Dark Souls, Bukan Untuk Sembarang Gamer

Tidak banyak game yang dibuat dengan konsep design dari Dark Souls, lagipula siapa yang cukup gila dan berani membuat game yang dirancang untuk “menyiksa” pemainnya. Bahkan sebagian besar game-game yang dirilis di abad 21 ini justru dibuat lebih mudah, agar tiap orang bisa memainkannya. Karena tentunya developer tidak ingin membuat gamer yang memainkan game buatan mereka frustasi dan berhenti memainkan game tersebut bukan? Logikanya sih begitu, tapi From Software mampu membuat game yang menyiksa gamer dengan tingkat kesulitannya yang  super tinggi, tapi sekaligus membuat pemain menjadi semakin penasaran untuk memainkannya.

Game yang saya maksud disini adalah Demon’s Souls, sebuah action RPG yang dirilis tahun 2009 lalu. Sukses dengan konsepnya yang unik, From Software kembali mencoba merilis game dengan konsep yang sama, tapi kali ini judul gamenya diganti menjadi Dark Souls. Oh iya, Dark Souls bukanlah sequel dari Demon’s Soul, bahkan dunia, seting dan karakter utama maupun NPC dari kedua game ini berbeda. Memang sih kontrol dan beberapa fitur gameplaynya mirip, tapi selain itu kedua seri ini tidak memiliki hubungan.

Jika kamu mengira Demon’s Soul adalah game yang susah, maka bersiap-siaplah untuk merasa jauh lebih frustasi, karena Dark Souls akan memiliki tingkat kesulitan yang jauh lebih tinggi daripada Demon’s Souls. Bahkan jargon yang diusung game ini adalah “prepare to die” jadi bisa dipastikan kamu akan sering menatap layar game over. Untungnya sama seperti Demon’s Souls, walaupun susah tapi tingkat kesulitan Dark Souls dirancang untuk bisa diatasi oleh semua orang.

httpv://www.youtube.com/watch?v=eqaysjKcw-g

Maksudnya untuk bisa menyelesaikan Dark Souls kamu tidak perlu harus memiliki kelincahan tangan dan kemampuan mengendalikan karakter yang sempurna. Asalkan kamu mampu mengamati situasi dengan tenang, kamu akan bisa menangani berbagai macam perangkap dan musuh di Dark Souls. Jadi jangan harap bisa asal memukul musuh di game ini, kamu harus merencanakan bagaimana cara menghadapi tiap musuh dengan cerdik, dan mempelajari serangan mereka. Memang Dark Souls adalah game action RPG, tapi di game ini kamu akan lebih banyak berpikir daripada beraksi.


SHARE
Previous articleSword of Stars II; The Lord Of Winter, Tradisi Penjelajahan Luar Angkasa
Next articleCrysis Console Review: Running On Console, Engaged!!
Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.