Review Kirby Mass Attack, Sepuluh Kirby Berada dalam Genggaman!

Dev / Pub : HAL Laboratory / Nintendo
Tanggal Rilis : 19 September 2011
Genre : Action Platform
Platform : DS
Skor : A+ atau 9 / 10

Pasukan Kirby mini, seraaaang!

Preview-nya sempat ditulis oleh Steven Widjaja di sini, dan kali ini saya akan me-review game ini. Memang sebenarnya sudah cukup lama game ini dirilis, namun karena anti-piracy dari Nintendo membuat ROM-nya (iya, ROM-nya) tidak bisa dimainkan di flashcard manapun. Tapi setelah sekitar dua pekan, barulah game ini bisa dimainkan. Untuk detail kompatibilitas game ini, akan saya  jelaskan di lead berikutnya.

Pertama kali memainkannya, jelas ciri khas serial Kirby tampak jelas di Kirby Mass Attack ini, yakni grafis cerah dengan desain imut. Yang berbeda jelas gameplay-nya, sepenuhnya menggunakan stylus karena kamu mengendalikan hingga sepuluh Kirby mini! Kok bisa? Ya tentu bisa dong, karena berkaitan dengan skenario game ini sih hehe. Musuh abadi Kirby, Necrodeus, tiba-tiba saja menyerang Kirby dengan sihirnya sehingga mengubah si Kirby menjadi sepuluh Nirby mini dengan tujuan menghapus keberadaan si makhluk bundar pink tersebut untuk selamanya. Rencananya ampuh, tapi sayang ada satu Kirby mini yang bisa meloloskan diri, dan berusaha mengembalikan kekuatannya serta mencegah Necrodeus melakukan kejahatan lain.

Gameplay unik nan inovatif untuk serial Kirby

Mengumpulkan pasukan Kirby mini menjadi kunci utama di sini. Di awal kamu hanya mengendalikan satu Kirby mini, tapi seiring dengan mengumpulkan buah-buahan yang ada (hingga berjumlah 100 seperti yang tertera di layar atas) maka kamu akan mendapatkan satu Kirby mini baru yang siap menemani. Tentu beberapa stage mengharuskanmu memiliki sejumlah Kirby mini tertentu sebelum bisa memasukinya.

Kontrolnya pun dibuat semudah mungkin oleh HAL Laboratory. Kamu bisa menggerakkan pasukan Kirby mini dengan menyentuh dan menggeser ikon bintang ke arah yang kamu inginkan. Atau bisa juga menggerakkan semuanya dan membuatnya melayang dengan menyentuh semua Kirby mini, dan gambar garis ke arah yang kamu inginkan (mirip dengan Kirby: Canvas Curse). Sentuh dua kali musuh untuk membuat pasukan Kirby-mu menyerang musuh tersebut, atau melemparkan masing-masing Kirby tersebut ke arah objek tertentu untuk mengaktifkan sesuatu. Terkadang beberapa objek membutuhkan jumlah Kirby tertentu untuk bisa diaktifkan.

Tapi terkadang ada juga Kirby mini yang di luar jangkauan dan terkena serangan musuh. Sekali terkena serang, Kirby mini berwarna biru, dan jika terkena lagi maka dia akan berubah menjadi hantu. Jika kamu tidak melemparkan Kirby lain untuk mengenainya, maka Kirby tadi akan benar-benar melayang ke dunia sana. Untuk memulihkannya, ada semacam cincin besar dan kamu bisa melemparkan Kirby tersebut ke arah cincin tersebut.

Meskipun kemampuannya untuk menjiplak kemampuan musuh (Ability Copy) tidak kamu temui di sini, tapi banyak sekali puzzle yang harus diselesaikan dengan gameplay baru ini. Seperti membagi pasukan Kirby-mu untuk mengaktifkan switch, mengalahkan musuh, dan mendapatkan buah-buahan sekaligus. Benar-benar menarik. Belum lagi desain stage yang menarik dan bervariasi, membuat permainan tidak akan membosankan, bahkan cenderung adiktif. Tiap stage selalu menyediakan hal baru, yang menurut saya sangat menarik.

Fitur ekstra yang tak kalah adiktif

Tentu saja ada fitur ekstra yang bisa kamu dapatkan jika mengumpulkan medali yang tersembunyi di setiap stage-nya. Salah satunya yakni mini game atau fitur pemutar lagu-lagu dalam game. Tentu bagi kamu penggemar serial Kirby pasti familiar dengan fitur ini. Dan pastinya ada di antara kamu yang ingin melengkapi semuanya bukan? Hehe. Mini game yang ada pun juga menarik dan sayang dilewatkan sih.

Benar-benar adiktif deh game ini. Semua unsur yang ada membuat saya patut memberikannya nilai 9/10 atau A+ deh hehe. Mulai dari gameplay unik, desain stage menarik dan pertarungan bos variatif, banyaknya fitur ekstra yang dikumpulkan, dengan grafis dan animasi halus membuat saya terus menatap layar DS saya. Hanya saja terkadang mengendalikan sepuluh Kirby mini terkesan ruwet dan heboh sendiri, karena ada beberapa Kirby yang di luar jangkauan layar jadi tidak terlihat. Toh hal tersebut tidak mengurangi keasyikan bermain. (Reyner)

1
2

SHARE
Previous articleChip Menguasai Dunia Lagi Di Syndicate Reboot
Next articleMovies You Can’t Miss This Summer
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.