The Art of Making a Good Game

Belakangan saya cukup sering bertemu dengan game developer lokal. Rupanya mereka semua punya passion dan skill yang luar biasa. Meski rata-rata platform yang dikerjakan adalah flash game atau mobile game (Android/IOS), tapi karya mereka patut diapresiasi.

Tapi kali ini saya tidak akan membahas karya-karya game Indonesia.

Kebetulan saya baru saja menyelesaikan salah satu game triple A terbaik tahun ini, Gears of War 3, dan melihat video unik kiriman teman… membahas tentang Megaman X. Lah, apa hubungannya?

Begini. Keduanya sama-sama game hebat pada masanya. Sama-sama kompleks pada masanya. Namun apa yang membuat Megaman X hebat (dan video ini begitu hebat) adalah bagaimana Egoraptor, peracik video YouTube yang super keren ini, menampilkan bagaimana sebuah game seharusnya dipresentasikan.

Gears of War 3 keren. Tapi sebagaimana banyak game triple A lain (Assassin Creed, Batman: Arkham Asylum, Battlefield 3, dsb) yang menampilkan tutorial dengan cara yang tidak seelegan Megaman X dulu.

Kalau kamu kebetulan seorang game developer (atau punya teman game developer), please… tonton video ini. Jadikan Megaman X inpirasimu dalam mempresentasikan dan mengajarkan tutorial game.

Video ini mengingatkan saya, betapa luar biasanya era SNES dulu (Breath of Fire II, Final Fantasy VI, YuuYuu Tokubetsuhen, Chrono Trigger, Seiken Densetsu 3, Link of the Past, Super Metroid). Sigh!


SHARE
Previous articleJade Dynasty, Sudah Maksimal? Ini Cuma Permulaan Lho
Next articleMusim “Mango” Sepanjang Tahun… Ngicipi Manisnya Samsung Focus S
Mengawali karier menulisnya pada tahun 1997 sebagai kontributor rubrik game majalah Mentari Putera Harapan. Namanya mulai dikenal setelah dia turut membidani lahirnya majalah game pertama di Indonesia, Game Master. Begitu banyak majalah yang lahir dari buah pemikirannya. Sebut saja Game Master, 3D Magazine, Ultima Nation, hingga Zigma dan Omega. Tidak hanya dikenal sebagai jurnalis dan konseptor, GrandC juga seorang penulis cerita. Saat ini dia banyak disibukkan dengan pengembangan Vandaria, dunia fiksi ciptaannya.