Nokia Car Mode… Satu Fitur Unggulan Symbian Belle!

Hingga 16 ribu orang di dunia tewas karena kecelakaan, akibat mereka mengendarai kendaraan sambil menggunakan telepon. Data tersebut didapat dari hasil penelitian dari tahun 2001 hingga 2007 oleh satu lembaga riset di Amerika Serikat. Di Indonesia pun demikian. Karena tingginya angka kecelakaan karena faktor menelepon sambil mengemudi, disusunlah UU No. 22 tahun 2009, Tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Undang-undang yang satu ini – salah satu pasalnya berkaitan dengan mengendarai kendaraan dan handphone. Sanksinya bisa mulai kena tilang, denda atau penjara. Namun pihak yang berwajib mentoleransi mereka yang menggunakan telepon melalui headset, atau bisa juga gunakan alternatif aplikasi berikut ini.

Nokia mengkonfirmasikan satu aplikasi baru untuk smartphone Symbian, yang dibuat khusus untuk mempermudah penggunanya dalam menggunakan smartphone Symbian selama mengendarai kendaraan. Disebut Nokia Car Mode, aplikasi ini menyederhanakan interface Symbian dan menempatkan fungsi yang paling mungkin digunakan selama berkendara sehingga mudah dijangkau. Plus, juga mengoptimalkan penggunaan Nokia Drive (fitur navigasi suara pada Nokia Maps), traffic updates, music dan mempermudah panggilan suara ketika berkendara.

Nokia Car Mode juga mendukung standar MirrorLink, sehingga memungkinkan smartphone terintegrasi dengan sistem audio, video atau navigasi mobil yang didukung oleh Nokia. Berkat fitur tersebut, kamu bisa mengendalikan juga smartphone Symbian melalui tombol-tombol khusus pada dashboard mobil, dan menampilkan antar muka navigasi pada handset pada layar mobil.

Nokia Car Mode ini dikembangkan menggunakan Qt framework dan memerlukan Symbian Belle untuk menjalankannya. Nah, kebutuhan terakhir itu yang agak kurang enak, karena Symbian Belle sendiri merupakan versi terbaru dari sistem operasi Symbian, yang baru akan hadir melalui Nokia 600, 700 dan 701, yang sudah diluncurkan per hari ini oleh Nokia (entah di Indonesia kapan). Karena itulah, aplikasi Nokia Car Mode ini sendiri baru akan terdaftar di Ovi Store akhir tahun ini. Nokia sendiri menyebutkan jika Symbian mereka lainnya (yang mendukung kendali sentuhan tentunya), juga akan menerika update Belle nantinya.

Bicara Symbian Belle dan ketiga smartphone yang mengiringinya, akan saya ulas lebih jauh dalam artikel lain nantinya. Yang jelas si Belle tersebut seakan tampil menjadi penggabungan banyak fitur menarik interface Android dan iOS.

Antar muka Symbian Belle yang mirip dengan Android... widget dimana-mana, sampai drop down notification...

SHARE
Previous articlePhilips Xenium x525… Bisa Tahan Satu Setengah Bulan!
Next article10 Karakter Anime / Manga dengan Power Levelnya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.