Catfiz, Alternatif Messenger Android Buatan Indonesia!

Bagi kalangan pemakai Android, memang nama Catfiz mungkin masih kalah tenar bila dibandingkan dengan Whatsapp maupun Kakao Talk. Memang tidak mengherankan jika masih banyak pengguna Android yang masih asing dengan nama ini, mengingat Catfiz masih belum “nongol” juga di Android Market. Tetapi ternyata, meskipun belum tenar seperti Whatsapp, Catfiz ternyata menyimpan potensi yang sangat besar untuk menantang Whatsapp lho!

Catfiz, sama seperti Whatsapp adalah sebuah messenger yang bisa digunakan untuk Android. Namun, berbeda dengan Whatsapp yang menggunakan nomor ponsel sebagai ID yang menghubungkan antar pengguna yang satu dengan yang lain, Catfiz menggunakan kombinasi angka dan huruf yang disebut dengan NIC (Nomor Identitas Catfiz) yang sepintas mirip dengan PIN yang ada di BB. Satu user mendapatkan satu NIC yang didapatkan ketika mereka meng-install aplikasi ini. Untuk saat ini memang NIC yang kamu dapatkan masih random mengingat status aplikasi ini yang masih beta. Namun, nantinya kamu bisa memesan deretan NIC cantik yang mudah dihafalkan dengan membayar biaya langganan secara berkala.

Lantas, apa kelebihan Catfiz dibandingkan messenger lain yang ada di Android? Salah satunya adalah konsumsi RAM yang minim. Tentu hal ini membuat Catfiz ramah untuk di-install di gadget yang masuk dalam kategori low end sekalipun. Kelebihan lainnya, hampir semua fasilitas messenger yang jamak kamu temui di aplikasi messenger lain seperti Whatsapp ataupun BBM bisa kamu temui disini antara lain:

  • Broadcast message
  • Pasang status dan memberikan komen serta like pada status orang lain
  • Sharing foto, file, serta kontak
  • Emoticon yang menarik
  • Dan yang penting, aplikasi ini freeware!

Satu fitur lagi yang membuat messenger ini sedikit lebih unggul daripada Whatsapp di Android adalah fiitur untuk melakukan voice chat. Dengan fitur ini, kamu bisa merekam pesan kamu, lantas mengirimkannya kepada lawan bicara dengan bentuk file audio.

Meskipun masih dalam fase beta, namun saya sudah melihat banyak potensi yang bisa diberikan oleh messenger buatan anak negeri ini. Namun, tentu masih banyak hal yang harus dibenahi agar aplikasi ini bisa lebih baik lagi dan mengalahkan Whatsapp yang sampai saat ini masih merajai kategori messenger di Android, seperti tidak adanya penanda bahwa lawan bicara sedang mengetik, serta dukungan untuk platform lain selain Android.

Oiya, aplikasi ini memang masih belum bisa kamu temukan di Android Market. Jadi untuk mencobanya, silahkan download file aplikasinya (dalam bentuk .apk) di www.catfiz.com.