Zigma & Omega Game of the Year 2011… Ayo Tentukan Pilihanmu!!

Salah satu gawe yang digelar oleh majalah Zigma dan Omega setiap tahunnya adalah artikel Game of the Year. Memang mesin game baru tidak dirilis setiap tahun, namun pilihan game, dan aksesoris pendukung memberi warna tersendiri selama 2010 lalu. Seperti bagaimana ketika Kinect dan Move hadir menantang WiiMote. Namun bisa jadi karena apa yang ditawarkan biasa saja, penjualan game sepanjang 2010 tidak sebaik 2009.

Lantas bagaimana dengan 2011 ini? Kita punya 3DS yang hadir sebagai warna baru, dan meskipun PSVita baru 5 hari lagi muncul di Jepang, jelas akan menjadi “gong” penutup dengan impact yang besar bagi industri game, khususnya di Jepang. Sedangkan di sisi software konsol dan PC, banyak sekali pilihan bermutu di sepanjang tahun ini. Kami yakin, tidak ada tahun yang membuatmu lebih sibuk sebagai seorang gamer dibandingkan 2011 ini.

Walaupun 2011 belum berakhir, namun semua dedengkotnya sudah berlaga. Sisa satu sih, ada Final Fantasy XIII-2 serta game-gamenya PSVita. Namun mereka lebih terpaku pada wilayah Jepang saja, sedangkan saat ini kami yakin pasti kamu masih terpaku dengan nama-nama seperti Batman: Arkham City, Skyrim, Portal 2, Skyward Sword, Assassin’s Creed Revelations, hingga MMO yang paling banyak ditunggu, Star Wars: The Old Republic yang bakal hadir 8 hari lagi.

Coba kita lihat lagi, menurut kamu berikut ini selain nama beken di atas yang layak mendapat tempat untuk konsol dan PC, serta hingga mencakup game download serta DLC.

Duke Nukem Forever, Call of Juarez: The Cartel, Sniper: Ghost Warrior, Hunted: The Demon’s Forge, DC Universe Online yang baru dibahas dalam Omega 97 lalu, BRINK, Virtua Tennis 4, Test Drive Unlimited 2, Fallout: New Vegas – Honest Hearts & Old World Blues, Homefront, Operation Flashpoint: Red River, Dungeon Siege III, Darkspore, Red Faction: Armageddon, Two Worlds II, From Dust yang juga berhasil membuktukan jika game download bisa tampil keren, Alice: Madness Returns, Dead Island, Rage, F.E.A.R. 3, The Sims Medieval, Driver: San Francisco, Section 8: Prejudice hingga Dragon Age II yang walaupun tidak sebaik yang pertama, masih cukup menyibukkan banyak pemain hardcore.

Berlanjut kemudian seperti F1 2011, Shift 2: Unleashed, Battlefield 3, Saints Row: The Third, Crysis 2, Amnesia: The Dark Descent, Bulletstorm, Bastion, Dead Space 2, DiRT 3, Call of Duty: Modern Warfare 3, The Witcher 2: Assassins of Kings yang seakan mampu mempermalikan gamer konsol , FIFA 12, Deus Ex: Human Revolution yang menjadi usaha pembuktian Square Enix bahwa magic touch mereka juga mampu merubah sebuah ikon dari Barat menjadi emas (dan memang game tersebut bernuansa warna emas) , NBA 2K12, Total War: Shogun 2, hingga satu nama game sandbox yang mungkin di luar dugaan bisa menjadi favorit dunia, yaitu Minecraft.

Kemudian kita beralih ke Indonesia, juga banyak game online yang dikenalkan di sepanjang tahun 2011 ini. Seperti Allods, Aika, Show Time, Ninja Kita, LAW, Lunia Z, Mix Master, CS Online, FIFA Online Indonesia, Rakion, Gods War, Heroes of Three Kingdom, Battle of Immortals, Avalon, Gun Bound 2, Jade Dynasty, Lost Saga, Freejack, Grand Fantasia, hingga yang berbasis web seperti War 2.

Sedangkan kelas mobile tak kalah ramai. Kami berencana mengelompokkan menjadi satu handheld (yang diwakili keluarga DS dan PSP) dengan game mobile. Secara saat ini game untuk platform mobile seperti Symbian, iOS, dan Android tidak bisa dianggap remeh performanya, seiring dengan makin meningkatnya trend penjualan game mobile melalui pasar aplikasi yang disediakan oleh setiap platform. Untuk kelas “dimana saja” ini, kamu bisa temukan nama-nama seperti Super Mario 3D Land, Ghost Trick, Patapon 3, Pokémon Black and White, Final Fantasy Type Zero,  Infinity Blade II, Shadowgun, Inotia 3, Shadow Vanguard, hingga Angry Birds Rio.

Melihat banyaknya kontestan tersebut, menurut kalian, pada siapakah seharusnya label Game of the Year 2011 untuk konsol, handheld, PC dan game online lokal seharusnya dijatuhkan?

Saya pribadi (dan kebanyakan redaksi Zigma / Omega), untuk konsol begitu tertaruk dengan Skyrim serta Skyward Sword untuk diajukan sebagai kandidat game of the year. Kemudian Portal 2 yang sukses menghadirkan desain level keren, dan skenario yang hebat untuk sebuah game puzzle. Serta Batman: Arkham City yang tanpa diragukan bisa mencuri perhatian sebagai game berbasis superhero terbaik. Assassin’s Creed Brotherhood yang banyak difavoritkan tahun lalu cukup menjadi modal bagi Revelations untuk menang, walaupun kami pribadi merasa kurang banyak inovasinya. Syukurlah, ramuan ceritanya seperti biasa, sangat menarik diikuti.

Bagaimana menurut kalian? Bergabunglah bersama kami dalam artikel khusus ini, dengan meninggalkan comment di bawah (atau melalui halaman fanpage dan Group Zigma / Omega, entah itu pendapat pribadi apa yang seharusnya menjadi Game of the Year, hingga kategori yang seharusnya kita berikan khusus untuk artikel Game of the Year 2011. Dan khusus untuk artikel ini, tersedia merchandise dari kami sebagai reward, jika game pilihanmu dan opininya masuk dalam Zigma #110 dan Omega #98 yang terbit pada 2 Januari 2012 mendatang.


SHARE
Previous articleSerunya Lomba Badminton Ala Agate dan Nokia!
Next article… then, I took an arrow to the Knee?!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.