Ayo Kita Mengunjungi Negara yang Ceria, Pukuland, di DQ X!

Judul Game : Dragon Quest X: Mezameshi Itsutsu no Shuzoku Online
Dev / Pub : Square Enix / Square Enix
Tanggal Rilis : TBA 2012 (Wii) ; TBA (Wii U)
Genre : MMORPG
Platform : Wii, WiiU

Pukuripo, ras berpenampilan imut, mungil, bertelinga kucing dan berwarna hijau muda ini berasal dari Pukuland, negara yang menggambarkan keceriaan. Seperti namanya, Pukuland, negara ini mungkin akan lebih pas jika disebut sebagai taman hiburan. Di sepanjang jalan di dalamnya kamu akan melihat balon-balon, dan juga ada panggung besar nan megah di tengah kota sebagai tempat pertunjukan. Untuk mengawasi semua penghuni Pukuland, didirikan kastil Megistris sehingga bisa melihat keseluruhan negara tersebut.

 

Tajamkan mata untuk melihat yang bersinar seperti ini hehe

Bertolak belakang dengan negaranya yang terlihat menyenangkan, field di sekitar negara ini tidaklah ramah, karena begitu banyak monster berkeliaran. Selain itu di sini banyak sekali reruntuhan yang bisa kamu jelajahi. Pasang mata baik-baik saat menjelajah di sini, karena terkadang kamu akan menemukan harta karun yang bersinar tergeletak di tanah. Jika kamu merasa lelah menjalankan karakter untuk berpindah tempat, kamu bisa menggunakan fitur Autorun yang disediakan pengembang. Dengan ini kamu bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain dengan mengklik saja, sehingga karaktermu secara otomatis akan berjalan ke tempat yang diinginkan.

 

Party Play

  

Seperti halnya MMORPG lain, di sini kamu bisa membentuk party dengan pemain lain, atau dengan menggunakan NPC yang dikendalikan AI. Jika ingin membentuk party dengan pemain lain, pertama kamu harus menemui pemain yang ingin kamu ajak. Kamu bisa memberikan pesan, kemudian melihat status pemain lain tersebut dan memutuskan memasukkannya ke dalam party atau tidak. Setelah ajakan diterima, nantinya pemain tersebut akan menyetujui bisa bergabung dalam party selama berapa lama. Kamu bisa saja menolak pemain tersebut jika memang dirasa batas waktu bergabungnya cuma sebentar, semisal hanya bisa bergabung selama sejam. Jadi kamu pun ketika diajak dalam party juga bisa menentukan bisa bergabung untukberapa lama.

Sistem party di sini juga unik loh. Ketika di perjalanan kamu bertemu dengan party lain (dan kamu tidak bergabung dengan party tersebut), kamu bisa mendukung mereka untuk meningkatkan tension mereka. Dan hasilnya, party tersebut bisa memberikan damage lebih besar kepada musuh. Menarik bukan? Jadi semua pemain bisa saling membantu baik berada dalam satu party maupun berbeda party.

 

Selain fitur Autorun, ada juga fitur lain yang memungkinkan karaktermu berjalan secara otomatis. Caranya dengan mengikuti karakter pemain lain ke manapun dia pergi. Menguntit atau menumpang ya? Hehe. Fitur ini berguna jika kamu tersesat atau tidak tahu jalan mana yang harus dilalui, sehingga bisa meminta bantuan kepada pemain lain yang tahu jalan dan mengikutinya, tanpa perlu takut tersesat.

 

Karakter AI

Mungkin pada saat ingin hunting, kamu tidak menemukan pemain lain untuk bisa membentuk party dengan anggota lengkap. Inilah saatnya meminta bantuan karakter AI. Lebih tepatnya menyewa sih, karena kamu harus membayar sejumlah tertentu untuk bisa mendapatkan bantuannya. Untuk bisa menyewa AI, kamu harus pergi ke pub dan berbicara padanya. Kemudian pilih AI yang sesuai dengan keinginanmu, karena pihak pub menyediakan banyak karakter dengan berbagai ras dan klas yang bisa dipilih. Tentunya para AI ini akan bergerak mengikutimu dan melakukan langkah-langkah sesuai dengan strategi yang kamu tetapkan.

Asyiknya lagi, di pub kamu bisa mendaftarkan karaktermu menjadi karakter support loh. Jadi saat kamu sedang tidak login, pemain lain bisa menjadikan karaktermu yang telah terdaftar sebagai karakter support untuk menjadi karakter AI di party mereka. Baru pada saat kamu login kembali, aktivitas sebagai karakter support bisa kamu lihat, dan poin experience yang telah terkumpul tetap kamu simpan. Benar-benar unik bukan?


SHARE
Previous articleFate/Zero Plus Bus sebagai Advertising Media!
Next articleKedua Seri Zero Bersatu pada Musim Gugur Ini!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.