Inilah Juaranya… Opera Mini 6.5 dan Opera Mobile 11.5 Sekaligus Untuk Lima Platform!

Memang ada banyak web browser untuk kelas mobile. Namun saya yakin, mayoritas masih mengandalkan Opera untuk selancar dunia maya melalui smartphone atau tablet. Meskipun untuk kelas desktop Opera tetap dianggap sebagai “underdog,” namun untuk mobile jelas tak terbantahkan.

Opera Mobile versi tablet, menunjukkan tampilan Data Usage. Received size bisa diminimalkan jika kamu mengaktifkan Opera Turbo.

Pada 11 Oktober 2011 lalu Opera sendiri telah meng-update dua browser mereka untuk Android, menjadi Opera Mini 6.5 dan Opera Mobile 11.5. Update baru tersebut menghadirkan fitur penting yang mampu memantau berapa banyak data yang telah berseliweran untuk upload/download melalui browser-mu. Fitur tersebut bakal makin melengkapi Ice Cream Sandwich, yang juga memasukkan fungsi untuk memonitor penggunaan data. Mereka yang berlangganan paket data jelas membutuhkannya, daripada harus meng-install aplikasi pihak ketiga. Dan khusus Opera, juga ada dukungan cloud computing-nya Opera, yang disebut mode Turbo, untuk mempercepat proses render halaman web, selain memperkecil trafik yang digunakan – diklaim hanya 1/10 dari penggunaan data dari browser standar.

Versi MeeGo, yang juga bisa kamu gunakan di Netbook, atau bahkan desktop (jika ingin mendapatkan interface mobile). Menu-menunya sederhana dan mudah dijangkau.

Selain itu, para pengguna Droid juga diuntungkan dengan begitu ketatnya Opera meng-integrasikan browser mereka dengan OS Android itu sendiri. Ada fungsi bookmark yang bisa dengan mudah mentransfer data bookmark yang kamu miliki dalam browser Android ke dalam Opera Mini/Mobile. Sedangkan ikon akses cepat halaman web yang muncul pada homescreen Opera Mini/Mobile kini pun bakal lebih cepat menampilkan halaman web yang kamu inginkan. Dan di bagian kanan kotak halaman web, ada tanda bintang. Tinggal sentuh saja jika ingin mem-bookmark halaman web yang sedang kamu buka.

Yang ini tampilan versi BlackBerry... Jika mau bookmark instant, tinggal tekan/sentuh ikon "bintang."

Detail fitur lainnya, seperti Facebook, Google hingga Yahoo! bakal loading lebih cepat. Selain itu,  juga ada dukungan built in sopport untuk Twitter dan Facebook, sehingga dengan mudahnya kamu bisa men-share content web dengan dua jejaring sosial tersebut. Jika kamu menggunakan Opera di desktop, dan terlanjur menyimpan banyak bookmark di sana, ada Opera Link yang mampu mensinkronisasikan bookmarks, Speed Dial dan data pribadi lainnya antara PC dan mobile.  Plus dengan pinch zoom dan smooth panning, mengendalikan antar muka Opera menjadi lebih intuitif.

Tampilan di versi iOS... Terlihat navigasi halaman web yang terbuka di background, dengan mudahnya kamu bisa pilih mau aktifkan halaman yang mana.

Dan setelah nyaris sebulan para pengguna Droid bisa menyombongkan diri, karena lebih awal mendapatkan update terbaru Opera mobile, kemarin Opera mengkonfirmasikan bahwa dua browser andalan mereka tersebut juga dirilis untuk iOS (baik iPhone dan iPad), BlackBerry dan Symbian, sekaligus juga ponsel Java – atau biasa juga disebut “feature phone.” Demikian dua Opera mobile tersebut kini meng-cover lima platform mobile. Selain itu, walaupun tidak disebutkan, namun Opera Mobile juga eksis untuk nerbook, khususnya yang menggunakan OS MeeGo.

Juga ada untuk ponsel Java lho! Terlihat di sana, kamu bisa dengan mudah men-share halaman web melalui jejaring sosial.

Sebesar apa pun pengguna Internet Explorer atau Firefox di kelas desktop, keduanya pasti bungkam dihadapkan dengan Opera jika itu untuk koneksi mobile. Dan seperti biasa, bagimu pengguna Droid yang malas men-download melalui Market, berikut ini kami berikan link offline .apk-nya.

Opera Mini v6.5:
Download 1
Download 2
Download 3

Opera Mobile v11.5:
Download

Keep in touch with Opera:
Discover more – http://opera.com/mobile
Twitter – http://twitter.com/opera
Facebook – http://www.facebook.com/Operamini

Recent Changes Opera Mini:
– Added Data Usage view
– Added save bookmarks to Home Screen
– Added import of system bookmarks
– Added decoding of WebP images received from Opera Mini servers
– Reintroduced Protocol setting
– Fixed UI refreshing problems on Honeycomb
– Fixed problems with Hybrid UI displayed on Tablets with Touch
– Various stability and performance fixes
– Supports App2SD

Recent Changes Opera Mobile:
– Added Data Usage view
– Added save bookmarks to Home Screen
– Added bookmark import
– Added support for inline HTML5 video on Honeycomb
– Added cache stored on SD
– Fixed crashes
– Fixed issues with Google web-fonts
– Fixed issues with Flash 11
– Fixed issues with slow UI animations
– Fixed issues logging into to Link account
– Fixed issues with IDN domains
– Fixed various stability and performance issues
– Updated Mobile core to 2.9.201
– Permissions: See bit.ly/opera_permissions

Yang ini Opera Mini ketika digunakan di ponsel Symbian. Selain share, kamu bisa juga mengirim link halaman web via message atau si "gigi biru."

SHARE
Previous articleDMC, Asura, Dogma, and Racoon inside !
Next articleBatman Arkham City; Detective Mode
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.