Interview Eksklusif Kreator Dunia Vandaria

Mas Ami bersama Wirya dan Ardani saat talkshow di acara Surabaya Choco Days bulan Oktober 2010 lalu

Sebenarnya dunia Vandaria ini sudah dikenalkan oleh mas Ami Raditya melalui RPN berjudul Holy Knights yang ada di majalah Ultima sepuluh tahun lalu. Kemudian muncul lagi RPN lainnya berjudul Frameless Orb, dan lima tahun lalu dirilislah produk TCG berbasis dunia Vandaria, Vandaria Wars. Dari VW inilah komunitas VW terbentuk, dan juga mulai bermunculan ide untuk memperkuat dunia Vandaria.

Ide tersebut muncul di benak mas Ami saat beliau diundang ke event BlizzCon 2010 lalu, dimana pihak Blizzard ingin masuk ke pangsa pasar Indonesia. Tapi mas Ami sendiri merasa sedikit janggal, karena pihak industri kreatif di Indonesiasendiri (pembuat novel, pembuat game, ilustrator, komikus, dan lain-lain) merasa tidak bisa hidup di Indonesia. Beliau menanyakan apa rahasia Blizzard bisa sukses menggaet fanbase yang luar biasa besar, padahal mereka hanya memiliki tiga serial game saja (Warcraft, Diablo, dan StarCraft).

Jawabnya tak lain adalah dunia (universe) yang kuat, sehingga dari situlah mas Ami mulai memikirkan bagaimana menjadikan Vandaria ini sebagai sebuah IP (intellectual property) yang diidolakan oleh masyarakat Indonesia maupun internasional, dengan cara mempersatukan berbagai disiplin industri kreatif dalam satu universe Vandaria. Hal ini menjadi goal jangka pendeknya, sedangkan goal jangka panjangnya adalah untuk memproteksi market Indonesia dari gempuran produk-produk kreatif asing dan menciptakan market luas bagi praktisi industri kreatif Indonesia. Mari menghijaukan negeri kita sendiri. Mari mengkristal bersama Vandaria!

Simak video interview eksklusif dengan mas Ami di bawah ini , atau kamu bisa mengunjungi channel DuniakuDV di sini.

http://youtu.be/4NoM3hEPzDA


SHARE
Previous articleNeed For Speed; The Run, Sayang Lebih Buruk Dari Seri Sebelumnya
Next article10 Most Anticipated Movie in 2012!
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.