Dungeon And Dragons: Heroes Of Neverwinter

Dungeons and Dragons (D&D) adalah sebuah franchise milik Atari yang sudah menelurkan banyak seri, dan hampir setiap serinya mendapat sambutan yang positif. Nah, setelah malang melintang di PC dan konsol, D&D hadir juga di Facebook dengan nama D&D: Heroes of Neverwinter ini. Sekilas jika kamu melihat screenshot di halaman ini, kamu akan berpendapat bahwa game ini tampak memiliki aroma strategi RPG ala FF Tactics. Pendapat tersebut tidak salah, karena game ini memiliki genre strategi RPG dengan sistem Turn Based. Setiap karakter akan menempati kotak-kotak di lantai, dan bisa bergerak ke kotak mana saja sesuai dengan jangkauannya. Dan jika di jangkauannya tersebut terdapat musuh, maka kamu bisa menyerang musuh tersebut.

Di awal permainan, seperti biasa kamu akan disuguhi fitur Character Creation, dimana kamu bisa membuat karakter sesuai keinginan kamu. Terdapat empat class yang bisa kamu pilih dan semuanya memiliki statistik awal yang berbeda-beda, ada fighter yang ahli dalam serangan melee, wizard yang memiliki spell jarak jauh yang mematikan, cleric yang merupakan tipe support dan rogue yang memiliki serangan cepat. Tidak puas dengan empat class yang tersedia? Kamu bisa mengkustomisasi sendiri class yang kamu inginkan, beserta statistiknya. Jadi sangat mungkin kamu bisa membuat sebuah class yang memiliki INT tinggi, namun menggunakan senjata melee.

Untuk gameplay, game ini bisa dibilang cukup simpel. Musuh yang ada di jangkauan bisa kamu serang dengan menggunakan skill yang kamu miliki, yang tertata dalam sebuah menu radial yang informatif. Oiya, untuk menjalani sebuah dungeon, kamu tidak bisa menjalaninya seorang diri. Oleh karena itu, kamu harus merekrut party terlebih dahulu baik di Tavern, atau mengajak teman kamu untuk menjadi partner kamu dalam petualangan.

Meskipun tampil sangat baik, game ini masih memiliki beberapa kekurangan, salah satunya adalah waktu loading yang menurut saya cukup lama dan terlalu banyak. Terlalu banyak disini maksudnya adalah hampir setiap akan melakukan sesuatu atau pindah layar, kamu akan disuguhi layar loading yang tidak sebentar, bahkan menurut saya jauh lebih lama daripada game-game Facebook yang sejenis. Selain itu, game ini juga tidak menyediakan tutorial step by step di awal permainan secara default, yang mungkin akan sedikit membuat pemain pemula kesulitan dalam memahami game ini, terutama untuk merekrut anggota party dan juga untuk memulai quest. Namun secara keseluruhan, game ini bisa menjadi alternatif yang sangat menarik dan cukup adiktif ditengah sepinya game Facebook yang dirilis kuartal terakhir tahun ini.

httpv://www.youtube.com/watch?v=FmZw2dXM_4M


SHARE
Previous articleNokia Strikes Back… Duet Windows Phone Manggo + Lumia 800 / 710
Next articleKombo Maut Terminus Zodiark
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.