Brother in Arms 2 Global Front… Pemanasan Sebelum Hadirnya Fallen Nation

Bagi kita para gamer, memang tidak ada yang lebih merasuk dalam jiwa raga (lebay nih!) selain mendalami fakta sejarah dan kejadian perang melalui sebuah game. Dan salah satu serial game yang konsisten memposisikan dirinya di tengah panasnya Perang Dunia adalah serial Brothers in Arms buatan Gearbox Software. Sejauh ini serial tersebut eksis baik di PC, konsol, handheld bahkan platform mobile, melalui tiga game utama dan tujuh game spin-off. Seperti kebanyakan franchise Ubisoft, versi mobilenya didistribusikan oleh Gameloft.

Game pertamanya dirilis 2005 lalu untuk PC dan konsol melalui Brothers in Arms: Road to Hill 30. Game first-person shooter ini mengambil setting selama dan beberapa kejadian penting pasca D-Day (sebutan untuk gerakan penyerangan sekutu ke Normandy, Prancis) selama Perang Dunia II. Meskipun FPS, namun Brothers in Arms pertama ini sudah menunjukkan identitasnya dengan terfokus pada kerjasama team yang realistik dan mengutamakan taktik, bukanya asal lari dan tembak saja, gameplay seperti yang biasa diterapkan dalam tipikal shooter dengan setting Perang Dunia 2. Sukses Road to Hill 30 mengantar sekuel langsungnya dirilis tak sampai setahu kemudian. Brothers in Arms: Earned in Blood meneruskan cerita Road to Hill 30, dan tetap eksis untuk PC, PlayStation2, dan  Xbox. Game utama terakhir yang dirilis adalah Brothers in Arms: Hell’s Highway. Dirilis pada September 2008 untuk PC, PlayStation3, dan  X360, game ini meng-cover Operation Market Garden selama Perang Dunia II (operasi militer yang dijalankan Sekutu pada 17–25 September 1944, di Belanda dan Jerman).

Pasti masih banyak yang ingat dengan Brothers in Arm untuk N-Gage dan Symbian ini.

Kemudian untuk game spin-off, sudah ada enam yang dirilis, dan satu lagi direncanakan muncul tahun 2012. Mereka antara lain, Brothers in Arms: D-Day yang dirilis untuk PSP pada khir 2005, dan menggunakan Unreal Engine 2.0 sebagai basis pembangun grafisnya. Kemudian Brothers in Arms DS yang rilis pada Juni 2007, dan keseluruhan merupakan port ke handheld dari Brothers in Arms: Road to Hill 30. Spin-off selanjutnya dirilis khusus untuk mobile.

Untuk platform Java pun juga ada. Namun sudut pandang diambil dari atas, alias menjadi third-person shooter.

Dimulai dengan Brothers in Arms: Art of War yang dirilis Maret 2008 untuk platform mobile, dan seperti versi DS, dibuat berdasarkan Road to Hill 30. Kemudian Brothers in Arms yang muncul Juli 2008, dikembangkan oleh Gameloft untuk N-Gage. Sekali lagi game ini memilih Brothers in Arms yang dianggap terbaik, Road to Hill 30 sebagai basis pengembangan. Berlanjut untuk platform iOS dan juga Palm Pre, dikembangkan kembali oleh Gearbox yaitu Brothers in Arms: Hour of Heroes yang dirilis November 2008. Dan paling baru (walaupun sudah eksis sejak tahun lalu) untuk mobile adalah Brothers in Arms 2: Global Front. Pertama kali hadir untuk iOS, awal 2010, walaupun kemudian untuk Android, Bada dan Palm juga menyusul akhir tahun. Spin-off terbaru yang dikonfirmasikan adalah Brothers in Arms: Furious 4, direncanakan untuk PC, PlayStation 3, dan X360 dan rilis tahun depan.

Dan pada kesempatan ini, menyambut akan segera rilisnya game first-person shooter dengan tema perang lainnya, Modern Combat 3 Fallen Nation, maka kita memberikan review Brother in Arms 2: Global Front. Karena memang banyak fitur dan gameplay dalam Fallen Nation mirip/pengembangan dari apa yang sudah ditawarkan dalam Global Front, semoga review ini bisa makin membuatmu tak sabar memainkan Fallen Nation, yang sudah banyak diprediksi bakal menjadi game FPS multiplayer terbaik untuk kelas mobile.

Korporal David Wilson adalah seorang pejuang yang bertempur di daerah Pasifik pada jaman Perang Dunia 2. Terluka di medan perang, dia bangun dari koma dan akhirnya tahu bahwa adik kecilnya, Eric tidak akan diberi penghargaan Medal of Honor (Medali Kehormatan).

Ketakutan karena adiknya mati di Afrika Utara dan bergelut karena Medal of Honor-nya gagal diberikan, Wilson juga menghadapi pihak pemerintah yang tetap diam akan kondisi ini. Dia tidak punya pilihan lain selain menyelidikinya sampai ke akar-akarnya untuk mengetahui kebenaran akan tim perang adiknya dan kematiannya.

Ketika dia menemukan bahwa Eric menghadapi permasalahan serius dengan pemerintah, David mulai melihat tindak kecurangan dan pengkhianatan, tetapi di masa perang, kebenaran sering sekali susah untuk dilihat secara jelas.

Di sisi kiri, kamu akan menemukan tombol untuk menggerakkan karaktermu ke sekitar area. Di sisi kiri juga kamu dapat mengklik tombol jongkok atau berdiri, tergantung posisi kamu dalam menghadapi musuh. Selalu lihat tujuan misi kamu di atas kiri.

Kamu juga dapat menggunakan tombol di kanan untuk menembak musuh atau lompat dari tempat kamu berlindung. Lihat juga bahwa kamu bisa melempar granat, memilih senjata dan masuk ke mode sniper di sisi kiri layar.

Dalam mode Campaign, kamu akan bertualang ke 6 tempat yang berbeda: Guadalcanal, Africa, Normandy, The Pasific: Iwo Jima & Okinawa, Sicily, dan Germany. Ada beberapat tipe misi yang menunggumu di tempat-tempat berbahaya ini, termasuk naik jeep dan menembak musuh dengan menggunakan machine gun!

Ada 3 kendaraan yang bisa dikemudikan: Glider, Tank dan Jeep. Glider adalah sebuah pesawat tempur yang didesain sebagai senjata rahasia dalam Perang Dunia Ke-2. Jika kamu punya iPhone 4, kamu dapat menggunakan kontrol gyroscope untuk mengemudikan Glider tersebut.

Game FPS ini adalah gubahan dari era Perang Dunia Ke-2. Semua seragam tentara, senjata dan kendaraannya didesain sangat mirip dengan yang digunakan di Perang Dunia II. Senjata yang bisa digunakan adalah Bazooka, Flame Thrower, Thompson, Browning 1919, dan banyak lagi!

Dengan menggunakan koneksi bluetooth lokal atau WiFi, kamu dapat bermain multiplayer di Brother in Arms 2. Ada mode Death Match atau Team Domination melawan AI yang bisa kamu mainkan di 5 map. Kamu juga dapat mengasah kemampuanmu untuk berkompetisi dengan yang lain di world leaderboard Gameloft Live dengan mengirimkan username, dog tags collected, kills dan efficiency di menu Gameloft Live.

Bagaimana Cara Mendapatkan Brother in Arms 2 Global Front FREE

Game ini GRATIS buat iPad dan iPhone. Klik di

http://itunes.apple.com/app/brothers-in-arms-2-global/id440176142?mt=8

<blog.gameloft.co.id>


SHARE
Previous articleSelamat Hari Sumpah Pemuda ke 83
Next articleBintang Tamu di Zodiark
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.