Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

Yap, beberapa hari lagi atau tepatnya tanggal 11 Oktober 2011, Microsoft akan meluncurkan serangan balasan kepada Sony dan Gran Turismo-nya. Forza Motorsport 4, banyak yang sangat berharap (utamanya para pemilik X360) seri kali ini bisa membuat nama Forza sejajar dengan GT. Mampukah?

Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

 

Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

Developer : Turn 10 Studios

Publisher : Microsoft Studios

Release : 11 Oktober 2011

Platform : X360

Genre : Racing

Apa game racing simulator yang fenomenal? Jika pertanyaan tersebut ditujukan sekitar 10 tahun yang lalu, mungkin sebagian besar orang akan menjawab dengan satu nama: Gran Turismo (GT). Namun, lambat laun rupanya banyak developer yang sadar, bahwa GT tidak boleh “melaju” sendirian di jalur racing simulator, sehingga harus berlomba-lomba menciptakan game dengan genre serupa untuk menjadi kompetitor. Dan satu nama yang cukup berhasil menurut saya adalah serial Forza Motorsport, yang tahun ini akan muncul dengan seri keempatnya. Jika sejak dulu GT adalah game eksklusif Playstation, maka Forza sebaliknya. Serial ini sudah menjadi trademark konsol milik Microsoft, seperti halnya Halo dan juga Gears of War. Lantas, apa saja improvisasi dalam seri keempatnya ini?

Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

Tentu magnet utama dalam seri keempatnya kali ini adalah adanya dukungan Kinect untuk mode Autovista dan Head Trackingnya. Namun bukan berarti mode atau fitur lainnya tidak dipoles lagi oleh Turn 10 selaku pengembang. Dari segi jumlah mobil misalnya, seri kali ini akan memiliki sekitar 500 mobil dari 80 pabrikan yang bisa kamu mainkan. Salah satu daya tarik lainnya yang dimiki oleh game ini adalah Career Mode-nya yang mereka sebut dengan World Tour, dimana kali ini Turn 10 sedikit memberikan perubahan. Jika sebelumnya, setelah balapan kamu akan mendapatkan satu mobil otomatis yang tidak bisa kamu pilih mobilnya, namun kali ini kamu bisa memilih satu dari tiga mobil sebagai hadiah. Selain itu, mode World Tour kali ini juga dibuat lebih terstruktur dengan rapi. Sekarang, kamu bisa balapan dengan menggunakan mobil apa saja di trek mana saja, karena pihak pengembang mengatakan bahwa setiap trek akan memiliki event untuk setiap mobil yang kamu miliki. Jadi tidak ada alasan kamu menjual mobil karena tidak berguna bukan?

Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

Meskipun kamu bisa menggunakan mobil apa saja, namun tentu kamu tidak akan bertanding dengan mobil yang berada di kelas yang ada dibawah atau diatas mobil yang kamu gunakan. Selain memiliki mode balapan standar, game ini juga menyediakan mode lain, seperti Drift dan Autocross. Beberapa fitur juga masih dipertahankan dari Forza 3, seperti fitur Auto Brake saat kamu menggunakan Kinect. Dengan beberapa inovasi baru ini, patut untuk ditunggu, apakah kali ini kiprah Forza di X360 sudah siap untuk menjadi sefenomenal GT di PS3?

Ada Cameo dari Halo 4!

Sebelum memainkan Halo 4, ada baiknya kamu memainkan Forza 4 ini. Lho, kok bisa? Karena di salah satu garasi Forza 4, kamu akan menemukan Warthog, kendaraan penjelajah yang digunakan dalam Halo 4! Eits, tunggu dulu, tentu kamu tidak akan balapan dengan Warthog ini. Sebagai gantinya, kamu akan menemukan mobil ini di mode Autovista, dengan bantuan narasi dari salah satu protagonis Halo 4, Cortana. Hmm, unik juga ya strategi promosi yang dilakukan Microsoft ini..

Forza 4 Preview: Mengikuti Jejak Fenomenal Gran Turismo?

Next Page: Menengok fitur Autovista dan Head Tracking!

Manfaatkan Kinect-mu!

Satu hal yang menjadi nilai tambah game ini dari game racing simulator lain adalah Kinect! Ya, game ini akan mendukung penuh penggunaan Kinect dalam gameplay-nya, baik saat balapan, maupun di mode-mode lain yang tidak kalah menariknya. Penasaran, apa saja yang bisa kamu lakukan dengan Kinect-mu di game ini?

First Person Driving

Game ini menyediakan sebuah fitur menarik menggunakan Kinect yang mereka sebut dengan Head Tracking. Cara kerja fitur ini adalah mendeteksi gerakan kepala kamu saat bermain, sehingga seolah-olah kamu berada didalam kokpit mobil balap. Jadi, saat kamu memainkan game ini dengan menggunakan perspektif dari dalam kokpit, kamu bisa menoleh kekanan atau kekiri untuk mendapatkan pandangan trek yang lebih luas, dan juga bisa mengambil tikungan dengan baik. Bukan hanya itu saja, game ini juga mendukung fitur audio milik Kinect, sehingga kamu bisa memberikan perintah-perintah dengan menggunakan suara untuk memulai balapan atau untuk memilih menu.

Serasa Didalam Showroom

Fitur lain yang akan memanjakan mata dan juga Kinect kamu adalah Autovista. Fitur Autovista tak ubahnya adalah sebuah fitur “showroom” dimana kamu bisa melihat detail dari mobil-mobil yang kamu gunakan dalam balapan. Pihak developer menjanjikan bahwa grafis dalam fitur ini lebih realistis, karena menggunakan pencahayaan yang lebih baik. Dalam Autovista, kamu bisa “mengelus-elus” body mobil, membuka pintunya, atau juga memegang setirnya secara virtual dengan hanya menggerakkan tangan kamu didepan Kinect. Menarik bukan?

http://www.youtube.com/watch?v=LzwhDiGJuTs

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU