BBM for All… Layanan Terbaik BlackBerry Dikabarkan Hadir untuk Android

Sebelumnya dipastikan jika BlackBerry Playbook bakal bisa menjalankan Android.  Selain itu, askhir September lalu juga beredar gosip jika iPhone 4S bakal dirilis akhir Oktober, dengan layanan khusus BlackBerry Messenger. Namun rupanya misteri tersebut tetap seputar interkoneksi antara BlackBerry dan Android. Saat ini tengah dikembangkan aplikasi khusus BBM for Android, dan rencananya bisa diperasikan 2012 nanti.

Walaupun belum ada pernyataan resmi, namun beberapa foto menunjukkan satu Droid menjalankan aplikasi berlogo BBM. Memang sebelumnya iOS 5 yang meluncur berbarengan dengan iPhone 4S bakal menjadi “kelinci percobaan” hadirnya layanan BlackBerryMessenger di perangkat selain BlackBerry. Namun berita baru ini sekaligus menambah asa jika benar RIM ingin membuat layanan unggulan mereka bisa saling bekerja cross-device dan cross-platform. Dan pasca pengumuman resmi Apple atas iPhone 4S, minus satu pun BBM di sana, bisa jadi aplikasi ini lebih direstui masuk Android yang lebih open source.

Dari petunjuk gambar yang sudah beredar, mereka yang terbiasa dengan BBM, pasti langsung familiar dengan tampilannya, menunjukkan bagaimana tampilan BBM for Android dalam aplikasi dan home screen. Sepertinya integrasi aplikasi tersebut dengan Android bekerja dengan sempurna, termasuk juga push notification.Memang agak aneh jika kita melihatnya dari sisi lain, alasan apa yang melatar belakangi RIM mau mendistribusikan fitur paling unik dari BlackBerry tersebut. Bisa jadi karena menurunnya pengaruh RIM di tengah pasar smartphone yang terus bertumbuh beberapa tahun belakangan, apalagi pengaruh Apple dengan iPhone serta begitu gencarnya Android baru bermunculan, RIM perlu menjaga basis pelanggan layanan mereka agar tidak berpindah ke platform lain. Dengan adanya BBM cross platform, RIM tetap mendapatkan royalty dari biaya bulanan untuk layanan BBM mereka.

Apalagi jika kita melihat faktor lainnya, terutama dari sisi pengguna bisnis. Memang BlackBerry dan layanan yang disuguhkan terkenal memberi privacy terbaik. Namun pasar smartphone saai ini terbukti berkembang ke arah yang lebih luas, tidak hanya sekadar pengguna bisnis dan mereka yang hobi ngoprek saja. Dan kenyataannya memang makin banyak pengguna BlackBerry yang akhirnya migrasi ke platform lain, atau yang punya pandangan punya BlackBerry termurah saja (karena sekadar untuk BBM).

Pendek kata, jika kamu bisa berkomunikasi bebas dengan teman-temanmu yang menggunakan platform yang berbeda (melalui BBM), tentu kamu akan lebih setia bukan, dengan layanan (BBM) yang menjembatani komunikasi tersebut? Ada rumor lain, jika untuk bisa memasukkan layanan tersebut ke Android atau iOS, Google dan Apple perlu membayar cukup banyak uang kepada RIM. Kebenaran berita ini masih simpang siur, namun pengalaman saya, di dunia IT ini pun semuanya pasti bermula dari rumor. Semoga saja terwujud nantinya, dan saya makin yakin untuk mempesiunkan BlackBerry tua yang sudah saya pakai bertahun-tahun ini… hehe!


SHARE
Previous articleRA.ONE, Shahrukh Khan Mencoba Saingi Superhero Hollywood!
Next articleDungeons and Dragons dengan Aroma FF Tactics!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.