Fantasy Fiesta 2011, Antologi Cerita Fiksi Fantasi Terbaik Indonesia!

 

Fantasy Fiesta 2011

Mungkin banyak yang tidak tahu mengenai Fantasy Fiesta 2011, tapi hal tersebut menjadi sebuah capaian luar biasa bagi komunitas penggemar fiksi fantasi lokal Indonesia. Seperti yang saya tuliskan di awal, Fantasy Fiesta 2011 adalah antologi atau kumpulan cerita-cerita pendek bertema fiksi fantasi dari beberapa penulis lokal. Sejatinya, Fantasy Fiesta ini adalah lomba cerita pendek fantasi yang diprakarsai oleh Kastil Fantasi, blog yang mempertemukan para penggemar dan penulis fiksi fantasi Indonesia (kamu bisa mengunjungi blog-nya, website-nya, atau ikut berkecimpung di dalam forumnya).

Nah dari perlombaan itulah cerita-cerita fantasi terbaik dikumpulkan, dan dibukukan menjadi satu, yang berjudul Fantasy Fiesta. Fantasy Fiesta 2011 adalah buku kedua yang diterbitkan oleh Adhika Pustaka setelah buku pertamanya yakni Fantasy Fiesta 2010. Sebenarnya lomba Fantasy Fiesta itu sendiri telah diadakan sejak tahun 2009, dan sepertinya menjadi tradisi di Kastil Fantasi sehingga diadakan tiap tahunnya.

Pada awalnya di tahun 2009, Fantasy Fiesta hanya diikuti oleh 16 penulis saja, dan meningkat pada tahun 2010, yang diikuti oleh 74 penulis. Jumlah ini meningkat drastis di tahun 2011, dimana Fantasy Fiesta diikuti oleh 332 penulis! Wow, peningkatan yang luar biasa, dan itu bukti bahwa penggemar fiksi fantasi ternyata banyak sekali diIndonesia.

Pastinya dari sekian banyak karya cerpen, ada para juri yang menentukan siapa pemenang dan karya mana yang menjadi karya terpilih, dan nantinya dimasukkan ke dalam buku Fantasy Fiesta. Ada tiga orang juri di lomba Fantasy Fiesta ini, mereka antara lain RD Villam, Dian K. (penulis Zauri: Legenda Sang Amigdalus), dan Bonmedo Tambunan (penulis Xar & Vichattan: Takhta Cahaya dan Xar & Vichattan: Prahara). Mungkin ada beberapa di antara kamu yang sudah membaca karya-karya para juri ini?

Fantasy Fiesta 2010

Untuk bukunya sendiri, Fantasy Fiesta 2010 (yang tentu saja dirilis di tahun 2010 akhir) berisi 15 cerpen karya dari lomba Fantasy Fiesta 2010, dua cerpen Fantasy Fiesta 2009, dan tiga cerpen dari para juri. Sedangkan untuk Fantasy Fiesta 2011 berisi 17 karya terbaik dari lomba Fantasy Fiesta 2011 dan tiga cerpen karya juri. Ke depannya, pihak Kastil Fantasi akan tetap meneruskan lomba Fantasy Fiesta ini, dan diprediksi bakal lebih banyak penulis baru yang unjuk gigi untuk berpartisipasi dalam lomba tersebut. Untuk saat ini, buku Fantasy Fiesta 2011 sudah beredar di toko-toko buku di daerah Jakarta dan sekitarnya, untuk kota-kota lain diperkirakan sudah bisa dibeli pada bulan Januari ini. Saya sendiri sih juga ingin membeli dan membacanya kalau sudah tersedia di toko buku di Surabaya. Mungkin saja saya nanti akan membuat ulasannya kalau sudah membacanya hehe.

Fantasy Fiesta 2011 kembali mengajak Indonesia untuk berani menuangkan mimpi. Dua puluh cerita terbaik dari para penulis fiksi fantasi Indonesia, dipersembahkan kepada mereka yang selalu merindui tanah angan.

 

Terima kasih untuk mbak Melody, mbak Truly Rudiono, mbak  Dian, dan mas  Bonmedo Tambunan.


SHARE
Previous article10 Inovasi Yang Diharapkan Untuk Konsol Next-Gen
Next articleRockstar Games Memamerkan Screenshot Pertama “MP” Max Payne 3
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.