avast! Mobile Security… Antivirus Baru Untuk Android

Sebagaimana PC, smartphone yang beragam fungsinya bisa menggantikan desktop/notebook kini mulai banyak dilirik para hacker. Mungkin bagi pengguna yang lebih aware dengan beragam fungsi smartphone seperti Android, cuek cuek saja dengan ancaman virus. Namun tidak semua pengguna Droid memaksimalkan fungsinya, dan hanya mau fungsi standar tidak terganggu oleh ancaman sekecil apa pun. Maka mereka pun sudah antisipasi dengan antivirus khusus Android yang meman sudah banyak beredar di Android Market. Beberapa diantaranya merupakan merk yang sudah kita kenal, seperti Norton atau AVG. Dan satu lagi antivirus baru yang sudah eksis di kalangan pengguna desktop mencoba menawarkan perlindungan mobile. Inilah avast! Mobile Security untuk Android, yang menjanjikan standar keamanan jika Droid-mu dicuri, selain proteksi terhadap virus dan data pribadi.

Antivirus baru dari Avast ini memang masih dalam tahap beta, namun sudah mulai dipublikasikan sejak 6 Desember 2011 kemarin. Jadi kamu bisa langsung saja tekan ikon Search di Droid-mu untuk mencarinya di Market, dan aplikasi ini gratis kok. avast! Mobile Security menjanjikan perlindungan data pribadi dengan kinerja otomatis terhadap ancaman virus dan URL berbahaya selama kamu browsing.

avast! Mobile Security juga memberimu opsi menambahkan firewall (sayang hanya berfungsi untuk Droid yang sudah di-root), selain juga proteksi anti-theft. Ini bukan berarti Droid-mu kebal dicuri. Namun Avast hanya memberikan semacam alat pelacak, sehingga dengan melalui perintah SMS saja, kamu bisa melakukan semacam Factory Reset untuk membersihkan semua data pribadi dan history penting di dalamnya, bahkan juga menguncinya, mengaktifkan sirene, atau bahkan melacaknya melalui GPS dan audio monitoring.

Avast juga memberikan opsi bagimu untuk me-rename aplikasi ini dengan nama lain, sehingga pencuri tidak tahu bagaimana menonaktifkan aplikasi tersebut atau menghapusnya.

Tapi bagaimana jika pencurinya ternyata juga mahir dalam hal Android, dan paham bagaimana cara masuk bootloader, langsung melakukan factory reset dari sana… Mobile Security ini pun juga bakal terhapus….


SHARE
Previous articleEvent Report : Lunia Goes to Surabaya
Next articleSang Pembuat Zelda dan Mario Akan Pensiun Dari Posisinya
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.