Animator Indonesia Ambil Bagian di Adventures of Tintin: Secret of The Unicorn!

Sudahkah kamu menonton film animasi Adventures of Tintin: Secret of The Unicorn? Bagaimana menurut kamu kualitas animasi dari film besutan duo sutradara papan atas Peter Jackson dan Steven Spielberg ini? Mungkin banyak atau bahkan sebagian besar dari kamu menganggap bahwa film ini memiliki kualitas animasi yang sangat hebat, bahkan bisa dikatakan hampir realistis. Tapi, tahukah kamu bahwa ada satu nama Animator asal Indonesia yang ikut menggarap film tersebut?

Ya, animator tersebut adalah seorang wanita bernama Rini Sugianto. Rini adalah satu dari sekian banyak orang Indonesia yang sangat menggemari serial Tintin. Karena kecintaannya tersebut, dia rela meninggalkan rumahnya di California, US untuk menerima tawaran mengerjakan animasi film ini di Selandia Baru. Peraih gelar Master dari Academy of Arts di San Francisco ini mengatakan, bahwa sejak kecil memang sangat menggemari Tintin, dan suka membaca bukunya. Itulah sebabnya dia tidak kuasa menolak tawaran yang diberikan oleh Weta Digital Selandia Baru untuk turut dalam proyek film ini.

Ini nih orangnya, Rini Sugianto

Dari sekian banyak animator yang bekerja membuat film ini, Rini memiliki porsi yang paling banyak. Tercatat, sekitar 70 shot dia kerjakan untuk film ini. Tentu hal ini sangat membanggakan, mengingat film ini bukanlah sebuah film yang biasa-biasa saja, melainkan sebuah film Box Office, yang mengangkat dua nama sutradara tenar didalamnya. Bagi dia, bekerja bersama dengan Spielberg dan Jackson adalah sebuah pengalaman yang sangat berharga, meskipun dia mengaku bahwa belum pernah bertatap muka secara langsung dengan kedua sutradara tersebut. Pertemuan dengan Spielberg dan Jackson hanya melalui video conference seminggu sekali dalam sebuah kegiatan yang dia sebut dengan Director Review.

Yang lebih membanggakan lagi, karir Rini di dunia animasi Hollywood tidak berhenti disini saja. Dia mengaku bahwa saat ini dia juga tengah ikut dalam pembuatan animasi The Avengers, film superhero Marvel yang diprediksi juga akan booming di tahun 2012 yang akan datang.

Selamat buat Rini, dan semoga ini bisa memacu para animator dalam negeri untuk bisa menciptakan karya-karya berkualitas dan mengikuti jejaknya!


SHARE
Previous articleInazuma Eleven Go Shine / Dark, Generasi Baru Pun Unjuk Gigi!
Next articleShining Hearts Diadaptasi Menjadi Anime!
Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.