Let’s Talk iPhone 5 and iPhone 4S… Everything You Need to Know!

Let’s Talk iPhone… berlangsung di Apple Campus Cupertino – California

Apple dengan iPhone 5 menjadi salah satu alasan trafik web gadget dan ponsel meningkat drastis akhir-akhir ini. Seperti yang mungkin sering kamu temui beritanya, memang Apple berniat merilis penerus iPhone 4 dalam waktu dekat. Atau menurut yang kami beritakan sebelumnya, seharusnya selama Oktober ini, atau berdasarkan gosip, bakal dikonfirmasikan resmi hari ini 4 Oktober 2011 melaui event Let’s Talk iPhone, kamu bakal mendapatkan kepastiannya. Dan jika mungkin setengah tahunan ini kamu disibukkan dengan pekerjaan atau aktivitas rutin, melewatkan momen-momen   internet ketika satu ikon gadget dunia ini perlahan terbuka tabirnya, berikut ini kami berikan resume perjalanan puzzle-puzzle iPhone 5, dan juga iPhone 4S perlahan muncul dan terangkai…

Timeline perjalanan berita iPhone 5

Seperti yang sering kami tuliskan, Apple memang lihai dalam menjual produknya. Strategi pemasaran yang hebat, serta menarget pasar casual di lautan blue ocean yang lebih mengutamakan style, daripada harus menarik semua kemampuan smartphone mereka (istilah kerennya, ngoprek!) Namun walaupun mengutamakan style, seperti terlihat dengan desain iPhone 4 yang begitu menawan dan ikonik, seakan baru saja ditarik dari sebuah butik, casing berkelas dengan resolusi layar tertinggi di kelas mobile, menunggu banyak penantang mengalahkan auranya. Dan walaupun banyak yang menganggap iPhone 4 bukanlah upgrade besar untuk Apple 3GS, namun mampukah Apple memicu kembali trik yang sama ketika mengenalkannya, dan membuat banyak penggemar Apple kembali menjadi “duta pemasaran,” dan dengan bangganya berseru… Hey dude, I just got an iPhone! Karena Apple memang telah sukses menempelkan image premium pada setiap iPhone mereka.

Benar, yang patut menjadi pertanyaan di sini adalah apakah Apple mampu menarik kembali trik yang sama, karena keadaa saat ini berbeda dengan tahun lalu. Ada banyak Android super yang siap mengalihkan perhatian (dan juga dua anggota keluarga Samsung Galaxy, Galaxy S II serta Galaxy Tab yang sempat membuat Apple kuatir). Kemudian yang lebih menarik perhatian saya, seperti kita ketahui jika Apple tidak lagi dinahkodai Steve Jobs, demikian Tim Cook yang menggantikan bakal maju ke depan dalam menyampaikan “keynote” selama konfirmasi iPhone 5. Namun apakah aura Tim Cook bisa kharismatik seperti Steve Jobs? Itu yang kita belum ketahui… Namun apa pun yang bakal kita dapatkan hari ini hingga duo smartphone baru Apple, iPhone 5 dan iPhone 4S dirilis, kita bisa mengulang kembali dulu rangkaian berita seputar smartphone tersebut. Plus juga sebuah gambar timeline dengan poin penting mengenai iPhone 5, yang juga tersebar luas di internat seharian kemarin, menjadi pelengkap berita kami kali ini.

Bakal munculnya penerus iPhone makin kuat ketika muncul berita jika Qualcomm terpilih menjadi penyuplai chip connectivity untuk penerus iPhone dan iPad. Namun saat itu yang terwujud (pada awal tahun 2011) adalah kontrak Apple melalui iPhone 4 CDMA dengan operator Verizon, mematahkan rekor kontrak ekslusif yang sudah terjalin setahunan antara antara Apple dengan operator AT&T.

Kemudian arus informasi terus berdatangan seputar penerus iPhone bakal dikonfirmasikan besok, dalam waktu dekat, atau beberapa bulan lagi – bisa kamu cek pada gambar timeline (dari AllAreaCodes.com), klik kembali gambarnya untuk mendapatkan ukuran yang besar dan kamu bisa membacanya dengan nyaman. Satu yang masih menjadi misteri adalah berita mengenai iPhone nano, yang logikanya menjadi versi murah iPhone 4, dan seharusnya berukuran lebih mini. Karena itulah mungkin kamu juga pernah menemukan gambar yang menunjukkan iPhone versi mini.

Dan melihat dari timeline tersebut, bisa kamu bayangkan bagaimana Apple berusaha menutupi arus informasi keluar dengan mudahnya. Rumor dan rumor deras mengalir sejak awal tahun, namun bukti penampakannya belum juga kita dapatkan hingga setengah tahunan kemudian.

Apple iPhone 5

Layar lebar, bentuk slim layaknya tetesan air (agak gemuk di bagian atas)

iPhone 5 menjadi generasi kelima smartphone Apple. Beda dengan iPhone 4S yang juga sering disebut-sebut selama rumor, lebih diposisikan untuk mengisi kekosongan jika dilihat dari rentang harga – apalagi jika benar mereka membuat iPhone nano. Seperti cara Samsung dalam mengisi pasar dengan beberapa kelas berbeda, ada Galasy S II untuk kelas atas, Galasy SL atau Galaxy W untuk menengah dan yang di kelas bawah yang terjangkau harganya, bertebaran mulai Mini, Gio hingga Fit.

Dan melihat pengalaman beberapa bulan ini, terutama perseteruan Apple dengan Samsung yang saling klaim siapa pemilik smartphone tertipis di dunia, bisa disimpulkan jika upgrade Apple untuk iPhone mereka kali ini lebih terfokus pada desainnya daripada spesifikasi internal. Banyak yang percaya jika Apple mencoba merebut kembali title “smartphone tertipis” melalui iPhone 5. Walaupun di UK, ada klaim resmi dari badan pengawasan iklan yang membatalkan klaim pada iklan Samsung Galaxy S II, dimana di sana disebutkan menjadi yang tertipis di dunia. Padahal Galaxy S II memiliki satu bagian yang menonjol pada casing belakangnya (tepatnya yang menjadi rumah speaker-nya di bagian bawah), dan itu menjadi pertimbangan untuk membatalkan klaim pada iklan Galaxy S II di UK.

Smartphone-nya belum keluar, casing dan silicon case-nya sudah banyak beredar di China… (Engadget.com)

Masuk akal juga sih, apalagi jika kamu melihat iklan Galaxy S II di Indonesia, bagian menonjol pada casing belakangnya tidak diperlihatkan bukan? Justru tertutupi oleh tangan yang memegang Galaxy S II, dan memperlihatkan hanya sisi casing yang terlihat memang “super slim.” Dan walaupun Apple mendapatkan kehormatannya kembali dan klaim yang tertipis untuk iPhone 4, untuk iphone 5 mereka pasti tidak akan kecolongan, dan bakal membuatnya setipis mungkin. Dan Foxconn (yup, perusahaan Taiwan yang juga memberi kita Nexian Journey, CSL Mi-410, Axioo Vigoo dll) sepertinya kesulitan memasukkan semua komponen iPhone 5 dalam sebuah tubuh yang kompak, sehingga sebelumnya sempat beredar kabar juga target rilisnya yang mundur dari rencana. Selain itu, juga ada rumor jika casing belakang iPhone 5 menggunakan bahan logam campuran, bukanya berbahan mirip kaca seperti iPhone 4, dan juga memiliki bentuk tetesan air (sedikit lebih tebal di bagian kamera), menambah kemungkinan lebih tipis dan ringan dibandingkan iPhone 4. Jika Apple mampu membuat iPod touch setebal hanya 7.2mm, seharusnya mereka juga bisa melakukannya pada iPhone 5 tersebut.

Tetap mengesankan gadget yang mewah…

Ukuran layarnya juga dipercaya bertambah besar, menjadi 3.7″ hingga 4″ inchi, dan tetap menggunakan Retina Display, membuatnya terlihat melebar dan tinggi, meskipun ketebalan bezel-nya berkurang. Bidang depan yang lebih lebar tersebut juga memberi petunjuk lain, seperti adanya tombol home berbentuk bulat panjang, yang sekaligus juga berfungsi sebagai area khusus untuk fungsi sentuhan / gesture area. Prosesornya dipastikan menggunakan chip dual core Apple A5 buatan Samsung, yang sudah terbukti kinerjanya melalui iPad 2. Dengan chip tersebut, kamu mampu menghasilkan kualitas video recording 1080p Full HD dengan 30fps, melalui sensor kamera 8 megapixel buatan Sony atau OmniVision. Selain itu, karena kontrak baik dengan Verizon, sepertinya kamu bakal langsung mendapatkan iPhone 5 ini juga muncul dengan kombinasi modul GSM/CDMA. Masalah “antenagate” yang menghantui pengguna iPhone 4 diklaim tidak akan terulang kembali, karena penempatan posisi antena sudah diperbaiki kali ini.

Jika dari sisi spesifikasi tidak ada yang spesial, justru softwarenya yang patut diperhatikan. Karena seperti yang bisa kamu lihat pada bagan timeline, Apple juga tengah merampungkan iOS 5, sehingga untuk iPhone 5 nanti kamu mendapatkan fitur seperti integrasi voice recognition yang disebut Assistant, selain juga upgrade RAM menjadi dua kali lipat, dan dengan 1GB RAM, dipastikan iPhone 5 bisa dioperasikan dengan mulus, apalagi untuk integrasi navigasi suara. Sejauh ini baru sebatas itu saja yang bisa digali dari iPhone 5. Kita tinggal menunggu apa kejutan yang diberikan Apple nantinya. Semoga saja tanpa aura Steve Jobs dan persaingan dengan banyak Android super, iPhone 5 tetap mampu terjual jutaan seperti prestasi iPhone 4 pada tahun lalu.

Apple iPhone 4S

Yang diyakini juga bakal muncul bersamaan dengan iPhone 5 adalah iPhone 4S. Sebelumnya Apple sudah yakin dengan 3GS, wajar jika mereka ingin mengulanginya lagi di sini. Dari informasi yang beredar, 4S sekadar iPhone 4 dengan upgrade internal. Di dalam kamu mendapatkan dual-core A5 prosesor, bentuk fisik yang sama, namun juga ada kamera 8 megapixel. Meninggalkan perbedaan utama dengan iPhone 5 hanya pada sisi desain saja, material sasis, ukuran layar dan jatah RAM.

Rumor lainnya menyebutkan jika iPhone 4S yang diplot dengan harga terjangkau ini (dibandingkan minimal $600 untuk iPhone 5) datang dengan 8GB internal storage, serta juga mengandalkan media “penyimpanan di awan” milik Apple, iCloud. Namun baru-baru ini ada informasi lain menyebutkan jika bakal ada versi 16GB juga. Walaupun belum ada kepastian harga, namun Apple memang membuatnya sebagai iPhone yang terjangkau, dengan perubahan pada bahan material sasis yang kini terbuat dari plastik, bukan bahan mirip kaca.

Jika benar harganya terjangkau, apalagi masih ada iPhone nano yang katanya, juga lebih murah lagi, Apple sepertinya mulai berpikir untuk menjadikan iPhone produk mass market, seperti bagaimana strategi produsen smartphone lainnya menggelontor pasar dengan pilihan dari berbagai rentang harga. Bisa jadi iPhone malah kehilangan kesan ekslusif dan premium, namun dengan presentasi yang bagus, bisa juga malah membuat pasar makin segan dengan langkah “iPhone for all” ini! Tidak sabar menantikan konfirmasi resmi mereka yang dijadwalkan berlangsung siang ini. Nantikan updatenya tetap di Duniaku.net.


SHARE
Previous articleVandaria Wars G.T. Ledakkan Surabaya
Next articlePara Cerpenis Fantasi Terbaik Indonesia
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.