9 Masterpiece Animasi oleh Hayao Miyazaki-Sensei

Hayao Miyazaki-Sensei adalah maestro film animasi jepang yang sudah berkarya lebih dari setengah abad. Walaupun karir animasinya dimulai tahun 1961 pada saat bergabung dengan Toei animation, potensinya baru benar benar mencuat pada saat mendirikan studio ghibli pada tahun 1985. Sampai sekarang Miyazaki-sensei masih aktif dalam beberapa acara comic-con dan animasi di seantero dunia.

Setiap karyanya selalu mempunyai penokohan yang unik, penceritaan yang memikat dan gambar yang mengagumkan. Karya Miyazaki-sensei rasanya mampu berdiri sejajar (atau selangkah lebih maju) dibanding  karya terbaik Pixar dan Dreamworks studio. Artikel ini akan mengupas 9 masterpice beliau.

 

9 | My Neighbor Totoro


 

`

Mungkin karakter dari film ini adalah salah satu yang paling memorabel, terutama Totoro  sang arwah berbentuk kelinci raksasa. Film ini bercerita mengenai petualangan menakjubkan Totoro dengan  dua gadis menawan yang dihiasi demonstrasi kemampuan sihir unik milik Totoro. Walaupun mempunyai semua kualitas dari masterpiece seperti penokohan yang luar biasa, penceritaan yang mengalir dan animasi yang indah menakjubkan film ini kekurangan satu elemen yaitu plot yang memukau. Tapi rasanya kekurangan ini tidak menjadikan film ini tidak layak masuk dalam koleksi DVD anda.

Oya, Saking memorable nya tokoh Totoro ini, Film Toy Story 3 sampai menjadikannya cameo dalam adegan Woody mencari alamat rekan rekannya yang diculik

 

Ponyo


Film yang menyuguhkan film animasi yang digambar dengan sangat indah ini bercerita mengenai anak laki laki yang menemukan ikan mas berbentuk manusia. Ceritanya tidak jauh dari usaha sang ikan mas untuk menjadi manusia yang dihiasi hubungan persahabatan kedua mahkluk berbeda spesies ini. Didukung dengan plot cerita yang unik dan CGI yang mengagumkan menjadikan film layak anda tonton (terlepas dari tokoh yang perwatakannya terlalu mudah dipahami )

note: Meskipun cukup baru, mungkin tidak semua pembaca duniaku pernah menonton karya animasi ini-seperti hampir semua karya Miyazaki-Sensei yang tidak mendapatkan tempat di hati pengelola 21cineplex T_T.

 

7 | Howl’s Moving Castle


 

Film adaptasi dari novel yang berjudul sama ini bercerita mengenai seorang gadis yang dikutuk oleh penyihir jahat menjadi nenek tua. Petualangan gadis ini dimulai pada saat memasuki dunia sihir yang membawa dia  memasuki kastil yang bergerak tempat dimana kutukannya bisa dihilangkan. Walaupun berasal dari novel, sentuhan Miyazaki-Sensei tidak luntur sedikitpun, di dalam film ini kita akan menikmati tokoh dan stage yang digambar secara mengesankan, plot yang mengasikkan dan candu visual yang susah dilupakan. Kekurangan film ini (kalau ada) adalah ceritanya yang agak kurang mirip dengan novelnya (seperti film adaptasi lainnya).

1
2
3

SHARE
Previous articleLionsgate Siap Bawa Dead Island ke Layar Lebar
Next articleToday Video Games Life Lessons (30/9/2011)