Menyelamatkan Dunia dari Kehancuran dengan Sebuah Pedang Bernama “Shining Blade”

Judul Game : Shining Blade
Dev / Pub : Sega
Tanggal Rilis : Q2 2012/ Spring 2012
Genre : RPG
Platform : PSP

Sega sudah banyak membuat serial Shining untuk konsol maupun handheld, genre untuk gamenya pun tidak selalu sama setiap serinya ada yang action RPG, strategy RPG maupun tradisional RPG. Kini mereka kembali mengumumkan serial Shining terbaru yang rencananya akan dibuat untuk handheld PSP yang akan dirilis tahun depan dengan judul Shining Blade.

Shining Blade akan bersetting dalam dunia fantasi dimana senjata dan sihir masih banyak ditemui dan digunakan yang bernama Dragonia Kingdom. Kerajaan ini memiliki rencana untuk membangkitkan pimpinan dari Dark Dragon dengan mengambil energi spiritual dari wilayah tersebut dengan tujuan untuk membuat dunia menuju kehancuran dimana manusia akan berhadapan dengan serangan dari para Dragon dan bencana dari alam. Untuk mencegah hal tersebut diperlukan seseorang yang mampu untuk menemukan dan mengambil sebuah pedang bernama Shining Blade.

Reiji adalah seorang swordman yang hebat dan berasal dari dunia lain, ia disebut sebagai Soul Blader dan orang yang mampu untuk mengambil Shining Blade. Dia mempunyai teman spesial bernama Yukihime yang mampu berubah menjadi sebuah pedang untuk membangtu Reiji selama pertempuran. Dalam perjalanannya dia akan ditemani oleh Altina, seorang elf wanita yang menggunakan busur sebagai senjatanya dan seorang warrior wanita bernama Roselinde serta pimpinan dari gerakan perlawanan Dragonia dan berwujud seekor serigala bernama Fenrir. Mereka tergabung dalam kelompok yang melakukan pemberontakan terhadap kerjaan tersebut. Dalam perjalanannya mereka juga harus dapat menemukan seorang songstresses, yang mampu menyanyikan “Mana Song” untuk mengembalikan energi spiritual yang telah dicuri serta membuat dunia menjadi normal kembali.

"Reiji""Fenrir"

"Altina"

Battle sistem dalam game ini akan dikenal dengan “Strategy Active Real Time Battle System” atau disebut “Concerto” yang merupakan evolusi dari dua game mereka lainnya yaitu  Sakura Wars,  ARMS system and Valkyria Chronicle’s, BLITZ system. Kita dapat membawa lima karakter dalam pertempuran yang bersifat Real Time dan kerjasama antar karakter dikatakan merupakan kunci penting dalam memenangkan pertarungan. Musuh besar maupun kecil dapat ditemui dan dari setiap musuh yang dikalahkan, kita dapat mengumpulkan material yang dijatuhkan mereka untuk dijual ataupun membuat item.

Peran songstresses disini adalah sebagai spesial member dalam party, dengan menyanyikan magic song  mereka dapat memberikan berbagai efek tertentu dalam pertempuran seperti membuat musuh tidak dapat bergerak untuk sementara, menambah jumlah gerakan karakter, meningkatkan kecepatan party dan lainnya. Selain itu mana song juga dapat memberikan efek serangan kepada musuh. Mana song sendiri mengkonsumsi stok Mana Energy, jadi kita harus menggunakannya dengan bijak dalam pertempuran.

Seperti sudah disebutkan di atas bahwa kerjasama antar karakter akan memegang peranan penting dalam pertempuran, yang dimaksudkan di sini adalah game ini memiliki sistem hubungan antar karakter yang memang selalu ada dalam serinya sehingga kita akan menemukan banyak event dialog yang memungkinkan kita untuk memilih jawaban yang tepat. Ekspresi karakter ketika melakukan dialog pun berubah-ubah baik marah, senang, sedih maupun malas. Karena hubungan antar karakter ini akan mempengaruhi skill kelompok dalam pertarungan dan juga serangan gabungan antar karakter. Game ini juga dikabarkan memiliki lebih dari 20 karakter untuk digunakan. (Steven)


SHARE
Previous articleAgate Studio dan Kummara Resmi Menggelar Indonesia Bermain 2011
Next articleBlade And Soul, Jika Tema Kungfu Menjadi MMORPG Seindah Lineage II
Saya menyukai game sejak dari kecil dan konsol pertama yang saya miliki adalah Atari. Hampir semua jenis genre game saya sukai namun saya paling menyukai genre RPG. Selain hobi bermain game saya juga suka menonton film, anime, tv series dan membaca buku. Saya sudah mengenal media game sejak adanya majalah Game Master, 3D, Ultima, Ultima Nation Next Generation, Optima, sampai saat ini Zigma. Dari media-media inilah saya mendapatkan inspirasi untuk mencoba belajar mengembangkan kemampuan/hobi saya di dalam menulis walaupun masih banyak belajar dan saat ini sudah tersedia suatu wadah dimana saya dapat mengembangkannya melalui duniaku.net. Melalui wadah tersebut diharapkan saya dapat memberikan kontribusi bagi perkembangan dan kemajuan di bidang game dan bidang hobi lainnya.