Update Baru Facebook for Android… Kini Makin Cepat dan Mudah Digunakan

Akhirnya setelah menunggu lama, Facebook memberikan update baru untuk aplikasi Facebook for Android. Setelah setahun belakangan hanya perbaikan minor dan berkesan kosmetik, hingga penambahan fungsi chat dianggap cukup besar “impact”-nya, awal Desember 2011 lalu Facebook meluncurkan versi 1.8.0 (tertera di Galaxy S II, karena memang disesuaikan berdasarkan kemampuan setiap Droid dan versi OS-nya). Banyak perubahan di sini. Selain saya merasa jauh lebih cepat kinerjanya, juga akses yang lebih mudah ke berbagai menu penting di Facebook.

Facebook mengklaim, navigasi dalam versi baru ini lebih cepat. Masuk ke group, app, page, dan setting hanya dengan satu sentuhan. Kolom search dimaksimalkan. Seperti pada versi desktop PC-nya, kamu bisa mencari apa saja di sana. Mulai friend, subscriber, app, dan juga page yang kamu kelola. Saya juga suka ketika melihat foto. Pengalaman waktu tunggu yang begitu lama pada versi sebelumnya hilang di sini. Foto dibuka (dan di-upload) dengan cepatnya (entah apakah mungkin dikompress sehingga ukurannya mengecil). Sentuh foto untuk memunculkan informasi foto tersebut, lengkap dengan ikon Like serta Comment. Kamu bisa juga mencubit foto untuk “zoom in”… dan itu terjadi begitu lancarnya.

Pembenahan lain di sisi notifikasi. Facebook mengklaim kali ini kamu mendapat pemberitahuan akan Notification baru lebih cepat, karena sistemnya saat ini push notification, sehingga mendekati real time. Memang itu bergantung pada koneksi provider yang kamu gunakan. Jika 3G atau bahkan berada di kanal HSDPA mungkin akan terjadi secara instant. Namun pada koneksi 2G EDGE, mungkin ada sedikit jeda. Saya sendiri mencobanya melalui akses WiFi yang memang cepat, dan semua notifikasi didorong ke Droid begitu cepatnya. App favoritmu pun bisa langsung diakses dengan mudah. Apalagi jika Droid-mu sudah mendukung Adobe Flash, atau sudah ARMv7, kamu bisa melanjutkan permainan dimana saja. Selain itu, menurut Facebook kamu bisa mengakses mobile timeline serta friend lists dan subscription dengan lebih mudah.

Namun diantara banyaknya fitur baru tersebut, saya lebih menyukai lagi pembaruan antar mukanya. Tetap dominan biru, namun kini lebih terasa seperti tampilan m.facebook.com yang DIAKSES dari browser Android atau Google Chrome. Dan antar muka tersebut banyak memudahkan kita mengakses banyak opsi penting. Kamu dapati kolom biru di bagian atas, seperti pada versi desktop dan m.facebook.com khusus browser Chrome, dengan tiga ikon bertengger di sana, yaitu akses Friend Request, Message dan Notification. Lalu di sebelah kiri ada menu (berbentuk ikon ti garis horizontal), dimana ketika kamu sentuh memunculkan menu yang muncul bergeser dari atas ke bawah, dan memberimu akses cepat ke menu seperti favorite, list dan kolom search.

Oke, cukup review-nya, untuk mendownload versi baru Facebook ini, langsung saja kamu masuk ke Android Market, atau melalui link berikut untuk men-download file .apk-nya ke PC, pindahkan ke Droid-mu lalu meng-install-nya secara offline.

Facebook for Android versi 1.8.0 download via Mediafire.


SHARE
Previous articleZigma #109, Kini Hadir dengan Konsep Baru!
Next articleSquare Enix Boyongan ke Mobile, Selanjutnya: Chrono Trigger!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.