Rocksmith, Rhythm Game atau Tutorial Bermain Gitar?

Ingin mahir bermain gitar seperti Paul Gilbert?

Untuk tahun ini, rhythm game bisa dianggap sepi, karena Guitar Hero yang sudah dihentikan pengembangannya, dan juga tidak ada tanda akan rilisnya Rock Band 4 dalam waktu dekat. Hal ini pun dimanfaatkan dengan baik oleh Ubisoft dengan merilis sebuah rhythm game baru yang mereka beri judul Rocksmith. Apa yang menjadikannya unik dan berbeda dari game lain adalah kemampuannya untuk menggunakan gitar listrik nyata (ya, gitar yang biasa dipakai untuk bermain musik) untuk digunakan sebagai kontroler didalam game!

Jika kamu menyebut game ini sebagai media latihan bermain musik, maka anggapan tersebut bisa jadi ada benarnya. Dengan memainkan gitar sungguhan  sebagai kontroler, tentu kamu akan melakukan dua aktivitas sekaligus, bermain game dan juga belajar bermain gitar! Beberapa musisi sudah menyatakan kesediaannya untuk menyumbangkan lagu di game ini antara lain The Cure, Soundgarden, David Bowie, Radio Head, Nirvana, dan The White Stripes.

Tidak seperti rhythm game lain yang mengharuskan kamu bermain career mode hanya untuk membuka lagu-lagu baru, tujuan Rocksmith ini adalah untuk mengajari kamu bagaimana bermain gitar dengan baik. Semakin mahir kamu memainkan gitar kamu, maka poin kamu juga akan semakin besar. Kamu juga bisa mempelajari teknik-teknik yang sering digunakan oleh musisi ternama, seperti sustaining atau bending. Oiya, untuk menggunakan gitar sungguhan sebagai kontroler, kamu harus memiliki sebuah kabel yang khusus didesain untuk game ini.

Beli Game dapat Gitar, atau Sebaliknya?

Tidak lengkap bila sebuah game tanpa edisi bundel. Edisi bundel dari Rocksmith ini bisa dikatakan cukup “wah”. Sebut saja, dengan banderol harga US $199.99 (sekitar Rp. 1.800.000), kamu akan mendapatkan gitar Epiphone Les Paul Junior, dan juga Rocksmith Real Tone Cable, sebuah kabel unik yang mana bisa mengkonversi jack 1/4 inch yang biasa digunakan di audio kedalam USB, dan dikembangkan secara khusus untuk game ini! Kabel revolusioner ini bisa mengkonversi sinyal analog yang dihasilkan gitar menjadi sinyal digital. Oiya, bagi kamu yang tidak ingin membeli bundel ini, kamu cukup membeli edisi standarnya yang dibanderol dengan harga US $ 7.99, yang mana kamu juga akan mendapatkan satu unit kabel ini sebagai bonusnya.

Pengen gitarnya aja nih..:D

 


SHARE
Previous articlePES 2012 Final Preview!
Next articleKirby’s Return to Dream Land, Kirby Pun Bisa Mengeluarkan Kemampuan Super
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.