Serupa Tapi Tak Sama… Jadi Mau Pilih Xperia Play atau PSP Go?

Beli Xplay bonus yang bening-bening...

Banyak yang bertanya-tanya, lebih baik membeli Sony PSP Go atau Sony Ericsson Xperia Play saja ya, jika untuk main game. Ada beberapa pertimbangan untuk itu, dan berikut ini saya berikan sedikit gambaran mana yang bisa dipilih dari sudut pandang seorang pengguna casual.

Mau PSP Go atay Xplay? Desainnya memang sama. Orang awam, sekilas mungkin susah membedakannya. Tinggal melihat target pasarnya. Xplay jauh lebih luas, bisa untuk semua profil pembeli. Gamer atau non gamer. Namun PSP Go, mutlak hanya untuk main game – kecuali mau sedikit ribet berurusan dengan modding software-nya, dan pengguna awam pasti kesulitan dalam hal ini. Xplay juga diuntungkan berkat Android, mengingat akhir-akhir ini pilihan gamenya begitu beragam seperti konsol/handheld. Mendapatkan gamenya juga sangat mudah. Mau yang simpel dan casual, hanya beberapa MB saja, tinggal download melalui Android Market. Ada ratusan judul. Namun jika ingin yang lebih advance, banyak juga alternatifnya.

Seperti bagaimana usaha Gameloft membawa game hardcore ala konsol ke mobile. Eternal Legacy yang begitu terinspirasi dari Final Fantasy, yang terbaru Backstab juga dengan gameplay ala Assassin’s Creed, lalu ada beberapa action RPG seperti Inotia dan Zenonia pun mengingatkan pada RPG-RPG lawas era Super NES. Dan kamu yang doyan game online Mapple Story, ada juga kembarannya untuk mobile gamenya, berjudul Illusia. Namun untuk pengisi waktu senggang, main sambil menunggu, tidak ada yang paling pas selain Xplay dengan ribuan game casualnya. Fungsinya sebagai organizer, multimedia, hingga sarana komunikasi, tidak bisa dipenuhi dengan mudah oleh PSP Go.

Perbandingan secara hardware? PSP Go hanya unggul di kekuatan prosesor, yang memang maksimal untuk bermain game, serta ada analog yang feedback-nya lebih nyaman daripada touchpad. Selain itu, PSP Go masih menyimpan puluhan judul game ekslusif, yang mungkin bagi pemain game hardcore tidak mungkin ditemukan dalam Xplay. God ow War misalnya, atau bahkan Monster Hunter. Namun di sini jika kita bicara pasar casual, PSP Go harus tunduk pada Xplay. Blue Ocean terbukti lebih luas, dan mereka yang ingin perangkat “all-in-one,” pasti lebih memilih Xplay dibandingkan PSP Go.

Jadi di sini kembali pada dirimu, mau perangkat yang hanya fokus sekadar main game saja, atau juga bisa digunakan update status, buffer video You Tube, membaca artikel terkini di Duniaku.net, bahkan juga secara sempurna bisa mengajak kita bernostalgia memainkan salah satu RPG legendaris, Wild Arms…  *tunggu artikel selanjutnya untuk detail PlayStation Suite*


SHARE
Previous articleSssst, Bocoran Detail Lain PS Vita!
Next articleBersama Asphalt 6, Memburu “Emas” World Cyber Games 2011
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.