Suikoden Terbaru untuk PSP

Bagi sebagian gamer, nama Suikoden mungkin terdengar lebih ‘prestisius’ dibanding Final Fantasy. Meski Suikoden belum pernah dibuat dengan budget sebesar Final Fantasy modern, namun mereka punya fans tersendiri yang sangat loyal. Suikoden memang salah satu J-RPG dengan konsep paling kuat, juga didukung dengan storyline yang sangat baik.

Tim Suikoden memang sudah dibubarkan, namun baru-baru ini Konami membuat kejutan besar dengan mengumumkan Genso Suikoden : Tsumugareshi Hyakunen no Toki. Game ini dikembangkan untuk PSP (hmm, nanggung banget ya? kenapa nggak Vita sekalian?).

Belum ada banyak detail dari Konami, namun bisa dipastikan Suikoden terbaru ini akan berbeda ‘universe’ dari Suikoden I-V + Suikogaiden. Yap, mirip-mirip Suikoden Tierkreis lah. Saya pribadi sangat menyayangkan hal tersebut, karena menurut saya salah satu kekuatan utama seri Suikoden terletak di ‘satu universe’ dan ‘satu timeline’-nya. Jika umumnya RPG barat yang menggunakan konsep ini (Dragon Age, The Elder’s Scroll, Dungeon and Dragons, etc), namun Tim Suikoden berani membuat ‘shared universe’ untuk seri Suikoden-nya. Hmm, kita lihat saja semenarik apa Suikoden ini nanti.

Hmm, melihat screenshotnya, saya jadi sangat berharap Konami akan merilis ulang Suikoden I-V di konsol generasi sekarang (Xbox360 / PS3). Suikoden HD Collection mungkin?


SHARE
Previous articleBajak Laut Caribou Turut Bergabung dan Bertarung di “New World”
Next articleSeri KulTwit ‘One-Universe Vandaria’
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.