Samsung vs Apple Berlanjut… Galaxy Tab 10.1 Diasingkan Dari Australia

Setelah di Eropa, drama saling serang di ranah hukum antara Samsung dan Apple berlanjut di Australia. Dan kembali Apple tersenyum, karena mereka memenangkan tuntutan, sehingga pengadilan “menghadiahkan” keputusan bagi Samsung agar menghentikan penjualan Galaxy Tab 10.1 di Australia.

Sebelumnya, Samsung sempat mendekati Apple untuk menyelesaikan perdebatan mereka di luar hukum, namun Apple menolaknya. Dan kemarin, Samsung sempat “menggoda” event peluncuran iPhone 4S dengan memberikan secara cuma-cuma Galaxy S II untuk 10 orang pembeli setiap hari, sampai Jum’at, di sepanjang jalan dimana Apple Store berada di Sydney.

Namun sekarang dengan turunnya keputusan pengadilan, Apple kembali bisa tertawa lebar karena pengadilan mewujudkan tuntutannya, agar Samsung menghentikan penjualan Galaxy Tab 10.1 di negara tersebut. Dan ini melengkapi kemenangan Apple sebelumnya di kebanyakan negara Eropa serta Jerman.

Perbandingan Tab 10.1 desain lama dan desain baru.

Sebenarnya apa yang dipermasalahkan Apple atas Galaxy Tab 10.1 adalah karena desainnya, yang mereka anggap terlalu mirip dengan iPad – saya sendiri heran, anak kecil saja pasti bisa membedakannya. Bermula ketika Apple mengkonfirmasikan iPad 2, Samsung yang sebelumnya sudah siap merilis Galaxy Tab 10.1, entah kenapa menunda jadwal dan sedikit memperbaiki desainnya menjadi lebih tipis. Hasilnya, Galaxy Tab 10.1 yang kamu kenal saat ini, sekilas tampil mirip iPad 2, dengan ketebalan berkurang sekitar 2 mm dari desain sebelumnya, plus lebih ringan juga – dibanding desain awalnya. Sedangkan dibandingkan desain Galaxy Tab 10.1 sebelumnya, iPad 2 sudah siap menjadi tablet yang tertipis. Poin itulah yang dijadikan pegangan bagi Apple untuk menjatuhkan tuntutan untuk pencurian desain. Memang penampilan fisiknya terlihat mirip. Namun kebanyakan tablet 10 inchi terlihat sama, dengan iPad 2 dan Galaxy Tab 10.1 bisa dikatakan serupa.

Coba bandongkan, mirip tidak Galaxy Tab 10.1 dengan iPad 2?

Sebanyak apa pun kemiripannya antara satu tablet dengan lainnya, sebenarnya Apple tidak perlu kuatir sih, karena sampai saat ini masih tetap iPad yang mendapat stempel tablet terlaris. Justru kekuatiran mereka menuduh Galaxy Tab 10.1 meniru desain iPad 2, mengundang penasaran khalayak. Dan ketahuan, ternyata Galaxy Tab 10.1 memiliki resolusi yang lebih tinggi 1280 x 800 vs 1024 x 768 pixel, ukuran layar yang lebih besar 10.1 vs 9.7 inch, hingga kemampuan kamera Tab 10.1 pun lebih mumpuni (kombinasi 8 megapixel belakang, dan 2 megapixel di depan. Apple hanya 0.7 megapixel belakang, dan depan pun hanya berkualitas VGA). Tidak berhenti di sana, Tab 10.1 mendukung Adobe Flash dengan iPad 2, sampai ada jalinan mesra antara Adobe dan Apple, tidak ada Flash di sana. iPad 2 hanya merekam video berkualitas 720p HD, sedangkan Tab 10.1 mampu hingga true HD dalam 1080 pixel. Plus yang juga banyak dipertimbangkan, Tab 10.1 tebalnya hanya 8.6 mm dengan berat 600 gram, bandingkan dengan iPad 2 dengan 8.8 mm dan 607 gram.


SHARE
Previous articleAyo Berpetualang Bersama Para Digimon
Next articlePilih Tamer dan Digimon Favoritmu
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.