24 Hour Comic Day in Surabaya, Semangat Membara Para Komikus Selama 24 Jam

Ranah perkomikan di Indonesia memang saat ini sedang mengalami masa-masa kejayaanya. Selain para komikus-komikus baru yang terus mengirimkan karyanya kepada penerbit, event-event bertemakan komik juga terus berjalan. Salah satunya adalah event internasional yang menyenangkan ini. Event ini berjudul 24 Hours Comics Day atau yang lebih dikenal dengan sebutan 24HCD. Acara yang awalnya digagas oleh Scott McCloud dan temannya, Nat Gertler ini pertama kali diadakan pada tahun 2004, dan kita perlu berbangga lho, karena pada tahun 2006 seorang komikus dari Indonesia bernama Tita Larasti dalam komiknya yang bernama Cuhat Tita menembus 10 besar karya terbaik!

Untuk di Surabaya sendiri, acara ini sudah ada sejak tahun 2008, sempat tidak diadakan pada tahun 2009 namun kembali diadakan lagi pada tahun 2010. Peraturan utama dari acara ini adalah, kamu harus berhasil menyelesaikan komikmu baik itu berwarna atau hitam putih (sudah di ink-ing atau di tinta) baik itu bentuk digital atau manual selama 24 jam dan batas maksimal dan minimal dari komik yang kamu kerjakan adalah 24 halaman. Terdengar mudah? Jangan meremehkan dulu, banyak komikus yang akhirnya gagal dalam menyelesaikan tantangan ini karena berbagai hal, misalnya ia belum terbiasa, atau staminanya masih kurang, dan sebab-sebab teknis atau non-teknis yang lain.

Untuk segi teknik dan cerita sendiri, peserta dibebaskan dalam pembuatannya. Misalnya mau tipe montase (tempel-tempel), manual, atau digital semua boleh-boleh saja. Gaya komik yang diperbolehkan pun tidak terbatas, mulai dari sekedar stick man sampai gaya super realis. Yang dipentingkan dari sebuah komik, bukanlah gambar, namun cerita yang mampu menarik pembacanya hingga ke halaman terakhir dari komik tersebut.

Bagi kamu-kamu yang masih merasa minder dengan kemampuan kalian sebagai komikus, jangan malu-malu untuk ikut ke dalam kompetisi ini karena semua kalangan diperbolehkan mengikutinya, bahkan tahun ini pun ada lho peserta yang masih duduk di bangku SD! Terus berkarya dan jangan pernah menyerah, tahun depan masih ada lagi kok event ini! Jadi kembangkan terus kemampuan menmbuat komikmu!


SHARE
Previous articleTrailer Pertama dan Karakter Baru Kembali Meramaikan “Heroes Phantasia”
Next articleBersama S Pen dan Galaxy Note, Berkreasi Di Atas Layar 5.3 Inchi
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha