10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen

Konsol Next-Gen sudah didepan mata. Antara Microsoft dan Sony saling beradu kembali dibidang konsol. Masa sih jika sudah berpindah ke konsol baru, fitur yang disediakan untuk para pemain masih sama dengan fitur konsol sebelumnya? Nah untuk itu, kita boleh donk berangan-angan fitur baru apa yang diharapkan bisa muncul di konsol generasi berikutnya? Simak artikel berikut

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen

Kita semua mengetahui bahwa konsol generasi berikutnya yaitu PlayStation 4 dan XBox 720 nantinya pasti akan dirilis. Dan kita juga sudah mengetahui bahwa PS3 dan X360 masih banyak sekali kekurangan. Dengan demikian, boleh donk kita berandai-andai apa saja fitur inovasi yang akan dipakai Sony dan Microsoft untuk konsol generasi berikutnya? Nah, berikut rangkuman 10 inovasi yang diharapkan dapat terpenuhi di konsol berikutnya:

1. CLOUD STORAGE

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Yup, yang diharapkan pertama kali adalah sistem Cloud Storage (penyimpanan data secara online), dimana kita bebas menyimpan data secara 3rd party dimana konsol hanya berperan sebagai drive saja. Jadi kita tidak memerlukan Hard Drive. Semua game, save data, serta data-data lain di masa depan diharapkan bisa diakses dimanapun kita berada secara instan tanpa harus membawa HD external, Disk, dan lain-lain.

Sebenarnya sistem Cloud Storage sudah diterapkan di PS3 dan X360. Hanya saja masih minim, yaitu hanya save data-nya saja yang dapat disimpan.

Jika Window Phone 7 yang memiliki koneksi bersatu dengan XBox Live dan Gametag serta Sony Erricson's PlayStation phone, Xperia dapat memberikan 50GB storage online secara gratis. Seharusnya konsol Next-Gen dapat porsi lebih untuk hal ini.

2. COMPLETE ONLINE RETAIL

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Melihat perkembangan game-game Download yang size-nya makin besar dan kualitasnya juga tidak kalah dengan game-game retail, tidak salah bukan kalau seluruh game-game retail dijadikan online retail? Misalnya saja lewat Steam atau menciptakan platform lain yang memiliki service lebih baik. Dengan demikian kita tidak perlu susah-susah mencari game baru di toko-toko terdekat, langganan kita, atau toko online di forum-forum Indonesia.

Keunggulannya dengan membeli langsung secara online, kita akan mendapatkan harga yang jauh lebih murah. Coba bayangkan, jika kita membeli game di toko terdekat sudah dipastikan toko tersebut memberikan harga yang sudah ditambahkan dengan biaya pengiriman serta laba yang diinginkan toko tersebut bukan?

3. AUTOMATIC (and Fewer) UPDATE

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Saat menyalakan mesin, ingin bermain game, tiba-tiba ada firmware versi baru yang harus di update.. Benar-benar menjengkelkan. Sudah di-update, beberapa hari kemudian harus update lagi. Cape deh..

Hal diatas memang sangat-sangat menyebalkan. Yang diinginkan kedepannya untuk konsol Next-Gen adalah Automatic Update, dimana kita tidak perlu menunggu Loading Bar yang mengganggu saat kita bermain. Jadi bagi kami yang tidak update pun dapat login ke akun kami di PSN atau XBLA berikutnya.

4. MODS!!

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

"Hoi.. Elder Scrolls keren lho.. Banyak sekali mods yang bisa kamu unduh secara gratis, jadi kamu nanti tidak bosan saat bermain. Soalnya kamu bisa kustom sendiri game kamu!" Waktu bermain di konsol, ternyata ga ada mods yang bisa dipake secara gratis.. Cape de..  Untuk game lain, kostum alternatif, Map, Texture harus membeli melalui DLC (itupun jika tersedia), kita tidak bisa edit sendiri.

Hal ini sedikit menjengkelkan, para pemain konsol amat sangat iri dengan pemain PC yang bisa meng-kustom sendiri game mereka dengan Mods bahkan mereka bisa mengunduh tanpa biaya apapun. Yang diharapkan untuk konsol Next-Gen adalah perbanyak Mod!! Dan PSN dan XBox Live berikutnya diharapkan dapat mendukung para Modder dengan memberikan layanan penyimpanan Mod yang dapat diunduh oleh pemain lain secara gratis.

5. STRONGER VOICE CODEC

[/caption]

Langkah XBox Live untuk meningkatkan Voice Codec memang sebuah langkah yang mengesankan. Apalagi Microsoft telah mengakuisisi Skype yang memang membidangi Internet Calling. Seharusnya, dengan banyaknya penunjangan dalam sistem Internet Calling, konsol berikutnya memiliki Vioce Codec yang sempurna dan memberikan suara yang jernih. Untuk kedepannya kami tidak mau memakai Headset saat bermain Online dengan suara yang dapat memecahkan telinga kami karena suara yang dihasilkan tidak jernih. Hal ini juga harus diperhatikan Sony dalam menangani konsol berikutnya.

6.EXPANDED ACHIEVEMENT

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Mungkin Achievement yang kalian kumpulkan dari game-game PS3 dan X360 yang lalu, semata-mata hanyalah untuk kesenangan dan kepuasan pribadi belaka. Kamu bisa bangga dengan men-share jumlah Achievement yang kamu kumpulkan melalui PSN atau XBox Live ke Facebook misalnya. Memang sih hal ini menarik, tetapi tidak semua orang mau mengumpulkan Achievement tersebut secara lengkap.

Yang kami harapkan, Achievement berupa trophy atau sebagainya masih muncul untuk konsol Next-Gen. Namun kami juga menginginkan sejumlah hadiah yang bisa didapatkan ketika kami telah mengumpulkan Achievement tersebut. Misalnya saja, dengan mengumpukan Achievement, kita akan mendapatkan Achievement Point. Poin ini nantinya bisa ditukarkan dengan Kostum Alternatif, Map, Senjata, atau hal-hal lain yang berhubungan dengan game. Bukankah hal ini lebih menarik dibanding hanya mengkoleksi Achievement saja?

7. BACKWARD COMPABILITY

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Mengingat penurunan sistem Backward Compability di setiap generasi konsol, masalah ini merupakan salah satu yang harus diperhatikan. Kita ingin bermain game lama, tetapi kamu tidak bisa memainkannya di konsol yang baru. Bukankah hal ini sangat menjengkelkan?

Mungkin di PSN dan XBLA kita bisa menikmati game jadul dengan HD remake. Namun tidak semua game di-remake bukan? Hehe..

8. MORE NON-GAME GAMES

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Maksudnya dari non-game games adalah sebuah game yang menampilkan hal-hal yang berkaitan dengan kehidupan nyata dan sebenarnya tidak ada hubungannya dengan game. Misalnya, game-game untuk para pemain yang tidak bisa pergi ke Gym untuk berlatih bisa berlatih di rumah dengan bermain game YourShape Fitness atau bagi yang jarang keluar rumah untuk berolah raga bisa memainkan game EA Sport Active.

Game-game seperti inilah yang diharapkan bisa berkembang di konsol berikutnya. Sebenarnya tidak hanya kategori olah raga saja. Untuk game bertema musik, edukasi anak-anak, serta hal-hal diluar game lainnya sangat amat jarang ditemui. Padahal sebenarnya dengan game-game seperti ini, mereka bisa terbantu lebih banyak dan memperkaya pengetahuan lebih.

9. NO MORE MICROSOFT POINT

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Salah satu hal yang paling membuat pemain X360 malas untuk mengunduh DLC atau game-game Download dari XBox Live adalah sistem pembayarannya menggunakan Microsoft Point (MSP). Coba lihat saingan abadinya, PSN yang lebih fleksibel dalam sistem pembayarannya. Melalui PSN pemain bisa menambahkan dana yang ada dalam akun sesuai dengan yang diinginkan sehingga tidak menyisakan dana waktu membeli produk (game atau DLC). Namun dalam XBLA, pemain pasti akan menyisakan poin ketika melakukan pembelian. Misalnya pemain A menyisakan 80 poin saat melakukan pembelian, berarti pemain A menyisakan US 1$ dan jumlah tersebut tidak bisa diambil karena harga minimal untuk DLC saat ini adalah US 4$ kan?

10. BETTER MOTION TECHNOLOGY

10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen[/caption]

Jangan salah sangka dulu terhadap yang satu ini. Sebenarnya Move dan Kinect merupakan produk motion technology yang sangat maju, bahkan lebih baik dari Waggle milik Wii. Namun semakin maju jaman, semakin maju pula teknologi kan? Yang kami harapkan kedepannya adalah memberikan motion technology yang lebih maju. Sebab, jika kita mengganti konsol yang lebih baru dan harus membeli kontroler sensor gerak baru yang teknologinya masih sama dengan yang terdahulu, bukannya hanya membuang uang?

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU