Hunter Blade, Kloningan Monster Hunter Yang Paling Mirip…

Ternyata pihak Hangame menutup server Monster Hunter Frontier Korea. Sayang sekali memang, padahal saya baru saja mencicipinya. Nah di saat penutupan MHF Korea ini, ternyata dimanfaatkan dengan baik oleh Joychina. Mereka mengkonfirmasikan akan membawa game Hunter Blade ke US, dimana pada tanggal 24 Agustus lalu game-nya sudah memasuki masa close beta.

Kenapa saya katakan dimanfaatkan dengan baik? Tak lain dan tak bukan karena gameplay Hunter Blade sendiri sangat persis dengan serial MH (khususnya MHF). Bahkan logo, tampilan antar muka, grafis 3D-nya, dan juga desain karakter hingga senjata dan armor-nya mirip sekali dengan MHF. Eits, jangan naik darah dulu ya bagi kamu para penggemar berat serial MH. Meskipun secara keseluruhan mirip sekali, tapi game ini memiliki fitur-fitur orisinil loh yang tidak ada di MH.

Untuk gameplay utamanya mirip dengan MHF yang berbasis pada penyelesaian task atau quest, terbagi atas general task, activity task, holiday task, daily task, family task, clan task, master-apprentice task, dan lain sebagainya. Tentu tiap task / quest ini memiliki fitur dan memberikan pengalaman yang berbeda. Seperti General Task yang hanya bisa diambil sekali saja, Daily Task yang bisa diambil tiap hari (maksimum 20 task per hari), atau Family Task jika kamu sudah memiliki familiy.

Fitur lainnya yakni Family, dimana jika karakter sudah mencapai level 25 maka bisa membentuk Family sendiri (atau dengan kata lain Guild). Dengan mengambil Family Task, bisa meningkatkan level Family dan tentu saja bisa merekrut anggota lebih banyak. Selain itu juga ada sistem fatigue tiap harinya seperti Elsword, jadi kamu tidak bisa terus-terusan grinding level tiap hari. Jika fatigue-mu habis, kamu tidak bisa mengambil quest atau masuk dungeon.
Dari sisi senjata, pihak pengembang menyediakan lima jenis senjata yang bisa kamu pilih, antara lain long knife, one-handed sword (beserta perisai), double sword, heavy sword, dan staff. Yang unik adalah senjata staff, karena karakter ini benar-benar seperti penyihir, yang bisa melemahkan pertahanan atau serangan monster, tapi di sisi lain bisa meningkatkan kekuatan anggota party dan menyembuhkan luka. Yah mungkin bisa dibilang mirip dengan senjata Hunter Horn di serial MH. Dan oh iya, tiap karakter naik level bisa meningkatkan skill proficiency menggunakan senjata tertentu, dan tiap senjata memiliki skill masing-masing, jadi sesuaikan dengan senjata favoritmu di game ini.

httpv://www.youtube.com/watch?v=qdtjA-6dD_Q

Kemiripan lainnya dengan serial MH yakni mengumpulkan material untuk membuat senjata dan armor. Tapi bedanya, di sini ada dungeon khusus untuk mengumpulkan material dengan storage box khusus (bisa diakses setelah level 20). Nah karaktermu juga harus mempelajari skill mengumpulkan material, termasuk di dalamnya mengambil tumbuhan, memancing, menambang, atau mencari serangga. Nah material-material yang berhasil dikumpulkan tadi bisa digabung-gabung untuk menciptakan sesuatu. Mengkombinasikan material ini juga butuh skill point tersendiri, jadi pastikan kamu sudah menggunakan skill point ini untuk mendapatkan skill kombinasi.


SHARE
Previous articleFall 2011 Anime Preview Part 1
Next articleMonster High Ghoul Spirit, Jadikan “Monster” mu Stylish!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.