Pro Evolution Soccer 2012 Review : The "Real" PES

Persaingan antara PES dan Fifa semakin tahun semakin heboh. Tahun ini persaingan kembali berlanjut, mari simak di dalam bagaimana keadaan PES tahun ini !

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The "Real" PES

Pro Evolution Soccer atau yang lebih dikenal dengan Winning Eleven telah merajai dunia game sepak bola untuk waktu yang sangat lama. Tepatnya sejak jaman PS1 mulai populer, seri Winning Eleven pun ikut populer di dunia. Hingga diikuti sampai generasi ke 3 dari PlayStation, seri Winning Eleven mendapat banyak fans dimanapun. Tentunya sebuah game yang memiliki banyak fans pastinya juga memilki rival, disini sebut saja game simulasi sepak bola buatan barat, FIFA. PES dan FIFA kiat bersaing belakangan ini, nah pada tahun ini tentunya persaingan ini ikut berlanjut. Bagaimana dengan PES? Mari kita simak berikut ini.

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The Real PES

Gameplay nya sendiri tentu tidak akan berbeda jauh dari game PES sebelumnya, tapi apa yang berbeda dari PES tahun ini ialah mereka berusaha untuk mengembalikan feel yang player dapat ketika memainkannya di ps2 dulu. Banyak unsur yang jika kamu rasakan sangat familiar dengan yang kamu rasakan dulu.Dapat saya katakan sejauh ini, PES2012 memiliki kontrol yang paling bagus dan nyaman baik dengan PES sebelumnya maupun dengan game soccer lain. Gameplay cepat dan tangkas adalah ciri khas PES yang selalu diingankan oleh player kebanyakan dan memang PES2012 memegang semua ciri khas itu.

PES2012 memilki beberapa fitur dan elemen baru, pertama adalah ‘Active Al’, developer PES telah membuat lompatan tinggi dalam Al engine untuk memastikan permainan team yang lebih realistis. Dan semuanya diterapkan dengan cukup baik, sekarang Al dalam tim dapat bergerak lebih bebas dan bisa mencari posisi yang tepat untuk menerima pass. Active Al akan memastikan feeling dalam game dapat berjalan natural, setiap rutinitas attack maupun defense terlaksana dengan baik. Animation telah dikembangkan jauh lebih baik dari sebelumnya, tiap gerakan pemain sekarang dapat terlihat jauh lebih baik dari sebelumnya. Terutama ketika sedang bersaing dengan pemain lain, animation yang dihasilkan sangat menakjubkan baik pemain itu jatuh ataupun dapat bertahan dengan kaki nya.

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The Real PES

Beberapa aspek Graphic juga dibenahi, ekspresi yang dihasilkan pemain sangat unik dan lightning effects telah dikembangkan lebih cantik. Tak terlupakan juga beberapa subjek di luar lapangan seperti tv camera, fotografer, maupun penonton dianimasikan menjadi lebih realistis. Sistem baru yang juga dimasukan disini adalah ‘off the ball control’. Player dapat mengendalikan pemain yang sedang tidak mendribble bola dengan menggunakan analog kanan. Sistem ini dapat diterapkan baik offense maupun defense agar player juga tidak menyalahkan Al jika tercipta goal lawan. Sistem ini sangat membantu ketika free kick maupun corner kick karena kalian dapat mengendalikan posisi pemain yang akan menerima bola dan dimana bola itu akan diumpan, sangat praktis.

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The Real PES

Formation setting kini dibuat lebih simple dengan sistem one touch, cukup sentuh satu kali pemainmu, maka akan ditunjukan posisi mana yang ideal untuknya dan setiap kamu menggesernya maka score nya juga ikut berubah. Sekarang kamu cukup mengatur formasi team mu kurang dari 5 menit. Sepanjang berjalannya permainan, Jon Champion dan Jim Beglin akan menemanimu sebagai komentator. Jangan lupa, kamu tidak hanya dapat bermain di exhibition biasa saja, kamu juga bisa bermain exhibition di UEFA Champions League ataupun Copa Santander Libertadores. Kamu juga bisa mengikuti competition di keduanya, kemudian master league, cup, dan community. Ada banyak pilihan yang tidak akan membuatmu bosan untuk setahun kedepan.

Multiplayer juga telah mengalami banyak peningkatan, pencarian room cepat dan bahkan jika kamu memainkanya dengan sinyal paling rendah, lag tidak akan mempengaruhi besar permainanmu. Oh ya, pertama kali kamu memasuki PES2012, kamu akan disuruh membuat Personal Data yang nantinya akan menjadi icon mu ketika bermain online. Dalam mode online kamu bisa melangsungkan rank match (1v1 atau 2v2), Master League, Becoma a Legend, dan Competition ataupun friendly match dengan temanmu. Match Lobby dibuat dengan baik agar sinyal tetap terjaga. Sekarang kamu juga bisa membuat community sendiri yang terdiri dari teman-teman mu.

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The Real PES

Sayang sekali dari banyak keunggulan di atas, PES2012 masih memilki beberapa problem. Seperti Al lawan yang kurang konsisten, seringnya masih dapat diimbangi maupun dikalahkan. Dan juga satu satunya kelemahan PES dari Fifa yaitu lisensi team yang kurang lengkap. Transfer pemain juga kurang ter update ketika game nya dirilis. Namun tenang saja, Konami berjanji mereka akan menegeluarkan sebuah free downloadable content yang bisa semua player dapatkan di psn maupun xbox live. DLC ini dijanjikan akan rilis pada 11 Oktober yang berisikan beberapa lisensi tim, termasuk uniform yang dikenakan dan transfer pemain yang up to date.

Sejauh ini PES2012 adalah PES terbaik yang pernah ada dan bagi kalian yang telah terbiasa dengan tipe permainan PES atau WE dari dulu, inilah game yang sempurna untukmu. PES yang sekarang sudah mampu untuk bersaing dengan Fifa. Jangan tunggu tahun depan lagi, segera beli game nya dan saya tunggu di PSN.

9 / 10

Pro Evolution Soccer 2012 Review : The Real PES

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU