Jejaring Sosial Baru Lahir di Xbox 360… Integrasi Xbox Live ke Dalam Smartphone

Akhir-akhir ini Microsoft terus berusaha membuar dashboard X360 mereka menjadi lebih nyaman dari sebelumnya, dan makin banyak pengalaman baru dari sekadar “launcher.” Dan sepertinya usaha mereka yang baru ini patut mendapat apresiasi, karena berhasil membawa pengalaman dashboard sekaligus untuk dua platform. Aplikasi My Xbox LIVE bisa kamu nikmati di iOS, menemani Xbox Companion untuk Windows Phone 7.

Meskipun sempat mengalami penundaan, akhirnya update dashboard baru ini diluncurkan mulai kemarin. Menawarkan beberapa fitur baru, sekaligus membawa interface bergaya Metro (atau lebih tepatnya, bakal menyesuaikan dengan antar muka Metro untuk Windows 8, baca preview-nya di sini, dan di sini, lalu juga di link ini), dukungan Kinect untuk mengendalikan dashboard tersebut, hingga perintah suara untuk search yang diperkuat oleh search engine kebanggaan Microsoft, Bing ( disebut Xbox. Bing. Query).

Update antar mukanya mengelompokkan opsi yang ada dalam kotak-kotak besar yang dipisahkan oleh beberapa tab, yang bisa kamu akses di atas layar, dan di antara mereka ada opsi baru berlabel “Social” berisi Kinect Video Chat, Facebook dan Twitter. Integrasi Bing ini hanya dioperasikan secara lokal melalui channl Microsoft sendiri (seperti Game Marketplace), dan tidak meng-cover pencarian keseluruhan web. Sedangkan para member Xbox Live Gold juga bakal menikmati tambahan lainnya, termasuk tab “Apps” baru yang menawarkan content berbeda tergantung region, seperti ada video-on-demand baru dan layanan live streaming.

Kemudian ekslusif untuk member Xbox Live Gold adalah fasilitas cloud storage, memungkinkan user untuk menyimpan data save game di cloud storage. Dengan demikian sembarang user bisa log in pada sembarang konsol yang terhubung internet, dan mengambil data save mereka yang tersimpan di cloud storage tersebut.

Antar muka My Xbox LIVE di layar iPhone...

Namun yang paling berarti, update dashboard ini juga dibarengi peluncuran aplikasi pendukung baik untuk iOS dan Windows Phone. My Xbox LIVE untuk semua gadget ber-iOS minimal versi 4.3, serta keseluruhan menawarkan fungsi yang sama seperti dashboard X360 untuk iPhone atau iPad. Dan sebagaimana interface iOS yang bersih, tampilan aplikasi ini pun sejalan dengan soul-nya interface iOS tersebut.

Antar muka My Xbox LIVE di layar iPad...

Melalui aplikasi tersebut, kamu bisa memantau koleksi game dan achievement-mu, melihat content Xbox LIVE, berinteraksi dengan semua temanmu dan bahkan mengedit avatarmu. Seakan membangun jejaring sosialnya sendiri, kamu bisa langsung mengirim pesan ke teman-temanmu. Solusi tuh, selama chatting via kontroller X360 tidak akan nyaman…. Apalagi jika kamu mengakses aplikasi ini via iPad dengan layar lebarnya, pasti lebih mudah ngetiknya.

Xbox Companion... Uniknya Metro, interface-nya memanjang ke kanan...

Kemudian pendamping kedua untuk update dashboard baru tersebut dari Xbox Companion untuk Windows Phone. Seperti biasa, bisa langsung kamu download dari Marketplace dan nantinya mengaksesnya melalui Xbox LIVE hub di dalam Metro-nya Windows Phone. Karena esensinya sudah lebih awal mengintegrasikan Xbox Live, demikian aplikasi ini lebih banyak fungsinya dan makin dalam integrasinya dengan dashboard X360. Mulai fungsi search melalui Bing untuk mencari movie dan TV, memainkan game Xbox Live yang sudah ter-install di konsolmu secara remote, selancar di dalam content Xbox LIVE, yang bahkan lebih mudah dikendalikan karena selama itu kamu mendapatkan kontrol virtual pada layar, seakan merubah,Windows Phone menjadi kontroler tambahan dimana kamu bisa melihat keseluruhan dashboard dengan mudah. Namun tetap untuk bisa nyaman navigasi dashboard melalui Windows Phone, kamu perlukan koneksi yang mumpuni. Disarankan Wi-Fi, namun melalui akses 3G HSDPA atau mobile data juga bisa kok.

Xbox Companion... berlanjut ke sini lho!

Kedua aplikasi tersebut bisa kamu download langsung melalui “pasar aplikasi” masing-masing OS secara cuma-cuma, alias gratisan (linj-nya ada di bawah)! Menjelang datangnya Windows 8, kami makin penasaran seperti apa kagi nantinya fungsi integrasi yang ditawarkan, mengingat Windows baru itu juga difokuskan untuk memainkan game-game X360.

Sayang ya, Android masih belum beruntung untuk yang satu ini… Dan mengingat kompetitor utama Windows Phone itu Android, sepertinya untuk versi Android yang ofisial Microsoft, hanya akan menjadi mimpi di siang bolong.

Download My Xbox LIVE melalui App Store [iTunes]
Download Xbox Companion melalui Windows Marketplace [Marketplace]

Oh ya, berikut ini video bagaimana tampilan baru dashboard X360 dikendalikan melalui perintah suara… keren ya!!


SHARE
Previous articleArkham City Lockdown, Menambah Panjang Daftar Game Mobile Akhir Tahun!
Next articleGet Ready, Spike’s VGA 2011 is tomorrow !!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.