Nook Tablet… Tablet Dual Core 2 Jutaan, Menantang Langsung Kindle Fire

Satu lagi tablet Android murah, selain Kindle Fire yang telah hadir sebelumnya. Datang dari Barnes&Noble, adalah Nook Tablet, yang tidak ragu menyuguhkan spesifikasi kelas atas serta prosesor dual core, namun dengan harga hanya $249 saja.

Barnes&Noble (toko buku tertua dan terbesar di US) memang bukan nama baru di dunia tablet Android. Sebelumnya mereka sudah merilis Nook Color, yang menggoda berkat harga $249, namun sudah memberi kita layar IPS seperti pada Apple iPhone 4 atau LG Optimus Black, bahkan kombinasi prosesor ARM Cortex-A8 dari keluarga chipset TI OMAP3621 dan chip grafis PowerVR SGX 530 seperti pada Galaxy S. Dan kini untuk penerusnya, mereka menyebutnya sebagai Nook Tablet. Masih menggunakan layar 7 inchi VividView berbahan IPS LCD, serta resolusi yang sama, 1024×600 pixel. Mereka mengklaim layar tersebut memiliki sudut pandangan hingga 180 derajat – seperti pada Galaxy S II (menjamin tetap jelas ketika dilihat dari berbagai sudut), serta lapisan tambahan pada layar untuk meminimalkan pantulan cahaya.

Sekilas susah membedakan Nook Tablet dengan Nook Color, karena casingnya nyaris sama. Namun jeroannya jelas beda. Kini Nook Tablet mengadopsi chipset Texas Intrumen baru, yaitu TI OMAP 4430 dengan prosesor dual core 1GHz ARM Cortex A9, chip grafis PowerVR SGX540, serta 1GB RAM yang menjamin tablet ini tidak kehabisan “nafas” ketika diajak kerja berat – memutar video HD misalnya. Internal storage-nya juga meningkat menjadi 16GB (dari 8GB), serta masih ada slot microSD. Satu yang pasti, tablet ini “Wi-Fi only” lho ya, tidak ada fasilitas koneksi 3G.

Didaulat sebagai e-book reader, namun juga mampu memutar file multimedia berkualitas HD. Mendukung banyak format media lho, termasuk .mkv yang familiar bagi mereka penikmat film download hasil Blu-ray Rip yang ukurannya di bawah 1GB.

Dan seperti kakaknya, Barnes&Noble pun mengganti antar muka standar Android v2.3 Gingerbread dengan polesan mereka, dan tak ketinggalan menyuntikkan aplikasi terintegrasi seperti Netflix, Hulu Plus, Pandora, dll. Yang agak aneh, tidak ada Android Market di dalamnya, hanya toko aplikasi yang disediakan oleh Barns&Nobles.

Buku komik masa depan... kamu pun mendongeng pada anak, diiringi musik kesukaan mereka... Atau biarkan anak-anak berkreasi, belajar mengenal dunia maya. Tak perlu kuatir content yang tidak sesuai usia, karena ada fitur parental control yang mampu menyaring apa yang bisa mereka akses di internet.

Melihat spesifikasi dan harga yang dipatok $249, Nook Tablet ini bersaing langsung dengan Kindle Fire dari Amazon, yang dijual dengan harga perkenalan $199 (belum diketahui apakah harga tersebut akan tetap sama nantinya). Namun dibandingkan Kindle Fire, Nook Tablet lebih besar internal storage dan juga RAM-nya, dan itu jelas makin membuatnya lancar dipaksa bekerja berat.

Barnes&Noble sendiri sudah membuka layanan pre-order untuk Nook Tablet, dan bakal diluncurkan 18  November mendatang – atau tiga hari setelah Amazon merilis Kindle Fire. Sementara itu Nook Color yang sebenarnya masih “worth-to-buy” kini dijual dengan harga hanya $199 saja. Bahkan interface-nya pun di-upgrade biar mirip dengan Nook Tablet.

Dan spesifikasinya cukup tinggi, main game-game HD masih mungkin... asal tidak memanfaatkan beberapa sensor seperti accelerometer, yang memang absen di sini.

Dan berikut ini detail spesifikasinya, klik gambarnya untuk memperbesar!

Spesifikasinya sangat lengkap untuk kelas harga dua jutaan...

Tour NOOK Tablet

NOOK Tablet 360° View


SHARE
Previous article9 Game Super Nintento Paling Berkesan
Next articleBoot 2 Gecko… Inilah Bakal OS Mobile Baru, Dikembangkan Oleh Mozilla
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.