Aakash: Tablet Android Single Core Seharga Ratusan Ribu!

Tablet mengarah ke keadaan bakal menjadi consumer goods, yang diyakini ada di setiap rumah tangga. Karena itu perlu satu langkah menyuguhkan pilihan yang murah. Dan inilah Aakash, tablet Android termurah di dunia, dibanderol hanya seharga $46, alias tak lebih dari 500,000 rupiah!

Sebelumnya dilabeli sebagai dengan julukan proyek “$35 tablet,” dan kini terealisasi. Diproduksi oleh Datawind, Aakash ini rencananya dijual seharga $46 dollar, mampu menjalankan Android 2.2 Froyo dan layarnya berjenis resistif berukuran 7 inchi – artinya, kamu bisa menggunakan benda selain jari (atau hidung… ^^) untuk interaksi dengan layarnya.

Edisi pertama tablet Aakash ini diproduksi ekslusif untuk pemerintahan India (yang berencana mendistribusikannya ke murid sekolah di negara tersebut… dan semoga tidak hanya digunakan untuk bermain Angry Birds), dan datang dengan CPU berkecepatan hanya 366 MHz, namun diperkuat GPU yang berdiri sendiri.

Jatah RAM yang disediakan mencapai 256 MB dan juga ada slot kartu microSD dan dua port USB port. Batereinya sebesar 2100 mAh – ukura yang sama seperti yang digunakan Huawei untuk Ideos S7, dan diperkirakan mampu memberi nafas hidup bagi Aakash non-stop selama 2 hingga 3 jam pengoperasian kontinyu.

Sedangkan untuk versi retail yang dilempar ke pasaran, bakal muncul mulai November mendatang, dengan prosesor yang lebih kencang, yaitu 600 MHz CPU, dan harganya naik menjadi $61. Tetap lebih murah dibandingkan tablet termurah yang sudah eksis di Indonesia.

Kedua versi Aakash tidak mendapat akses ke Android Market, namun mendapatkan ganti “pasar” aplikasi lain dari produsen tablet ini – walaupun saya pribadi juga lebih suka men-download file .apk-nya saja dan meng-installnya melalui file explorer. Dibandingkan dengan Amazon Kindle Fire memang lebih murah. Namun si Kindle itu prosesornya jauh lebih kencang, dan layarnya ber-bahan IPS (suatu kemewahan tersendiri).


SHARE
Previous articleBot Legal Jade Dynasty
Next articleRA.ONE, Shahrukh Khan Mencoba Saingi Superhero Hollywood!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.