang non dewa - non utama dalam realm saint seiya. Libra dohko  sedikit saya unggulkan karena masih hidup saat melawan aries schion(yang dihidupkan hades)

  1. Kecerdasan 6

    Dohko setidaknya memiliki level super genius, ditunjukkan dalam kemampuannya untuk memanipulasi penampilan fisiknya dan hidup sampai 261 tahun.

  2. Kekuatan 4

    Kekuatan Gold saint dipercaya berada pada kisaran ini, mampu mengangkat pilar pilar dari kuil masing masing menggunakan kekuatan fisik atau telekinesis.

  3. Kecepatan 6

    Untuk meraih indra ke 7 saint harus mampu mendobrak batas kecepatan cahaya, libra dohko dipercaya berada pada tingkatan ini.

  4. Ketahanan 6

    Ketahanan libra dohko dipercaya pada tingkatan superhuman, setidaknya dalam arc hades karakter ini mampu bertahan dari serangan serangan scepter dan gold saint yang membelot.

  5. Proyeksi Energi 5

    Salah satu kemampuan karakter ini yang sangat menarik adalah proyeksi energi atau telekinesis yang mampu menjangkau wilayah yang cukup jauh. Dalam kategori ini penulis memberikan nilai 5.

  6. Keterampilan bertarung 6

    Masteri dohko selain jurus fisik juga telekinesis. Dalam kategori ini cukup layak diberikan tingkat master

Dohko yang berada pada elysium sekarang dipercaya mempunyai Power Level : 33



#2 NARUTO : NARUTO

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

Naruto yang bernama lengkap Uzumaki naruto adalah tokoh protagonis utama dalam serial ini. Naruto merupakan titisan dari rubah berekor 9 yang disegel oleh hokage ke 4 yang juga Ayahnya.

  1. Kecerdasan 4

    Walaupun jelas tidak sampai tingkatan genius, Nartu mempunyai kecerdasan pada tingkat sangat berbakat. Hal ini dibuktikan dalam setiap pertarungan sulitnya melawan raikage ke 3 dalam arc terakhir

  2. Kekuatan 7

    Mampu membebaskan diri dari gravitasi yang menarik batu seukuran gunung dalam pertarungan melawan pein membuktikan naruto mampu mengangkat beban diatas 100 Ton dengan fisik + ninjutsunya.

  3. Kecepatan 5

    Keunggulan naruto adalah kecepatannya yang tinggi, ditambah lagi dengan chakra rubah ekor 9 yang didapatkan dalam arc terakhir menjadikan naruto menjadi salah satu tokoh tercepat dalam komik ini.

  4. Ketahanan 6

    Salah satu ciri khusus Serial shonen adalah resilensi karakternya dari serangan. Kekuatan ini sering ditunjukkan oleh Naruto dalam melawan semua lawannya. Dalam Arc terakhir naruto yang berada pada mode rubah ekor 9 mampu bertahan dari pukulan raikage ribuan ton.

  5. Proyeksi Energi 5

    Kemampuan unik jarak jauh naruto yang baru adalah rashenshuriken yang mampu dilepaskan dalam jarak cukup jauh. Pada mode rubah ekor 9 naruto bahkan mampu melepaskan tail beast Bomb yang jaraknya lebih jauh lagi.

  6. Keterampilan bertarung 6

    Naruto telah menguasai banyak jurus dan bentuk pertarungan, seperti kumite kata dan taijutsu.

Naruto yang membantu Gaara untuk melawan Tsuchikage mempunyai level Power Level 33



#1 SON GO KU : DRAGON BALL GT

10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya

TIdak ada karakter dalam manga yang lebih kuat dari Son Go Ku. Karakter jagoan dan impian semua anak anak di dunia pada jamannya ini mempunyai kemampuan yang bahkan mengguli dewa pada universe dragon ball.

  1. Kecerdasan 6

    Son Go Ku jelas merupakan super genius, mampu mengalahkan semua lawan lawannya bukan hanya dengan kekuatan tapi kecerdasan dan ketenangan pikiran seperti ditunjukkan pada saat melawan Cell.

  2. Kekuatan 7

    Kekuatan songoku jelas pada kisaran diatas 100 Ton bahkan pada pelatihannya dengan Jin Kura Kura pada saat anak anak

  3. Kecepatan 7

    Son Go Ku mempunyai jurus untuk berpindah tempat dalam sekejap. Kemampuan ini yang sering digunakan untuk membalik keadaan pada waktu melawan musuh yang lebih kuat.

  4. Ketahanan 6

    Songoku jelas berada pada tingkatan superhuman dalam hal ketahanan pukulan. Son Go Ku sering kebal dari jurus lawan yang mampu menghancurkan planet

  5. Proyeksi Energi 5

    Walaupun mempunyai jurus proyeksi yaitu kamehameha yang super kuat, Son Go Ku tidak memiliki jurus proyeksi lainnya (misalkan telekinesis)

  6. Keterampilan bertarung 6

    Menguasai beberapa jurus yang muncul akibat pengalaman bertarung dan bakat yang luar biasa Son Go Ku berhak mendapatkan tingkatan 6 dalam kategori ini.

Son Go Ku yang sekarang menjadi idola semua orang mempunyai Power Level 37

ARTIKEL TERBARU