Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

 

Developer : Turn 10 Studios
Publisher : Microsoft Studios
Release : 11 Oktober 2011
Platform : X360
Genre : Racing

Apa game racing simulator yang fenomenal? Jika pertanyaan tersebut ditujukan sekitar 10 tahun yang lalu, mungkin sebagian besar orang akan menjawab dengan satu nama: Gran Turismo (GT). Namun, lambat laun rupanya banyak developer yang sadar, bahwa GT tidak boleh “melaju” sendirian di jalur racing simulator, sehingga harus berlomba-lomba menciptakan game dengan genre serupa untuk menjadi kompetitor. Dan satu nama yang cukup berhasil menurut saya adalah serial Forza Motorsport, yang tahun ini akan muncul dengan seri keempatnya. Jika sejak dulu GT adalah game eksklusif Playstation, maka Forza sebaliknya. Serial ini sudah menjadi trademark konsol milik Microsoft, seperti halnya Halo dan juga Gears of War. Lantas, apa saja improvisasi dalam seri keempatnya ini?

Tentu magnet utama dalam seri keempatnya kali ini adalah adanya dukungan Kinect untuk mode Autovista dan Head Trackingnya. Namun bukan berarti mode atau fitur lainnya tidak dipoles lagi oleh Turn 10 selaku pengembang. Dari segi jumlah mobil misalnya, seri kali ini akan memiliki sekitar 500 mobil dari 80 pabrikan yang bisa kamu mainkan. Salah satu daya tarik lainnya yang dimiki oleh game ini adalah Career Mode-nya yang mereka sebut dengan World Tour, dimana kali ini Turn 10 sedikit memberikan perubahan. Jika sebelumnya, setelah balapan kamu akan mendapatkan satu mobil otomatis yang tidak bisa kamu pilih mobilnya, namun kali ini kamu bisa memilih satu dari tiga mobil sebagai hadiah. Selain itu, mode World Tour kali ini juga dibuat lebih terstruktur dengan rapi. Sekarang, kamu bisa balapan dengan menggunakan mobil apa saja di trek mana saja, karena pihak pengembang mengatakan bahwa setiap trek akan memiliki event untuk setiap mobil yang kamu miliki. Jadi tidak ada alasan kamu menjual mobil karena tidak berguna bukan?

Meskipun kamu bisa menggunakan mobil apa saja, namun tentu kamu tidak akan bertanding dengan mobil yang berada di kelas yang ada dibawah atau diatas mobil yang kamu gunakan. Selain memiliki mode balapan standar, game ini juga menyediakan mode lain, seperti Drift dan Autocross. Beberapa fitur juga masih dipertahankan dari Forza 3, seperti fitur Auto Brake saat kamu menggunakan Kinect. Dengan beberapa inovasi baru ini, patut untuk ditunggu, apakah kali ini kiprah Forza di X360 sudah siap untuk menjadi sefenomenal GT di PS3?

Ada Cameo dari Halo 4!

Sebelum memainkan Halo 4, ada baiknya kamu memainkan Forza 4 ini. Lho, kok bisa? Karena di salah satu garasi Forza 4, kamu akan menemukan Warthog, kendaraan penjelajah yang digunakan dalam Halo 4! Eits, tunggu dulu, tentu kamu tidak akan balapan dengan Warthog ini. Sebagai gantinya, kamu akan menemukan mobil ini di mode Autovista, dengan bantuan narasi dari salah satu protagonis Halo 4, Cortana. Hmm, unik juga ya strategi promosi yang dilakukan Microsoft ini..

Next Page: Menengok fitur Autovista dan Head Tracking!

1
2

SHARE
Previous articleKisah Berlanjut Lagi Setelah Cybertron Musnah
Next articleBatman Arkham City: All You Have to Know!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.