Boot 2 Gecko… Inilah Bakal OS Mobile Baru, Dikembangkan Oleh Mozilla

Berawal September 2010 lalu, Mozilla sempat merilis foto dan video 3D yang menunjukkan konsep ponsel hasil desain mereka. Saat itu, ponsel tersebut dinamai Mozilla Seabird, dan seakan hanya menjadi angan-angan semata, kemungkinan besar tidak diwujudkan. Namun bagaimana jika kenyataan berkata lain?

Bagaimana jika Seabird tersebut bakal benar-benar ada, dan menjalankan sistem operasi mobile yang tengah dikembangkan Mozilla. Fakta baru muncul selama akhir Juli 2011 lalu, yang jelas menyebutkan jika Mozilla tengah sibuk di lab mereka dengan proyek sistem operasi mobile baru, yang kemudian dikenal sebagai Boot 2 Gecko.

Mobile OS ini dibangun atas dasar pondasi kernel Android. Dan sempat disebutkan, jika tujuannya adalah untuk memperkecil fragmentasi atau terpecahnya mobile OS menjadi banyak kubu. Untuk mencapai tujuan tersebut, Mozilla berusaha membuat sebuah platform baru yang dipercaya bakal menjadi standar masa depan, yaitu open Web yang bisa digunakan oleh banyak vendor sekaligus. Demikian Boot 2 Gecko yang bebasis web ini jika dirasa cocok untuk vendor ponsel, bakal bisa menyatukan API (application programming interface) untuk beragam fungsi ponsel/smartphone, seperti kamera, SMS dan telepon.

Seperti yang terlihat pada draft konsep sistem operasi Mozilla ini, ide UI/antar mukanya biasa saja. Dijelaskan juga ada metode pengoperasian dengan cara menahan-dan-menggeser sebuah ikon untuk menjalankan suatu aplikasi, seperti yang sudah diterapkan HTC untuk antar muka lockscreen Sense 3.5 mereka. Fitur lainnya yang menarik seperti bisa langsubg mengatur fungsi tombol fisik atau virtual untuk beragam fungsi/action untuk pengoperasian software.

Sejauh ini hanya itu saja yang bisa didapat dari konsep yang diajukan Mozilla, selain yang sudah jelas jika Boot 2 Gecko juga bakal dibangun atas dasar HTML5, plus kernel Android untuk proses booting dan penggunaan driver. Kita tunggu saja janji Mozilla yang berusaha memenuhi target akhir tahun ini untuk sebuah demo prototip Boot 2 Gecko!


SHARE
Previous articleNook Tablet… Tablet Dual Core 2 Jutaan, Menantang Langsung Kindle Fire
Next articleHadapi “War of the Mango”… Omnia W / Focus Flash Menjadi Andalan Kedua Samsung
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.