Fresh From The Oven: Xbox Loop Rumor Tidbits

Berbicara mengenai perang konsol memang tidak ada habisnya, ada saja yang menarik dan bisa dibahas untuk disanding-sandingkan. Tidak hanya dibandingkan dengan konsol pesaing, namun juga dengan konsol pendahulunya. Salah satu yang menarik dan tengah hangat-hangatnya dibicarakan ialah kehadiran Loop. Apa itu Loop? Loop adalah sebuah nama yang dipersiapkan Microsoft untuk Xbox generasi berikutnya. Sebuah konsol yang diharapkan dapat menjadi petunjuk akan arah dari perkembangan video game berikutnya.

Informasi bermula dari sebuah blog bernama MS Nerd (Microsoft Nerd) yang mengklaim telah mendapatkan bocoran pertamanya tentang Xbox Loop. Menurutya, generasi ketiga dari konsol Microsoft ini akan memiliki bentuk yang lebih kecil dan harga yang lebih murah. Selain itu, Loop akan lebih berorientasi terhadap pengembangan Kinect (rumor menyebutkan Kinect akan disertakan secara built-in dalam mesin).

Sontak, ketiga kelebihan Loop di atas telah membuat banyak kalangan terheran-heran, bagaimana bisa konsol yang di plot bakal lebih canggih bisa dijual dengan harga lebih murah. Benar tidaknya memang masih sebatas rumor, namun jika hal ini benar, kehadiran Loop patut diperhitungkan bagi para pesaingnya, khususnya Sony yang digadang-gadang juga tengah menyiapkan successor dari PlayStation 3. Berikut detailnya:

Spesifikasi Xbox Loop

Tidak ada yang berani memastikan detail spesifikasi dari Xbox Loop. Dari beberapa rumor yang beredar, besar kemungkinan bahwa Xbox Loop akan menggunakan teknologi canggih berbasis PC high-end. Misalnya dari Processor grafis, Loop kemungkinan akan memanfaatkan teknologi terbaru AMD Fusion Chip berkode “Khrisna” (perlu diketahui, selain “Khrisna” AMD juga mengembangkan satu lagi processor berkode “Wichita” yang tergabung dalam platform “Deccan”).

Sebuah situs bernama Semi Accurate bahkan telah berani menyebut nama chip ini, yakni Obed. Chip Obed dikembangkan oleh dua produsen, yakni IBM yang bertugas untuk mendesain chip ini dan AMD yang mengurusi produksinya. Obed memang mutakhir, menurut perwakilan AMD kemampuan chip ini setara dengan teknologi yang digunakan dalam pengembangan film Avatar produksi James Cameron, bahkan bisa lebih. Obed juga dilengkapi dengan artificial intelligence dan physics capabilities yang lebih tinggi. Dengannya, banyak hal baru bisa terjadi dalam sebuah game, salah satu contohnya adalah membuat pedestrian dalam game GTA untuk lebih berpikir sesuai apa yang mereka mau. Meskipun begitu, banyak orang meragukan dari kehadiran Obed. Salah satunya yang diutarakan Frank Gibeau yang menganggap teknologi maksimal Obed hanya akan sia-sia saja. Pasalnya, banyak developer yang belum bisa memanfaatkan secara maksimal kemampuan Xbox360 dan PS3, apalagi Obed!

Dari sisi RAM Microsoft disebut-sebut akan menggunakan 2GB DDR3 dalam Loop. Cukup bagus untuk saat ini, namun saya sangat meragukannya di selang waktu 2-3 tahun ke depan. Hal yang sama juga dirasakan oleh penggemar Xbox. Mereka berharap Loop wajib memiliki memori berkapasitas 4GB ke atas, mengingat Kinect sendiri yang rencananya akan terpasang secara permanen dalam mesin. Pilihan yang lain ialah disertakannya DDR4 atau GDDR5 di masa mendatang. Tentunya akan sangat menarik melihat spesifikasi Loop yang sebenarnya.

Media Penyimpanan dan Storage

Penggunaan Could Storage (Virtual Storage) diperkirakan akan menjadi alternatif selain HDD, mengacu pada keberhasilan Steam dengan system OnLive-nya. Atau bisa jadi kombinasi keduanya, dimana Loop bakal dibekali dengan hardisk internal yang cukup mumpuni dengan ditunjang hardisk virtual. Namun, Microsoft sepertinya tetap tidak bisa mengabaikan media berbentuk fisik.

Untuk Disc Format, beberapa opsi yang mencuat adalah digunakannya Blu-ray (meskipun Microsoft telah terlanjur menolaknya), sebuah flash drive, atau mungkin kebangkitan kembali dari HD-DVD yang telah mati sebelumnya. Banyak kemungkinan bisa terjadi.

The Controller

Banyak kalangan memprediksi tidak banyak hal yang berubah dari kontroler Xbox Loop. Mengingat kepopuleran yang telah diraih Kinect, Microsoft kemungkinan besar bakal lebih menseriusinya. Jika benar Xbox Loop bakal menyertakan Kinect secara built-in di dalamnya, game-game Loop bisa jadi bakal support Kinect semua. Microsoft kabarnya juga tengah menyiapkan Kinect HP2 (High Precision 2) untuk menemani kehadiran Xbox Loop.

Lalu bagaimana dengan Gamepad? Saya yakin Microsoft tidak akan meninggalkannya. Beberapa game masih membutuhkan kontroler stik. Atau yang paling pas, Microsoft bisa mengkombinasikan secara maksimal penggunaan gamepad dan motion sensor dalam sebuah game.

Lalu, Kapan Dirilisnya?

Untuk kapannya tidak ada yang dapat memastikannya, mengingat Microsoft sendiri yang masih bungkam hingga saat ini. Namun banyak kalangan memprediksi bahwa Xbox Loop akan dirilis di kisaran tahun 2014-2015. Hal ini mengacu pada kondisi saat ini dan pemberitaan Microsoft sebelumnya yang menyebut bahwa umur Xbox360 hanya berkisar 10 tahunan. Tidak salah jika banyak pihak lebih memilih tahun 2015 sebagai tahun yang pas bagi Microsoft untuk merilis Xbox Loop.

Untuk saat ini banyak gamers yang masih enjoy dengan keberadaan Xbox360 dan PS3. Hal ini terbukti dari hasil survey yang dilakukan oleh lembaga pemerhati game. Padahal Xbox360 sendiri sudah berumur 7 tahunan saat menginjak tahun depan. Survey ini juga yang mendasari prediksi banyak kalangan bahwa Loop tidak mungkin dirilis dalam waktu dekat. Bahkan para retailer-retailer besar di Amerika telah meminta langsung kepada Sony dan Microsoft untuk tidak merilis konsol-konsol terbaru mereka sebelum tahun 2014 datang.

Meskipun masih lama, banyak developer yang telah berlomba-lomba menyiapkan diri mengantisipasi kedatangan Xbox Loop. Beberapa diantaranya adalah Square Enix yang berencana membuka studio game keduanya di Kanada pada tahun 2012. Berikutnya ada Treyarch (pengembang Call of Duty) yang secara terang-terangan telah membuka lowongan baru untuk proyek game Xbox Loop. Bahkan developer Crytek sendiri telah mengkonfirmasikan bahwa saat ini mereka tengah disibukkan dengan proyek Time Splitters 4 untuk konsol generasi mendatang.

Update: Berdasarkan kabar terbaru yang saya peroleh dari Edge Magazine menyebutkan bahwa Microsoft berencana memperlihatkan Xbox Loop pada perhelatan CES 2012 dan bakal merilisnya pada akhir tahun. Jika hal ini benar, maka kemungkinan besar Microsoft berniat untuk mencuri start lebih awal lagi dari PlayStation 4 Sony dengan memberi kejutan pada publik. Surprise..surprise…


SHARE
Previous article25 Best Video Game Music
Next articleMax Payne 3, Setelah Tertidur Delapan Tahun, Max Kembali Dengan Wajah Baru
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.