Asus Eee Pad Transformer Prime, Pertama Dengan Prosesor Quad NVIDIA Tegra 3

Selain kata inovatif, sepertinya Asus kembali bakal menorehkan nama dengan predikat yang pertama. Akhir Oktober lalu mereka mengkonfirmasikan penerus dari Asus Eee Pad Transformer, yang sebelumnya disebut dengan Eee Pad Transformer 2, namun selama event dipastikan namanya adalah Asus Eee Pad Transformer Prime.

Paling menarik dari Prime tak lain menjadi perangkat pertama dalam lineup tablet Asus yang menggunakan chipset NVIDIA Tegra 3, dengan prosesor quad-core. Memang sebelumnya sudah dikonfirmasikan ZTE T98, dengan layar 7 inchi-nya yang menggunakan Tegra 3. Namun kondisi saat ini juga belum dilempar ke pasaran, ada satu slot kosong untuk diisi sebegai gadget pertama dengan prosesor quad.

Untuk si Prime ini, dari pengenalan singkat oleh Chairman Asus Jonney Shih selama event Asian Games (atau AsiaD) akhir Oktober lalu (serta konfirmasi resmi 9 Novemver 2011 mendatang) diketahui beberapa detail spesifikasinya. Mulai profil yang tipis seperti ultrabook Zenbook, dengan ketebalan 8.3mm, bakal menjadikan Prime ini salah satu dari tablet tertipis. iPad 2 yang menjadi benchmark juga lebih tebal, dengan 8.8mm. Galaxy Tab 10.1 yang sempat bangga karena selangsing 8.6mm pun kalah. Namun di atas awan masih ada awan lainnya, Toshiba sendiri sudah mengkonfirmasikan tablet Droid baru, Toshiba AT200, yang tebalnya hanya 7.7mm.

Seperti kakaknya, Prime yang bakal dibekali Android Honeycomb ini juga datang dengan layar sentuh 10 inchi beresolusi 1280 x 800 pixel, serta deretan port di sekujur tubuhnya seperti USB dan mini-HDMI. Bahan casingnya dominan aluminium yang glossy, serta tetap mengadopsi docking keyboard yang sudah menjadi ciri khasnya.

Dan di atas merupakan tampilan mainboard Prime, yang sempat di foto ketika menjalani tes. Terlihat otak Prime merupakan chipset mobile terbaru NVIDIA, quad-core Kal-El. Nama yang terinspirasi dari Superman, Kal-El itu seharusnya mampu memberi Prime waktu operasi hingga lebih dari 10 jam.

Tegra 3 quad-core yang memperkuat Prime dijalankan dengan standar 1.4GHz. Hanya digit saja tidak menjamin kinerjanya. Namun bukti benchmark satu ini sepertinya cukup meyakinkan, dan pasti membuat semua penasaran menunggu peluncuran resmi Prima 9 November mendatang. Berdasarkan hasil tes benchmark AnTuTu, Tegra 3 melejit dua kali dibandingkan Motorola Xoom yang diperkuat Tegra 2. Bahkan Galaxy Nexus yang telah disentuh Ice Cream Sandwich pun hanya mampu bicara 60% saja dari keseluruhan kemampuan Prime (padahal Nexus resolusinya lebih kecil).


SHARE
Previous articleDisgea 4 US, Menyenangkan Meski Dengan Gameplay yang Tidak Jauh Berbeda
Next articlePersona 2: Innocent Sin, Akhirnya Masuk US Juga!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.