HD Remake… Is HD Remake The Next Big Thing?

Bagaimana menurut kamu,apakah HD remake akan menjadi tren berikutnya di dunia game, menyusul DLC, dan motion controlled games? Saya sendiri berpendapat ya, paling tidak ya sebesar 80%. Mengingat betapa gencarnya para developer merilis game remake HD, dan melihat bagaimana gamer menyambutnya dengan positif, bisa saya katakan bahwa HD remake akan terus ada untuk waktu yang lama. Pertanyaan pentingnya sekarang adalah, apakah HD remake ini berdampak positif atau negatif bagi dunia game.

Ada banyak pendapat mengenai hal ini, dan semuanya cukup beralasan. Yang menentang game HD remake beranggapan bahwa game HD remake sebenarnya hanyalah akal-akalan developer untuk mendapat uang dengan mudah dan menghambat kretivitas. Sementara itu yang membela game HD remake mengatakan bahwa ini adalah salah satu cara untuk mempertahankan game klasik dan juga mengatasi masalah backward compatibilty.

Saya kira tidak ada pihak yang benar maupun salah, karena memang jika tidak dikerjakan dengan benar, game HD remake bisa dibilang menghalangi kreativitas, dan hanya sebagai sarana untuk mengeruk uang gamer. Tapi jika dikerjakan dengan serius, game HD Remake justru bisa membangkitkan franchise lama yang terkubur, mampu mengembangkan kreativitas, dan memberi kesempatan bagi lebih banyak orang untuk menikmati judul-judul game klasik. Lalu apa yang harus dilakukan developer agar mampu membuat game HD remake yang layak main. Yang pertama-tama adalah jangan sekedar meningkatkan resolusi dari suatu game remake. Jika tidak ada perubahan dalam tekstur, polygon, dan efek pencahayaan, resolusi yang lebih tinggi juga tidak ada gunanya. Yang kedua adalah sertakan berbagai fitur yang tadinya tidak sempat disertakan di versi awal, atau sertakan fitur baru yang banyak diminta fans. Penambahan quest, jalan cerita, dan berbagai misi bonus juga adalah salah satu hal yang patut diperhitungkan dalam game HD remake. Dan yang terakhir adalah, usahakan game tersebut dirilis juga di konsol yang sebelumnya tidak memiliki game tersebut. Salah satu game yang bisa dibilang memenuhi syarat ini adalah remake dari Zone of Enders yang rencananya akan dirilis untuk Xbox 360 dan PS3. Selain digambar ulang, ZOE HD Collection juga akan menyertakan berbagai fitur baru seperti misalnya kemampuan untuk melakukan Transfarring, dan pastinya ini adalah kali pertama pemiliki Xbox 360 bisa memainkannya. Jadi game HD remake sebenarnya juga bisa memiliki kualitas yang tidak kalah dari game baru, asal dikembangkan dengan benar.


SHARE
Previous articleBlackBerry PlayBook… Tablet Pilihan Paling Worthed Dengan Budget 2 Jutaan?
Next articlePersona 4 The Golden Menambah Masa Keemasan Franchise Persona 4
Wadah Gamer dari beberapa generasi, yang mencoba mengekspos hobi video game dari banyak sisi. Dengan tidak melulu game, Duniaku bisa menunjukkan pada khalayak, bahwa Gamer dan video game, adalah hobi yang tidak terbatas.