Mass Effect 3 versi beta Bocor di Xbox Live

Berita mengejutkan datang dari Bioware. Salah satu game unggulan mereka, Mass Effect 3, tampaknya bocor duluan. Bukan versi retail, melainkan close beta test. Seperti yang diberitakan sebelumnya, seri terakhir Mass Effect ini akan memiliki mode multiplayer online. Hal ini yang membuat Bioware (yang belum punya banyak pengalaman di bagian multiplayer) harus melakukan banyak test. Sialnya, kali ini mereka kecolongan.

Mereka mungkin sial, tapi bagi gamer yang sudah ‘kebelet’ ini artinya berita yang sangat menarik.

Tanpa panjang lebar, kita lihat yuk, mereka punya fitur apa saja…

Wha… wait! Sekarang ada Action Mode, Story Mode, dan RPG Mode.

Dari apa yang saya dengar, Action Mode ditujukan untuk mereka yang nggak perduli dengan kustomisasi ataupun pilihan dialog. Hajar bleh! Tingkat kesulitan maksimal. Kebalikannya adalah Story Mode, yang lebih mirip menonton film interaktif. Masih minim kustomisasi, tingkat kesulitan paling rendah, tapi bisa mengakses sistem dialog secara penuh.

Bagaimana untuk veteran Mass Effect? Pilihan yang paling tepat adalah RPG Mode. Sistem dialog, kustomisasi lengkap, dan tingkat kesulitan yang moderat.

Tapi kalau kamu penggemar Insane Mode (seperti saya), tidak usah khawatir. Kamu tetap bisa bermain Insane seperti biasanya dengan RPG Mode.

Oke, sekarang kustomisasinya sedalam apa sih? Hardcore ala Mass Effect 1 atau super simple seperti Mass Effect 2?


Hmm berada di tengah-tengah. Bioware sepertinya bisa membuat tampilan tetap simple, tapi dengan kustomisasi yang lebih dalam.

Mari kita lihat ‘perk’-nya Shepard, sang jagoan:

Woogh! Jauh lebih dalam dibanding pendahulunya!

Masih penasaran? Di halaman berikutnya, saya tampilkan cukup banyak screenshot. Awas spoiler (dan awas, karena cukup berat).

1
2
3

SHARE
Previous articleFallout New Vegas: Lonesome Road, Pamungkas New Vegas
Next articleSurabaya Choco Days, dari Cosplayer untuk Cosplayer
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.