Batman Arkham City… Eksplorasi Dunia yang Lebih Terbuka!

Salah satu perubahan paling besar dari Batman Arkham City adalah gameplay yang sekarang lebih mengarah ke genre open world. Jika di Arkham Asylum kamu selalu diarahkan untuk menuju suatu tempat, maka di Arkham City dari pertama kamu akan diberi kebebasan untuk menjelajahi sebagian area Gotham yang dirubah menjadi penjara raksasa tersebut.

Arkham City nantinya akan dibagi menjadi beberapa distrik yang dikuasai oleh penjahat tertentu. Tiga area yang sudah dikonfirmasi dikuasai oleh Hugo Strange, Joker, dan juga Penguin. Kamu bebas untuk mengunjungi area mana saja tanpa harus dibatasi oleh jalan cerita, tapi ketika kamu mulai menjelajahi area tertentu maka kamu akan menemukan plot cerita yang berhubungan dengan area tersebut. Nantinya plot dari masing-maisng distrik ini akan menjalin satu plot cerita utama dan mengungkap siapa dalang dibalik kekacauan yang terjadi di Arkham City. Jadi intinya dunia di Arkham City bisa dibilang dibagi menjadi dua yaitu open world yang dibagi menjadi beberapa bagian, dan juga area internal di masing-masing bagian dari open world tersebut yang tentunya memiliki plot cerita masing-masing.

Untuk menjelajahi dunia open world dari Arkham City yang katanya empat kali lebih luas bila dibanding Arkham Asylum (dan itu belum termasuk area yang berada dalam gedung) tentunya jagoan kita membutuhkan sarana transportasi yang cepat dan efisien. Sayangnya ini bukan berarti kamu akan bisa mengendarai bat mobile maupun bat plane, tapi paling tidak kamu sekarang memiliki kemampuan untuk terbang. Menggunakan bat cape, dan juga bat claw, kali ini Batman bisa melakukan gliding tanpa batas, atau dalam kata lain terbang. Kamu bahkan bisa juga menggunakan bat claw untuk “menumpang” helikopter yang lewat. Sayangnya kamu tidak bisa mengendalikan arah yang dituju helikopter ini.

Satu hal lain yang perlu diketahui mengenai Arkham City, adalah area yang akan berubah secara dinamis. Maksudnya disini adalah, sejalan dengan permainan, maka daerah kekuasan dari gang di Arkham City akan berubah-ubah. Misalnya saja satu area bisa saja dikuasai oleh Joker ketika kamu pertama kali mengunjunginya, tapi ketika kamu mendatanginya kembali seluruh area tersebut bisa saja didekorasi oleh anak buah Penguin. Selain mempengaruhi tampilan, perubahan dunia ini juga akan mempengaruhi misi tambahan yang bisa kamu dapatkan.


SHARE
Previous articleResistance 3, Pesaing Berat Untuk Killzone
Next articleDead Island, Berapa Lama Kamu Bertahan?
Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.