Blizzard Dota, Spesial bagi Para Hardcore…

Dalam sejarah dunia video game ada beberapa kejadian dimana sebuah mod buatan gamer pada akhirnya bisa menyamai atau bahkan mengungguli game originalnya sendiri. Counter Strike dan DotA adalah salah satu dari beberapa kejadian tersebut, dan tentunya kali ini saya akan membahas mengenai DotA. Diumumkan setahun yang lalu di Blizzcon 2010, Blizzard DotA adalah upaya Blizzard untuk menjawab permintaan para fans yang ingin memainkan game dengan genre MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) buatan Blizzard.

Sayangnya setelah hampir satu tahun berlalu, Blizzard DotA tidak kunjung dirilis, bahkan pertengahan tahun lalu dikabarkan bahwa Blizzard akan merombak ulang Blizzard DotA dari awal lagi. Untunglah, perombakan ini justru memberi efek positif ke game tersebut. Lewat Blizzcon 2011, Blizzard menunjukkan hasil perombakan tersebut, dan visi terbaru mereka untuk memberikan game MOBA yang mudah dimainkan dan dipahami tiap gamer, tapi tetap membutuhkan taktik, strategi, dan pemahaman lebih jauh untuk benar-benar dikuasai.

Hal pertama yang dirombak oleh Blizzard adalah bagaimana kamu nantinya bisa memainkan Blizzard DotA. Seperti yang sudah kamu ketahui, saat ini bisa dibilang hanya ada tiga game MOBA yang “masuk hitungan” yaitu LoL, HoN, dan DotA, dan semua game ini bisa dimainkan secara F2P. Blizzard juga ingin membuat Blizzard DotA bisa dimainkan semua orang secara F2P, masalahnya, karena merupakan mod untuk Starcraft II, maka untuk memainkan game ini, jelas kamu harus membeli Starcraft II terlebih dahulu. Untuk mengatasi masalah ini, Blizzard akhirnya memutuskan untuk merilis Blizzard DotA lewat Blizzard Arcade. Buat yang belum tahu, Blizzard Arcade ini bisa dibilang mirip dengan Xbox Live Arcade Indie, yaitu tempat dimana user bisa membeli dan menjual mod Starcraft II.

Dan nantinya Blizzard DotA juga bisa dimainkan menggunakan Starcraft II Starter Edition, versi demo dari SC II yang bisa di download secara gratis. Masih ada satu hal lagi, Blizzard mengatakan bahwa mereka akan memberikan insentif bagi mereka yang sudah membeli SC II dan memutuskan untuk memainkan Blizzard DotA, tapi bentuk konkrit dari insentif ini masih belum dipastikan.

httpv://www.youtube.com/watch?v=Zx1JDEnrVK8

Selain hal diatas, Blizzard juga merombak berbagai hal inti, dan mencoba menghembuskan nafas baru dalam genre MOBA. Intinya Blizzard ingin membuat Blizzard DotA menjadi game yang fun, dan mudah dimainkan semua gamer, terutama mereka yang sebelumnya tidak pernah memainkan game dengan genre ini. Untuk melakukan hal ini ada beberapa hal yang sudah dipastikan oleh Blizzard, yaitu tidak adanya last hit, deny, dan juga item yang jauh lebih disederhanakan. Tentunya Blizzard tidak hanya menyederhanakan game ini, mereka juga memberikan berbagai tambahan, yang bisa kamu simak di halaman berikut.


SHARE
Previous articleFirst Look: Lineage Eternal (aka Lineage III)
Next articleVandarian, Ini Alasan Kenapa Kamu Wajib Datang ke S’DEGAN
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.