Real Racing 2 Masuk Android Market… The Real Driving Simulator Kelas Mobile!

Tidak kaget dengan berita satu ini, karena sudah satu tahun Real Racing 2 bercokol di App Store-nya Apple. Sudah cukup kenyang didownload, waktunya dialihkan ke platform lain. Dan yang kebagian adalah Android. Masih bisa dikatakan beruntung, karena Real Racing pertama sendiri tidak mendapat lampu hijau masuk platformnya Google tersebut.

Sedikit pengenalan, Real Racing pertama banyak dianggap sebagai game racing terbaik yang pernah ada untuk iOS. Game garapan Firemint ekslusif iOS tersebut awalnya dirilis untuk iPhone serta iPod Touch, dan kemudian muncul versi HD untuk iPad dengan grafis yang terlihat makin realistis. Banyak yang menyukai cara Firemint menyeleksi pilihan mobilnya. Bukan sekadar sedan atau hatchback yang biasa kamu temui dalam game racing, di sini juga ada muscle car hingga exotic car, yang agak aneh dibuat balapan di track beraspal. Memang pilihannya terbatas, dibandingkan Asphalt 6: Ardenaline dari Gameloft misalnya. Hanya ada 48 mobil, 12 lintasan, serta mode game yang familiar – career, quick race, serta time trial, yang banyak disukai karena terhubung dengan online leaderboard menggunakan teknologi Cloudcell dari sang developer. Untuk game pertamaya ini, Firemint membatasi hanya 6 pemain saja bisa berpacu bersama secara online multiplayer.

Sekuelnya, Real Racing 2 dirilis Firemint pada 20 Desember 2010 lalu untuk iPhone dan iPod touch. Ada pengembangan, dan kemunduran. Untuk pertama kali, Firemint berhasil mendapatkan lisensi mobil nyata untuk mempertegas kata “real” yang menjadi fokus judulnya. Namun jumlahnya hanya 30 saja, dan terpilih dari merk terkenal seperti misalnya BMW dan Chevrolet. Selain itu, makin membuat tampilannya lebih memukau, Firemint menggunakan engine mereka sendiri yang disebut Mint3D. Ketika dirilis versi iPad-nya 11 Maret 2011 lalu, makin terlihat kemampuan engine tersebut. Saat itu, game ini dijual seharga US$6.99 di App Store. Namun saat ini, ketika juga dilepas untuk Android, versi iOS ini diturunkan harganya menjadi hanya US$0.99 saja!

Mencoba memainkan versi Android-nya, menurut saya kualitasnya sama seperti versi iOS. Mulai di awal permainan, kamu diberi uang saku $25,000 yang bisa dibelanjakan untuk Volkswagen Golf GTI Mk6 atau Volvo C30 R-Design, dan juga bisa mengganti nama dan avatar. Sesuai slogan real, perjalananmu di game ini juga bertahap, karena memang lebih berkesan simulasi – mungkin mencoba tampil seperti Gran Turismo ya!? Mulai kelas “Club Division,” selesaikan goal-nya, kemudian beranjak ke championship selanjutnya hingga mencapai kelas terakhir, Grand Finale. Mobil yang bisa kamu pilih diantaranya, 2010 Chevrolet Corvette C6.R, 2006 BMW Z4 M Coupe Race Car, dan 2010 Ford Shelby Mustang GT500. Namun dengan menyelesaikan keseluruhan gamenya, kamu bisa membuka McLaren F1 GT. Mereka muncul dengan spesifikasi aslinya, dan sepanjang permainan performanya dibuat seotentik mungkin. Jangan harap bisa menyentuh tombol turbo di sini ya… !!

Kekuatan utama Real Racing adalah paduan yang pas antara single player-nya, bagi mereka yang berharap bisa merasakan perjuangan balapan dari kelas terendah, hingga akurasi pengendalian setiap mobil. Pilihan mobilnya memang lebih sedikit, hanya 29 mobil berlisensi, namun dibuat se-real mungkin, dan perbedaannya bisa terasa jelas. Skill berkendara pun mutlak dibutuhkan, seperti melakukan drift yang pas saat belok, kamu perlu menyelaraskan timing kapan mengurangi kecepatan, menyentuh rem dan menggerakkan kemudi/memiringkan Droid-mu (jika pengendalian menggunakan sensor gerak). Dan saya sangat menyukai ketika berhasil merasakan, memang setiap mobil dibuat benar-benar berbeda. Oh ya, tetap ada unsur kustomisasi menghamburkan uang untuk membeli part upgrade. Namun mendapatkan uang tidak semudah di Asphalt 6 misalnya. Jadi harus dibelanjakan dengan bijak.

Satu lagi, mode online multiplayer-nya mendukung hingga 16 pemain di sini. Namun untuk versi Android ini, developer belum menerapkan fitur online tersebut. Selain online yang lebih luas, masih ada juga online lokal via bluetooth atau Wi-Fi, yang mendukung 8 pemain. Kemudian setelah men-download game ini dari Market, dengan ukuran sekitar 2MB, kemudian plus 600 MB data, ketika dimainkan melalui Galaxy S II, selalu hang di tengah race, dan kemudian keluar dengan sendirinya. Sepertinya sementara ini kurang kompatibel dengan GPU-nya Galaxy S II, karena user dengan Droid tipe lain tidak mengalami kejadian serupa. Hanya ada beberapa melaporkan, grafisnya di render dengan buruk.

Sayang sekali ya, padahal grafisnya keren sekelas konsol, namun banyak bug di awal perilisan versi Android-nya. Semoga segera dirilis versi barunya dengan perbaikan berbagai bug yang ada. Jadi sementara ini, kamu tunggu saja perkembangan versi barunya, karena di Android Market juga masih versi awal yang dirilis 21 Desember 2011 lalu. Daripada terlanjur download, ternyata juga hang di tengah permainan. Namun jika tetap ingin mencoba, download saja, gratis kok, alias shareware, dan kamu nanti perlu membelinya untuk mendapat akses keseluruhan fiturnya. Dan tetap disarankan men-download datanya melalui koneksi Wi-Fi, karena 600MB bisa dengan mudah menguras paket data operator.

Untuk bisa mendapatkannya, langsung saja masuk ke Real Racing 2 di Android Market.
Sedangkan versi iOS-nya bisa kamu akses melalui App Store.
Atau pengen tahu lebih banyak, bisa masuk website ofisialnya Firemint.

 


SHARE
Previous articleDC Universe Online, Rasakan Serunya Menjadi Hero dan Villain Generasi Baru!
Next articleThe Darkness 2 Mengembalikan Jackie… Dan Tidak Hanya Dengan Dua Lengan!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.