Zigma Game of the Year Award 2011… Special Achievement

Photobucket

Dan ini pun juga sudah menjadi tradisi Zigma dan Omega, memberikan penghargaan spesial di luar kategori yang biasa. Jika sebelumnya kami menggabungkannya berdasarkan platform, maka kali ini dengan begitu banyaknya achievement yang tercapai dalam dunia game sepanjang 2011, kami berikan lebih banyak achievement yang berhasil dibuka oleh nama-nama yang tersebut berikut ini.  

Best Developer of 2011: Bethesda

Photobucket

Siapa sih yang tidak mengenal Bethesda, developer yang bertanggung jawab untuk Fallout 3 dan seri Elder Scrolls ini memang sedang naik daun di tahun 2011. Bukan hanya berhasil membuat Skyrim menjadi game terbaik tahun ini, Bethesda juga sempat mem-publish beberapa game papan atas seperti RageBrink, dan juga Hunted the Demon’s Forge. Jika saja Mass Effect 3 jadi dirilis tahun ini, mungkin penghargaan developer terbaik ini akan lolos dari genggaman Bethesda. Tapi mengingat Mass Effect 3 ditunda sampai tahun depan, dan mengingat betapa fenomenalnya Skyrim, maka Bethesda layak untuk menjadi yang terbaik tahun ini.

 

Best Publisher of 2011: Ubisoft

Photobucket

Mulai dari From Dust hingga Assassin’s Creed: Revelations, rupanya tahun ini Ubisoft banyak menuai pujian dan skor tinggi untuk game-game yang dirilis. Game dari Rocksmith banyak mendapat predikat sebagai game dengan hardware terbaik, From Dust juga banyak diganjar sebagai game digital dengan konsep yang orisinal, kemudian Driver: San Francisco sebagai salah satu best racing game, dan tentu saja Assassin’s Creed: Revelations yang menurut kami masih layak masuk sebagai kandidat best action/adventure game. Memang tidak bisa dipungkiri bahwa Ubisoft merupakan salah satu publisher yang cukup berpengaruh di dunia game modern saat ini. Selain konsol dan handheld, namanya juga berkibar… game-game HD terlaris di market digital Android, Symbian atau iOS juga banyak dipenuhi oleh game mereka.

 

Best Game No One Played: Rayman Origins

Photobucket

Tidak sedikit game yang diharapkan saat promo muncul sebagai game yang jelek pada saat rilis. Namun ada juga yang sebaliknya, contohnya saja Rayman Origins. Game ini sangat bagus dan menyenangkan namun sayang, tidak banyak yang memainkannya. Bahkan jujur, redaksi juga terkecoh dengan preview serta demo awalnya, namun ternyata uapik gamenya…  Selain itu Shadows of the Damned, yang hanya terjual 200 ribuan kopi saja walaupun cukup bagus dan datang dari team developer impian, bisa masuk dalam kategori Best Game yang sayang tidak besar di pasaran.

 

Best Soundtrack of 2011: Bastion

Photobucket

Game pertama Supergiant Games ini mendapat pujian karena banyak faktor, terutama dari narasinya Logan Cunningham, dan kemudian musiknya Darren Korb yang enak didengar dan memorable. Penggunaan vokal pada beberapa track-nya juga begitu pas dijajarkan dengan narasinya.

 

Best Narrative/Story: Bastion

Photobucket

Alur cerita dari Bastion mudah untuk diikuti. Alasannya adalah Bastion hanya menampilkan sedikit karakter dan juga banyak penjelasan dari narator saat permainan dimulai, membuat cerita semakin jelas dan terfokus kepada sang tokoh utama yang ingin menyelamatkan dunianya yang hancur. Selain itu, bahasa yang digunakan juga tidak panjang lebar dan mudah dimengerti oleh pemain. Oh ya, mengingat Bastion ini hanya tersedia dalam format digital download, menjadikannya juga pas mendapat penghargaan, game terbaik yang hanya bisa di-download!!

 

Best New Technology in Video Game: MotionScan (L.A. Noire)

Photobucket

Tak bisa dipungkiri, teknologi motion capture yang bernama MotionScan  ini merupakan teknologi yang paling canggih hingga saat ini. Dengan menggunakan kamera 32 HD, kamera tersebut bisa menangkap gambar sesuai dengan aslinya tanpa harus memakai pakaian spesial untuk aktor yang akan diambil bentuk wajah atau tubuh-nya. Teknologi ini pertama kali digunakan dalam pembuatan L.A. Noire. Selain MotionScan, kami juga mencatat engine Frosbite 2.0 yang juga merupakan salah satu teknologi canggih lainnya, karena berhasil menampilkan gambar dengan kualitas wah melalui Battlefield 3!

 

Best Multiplayer Experience: Battlefield 3

Photobucket

Peta yang super luas, puluah orang sekaligus, mobil, tank, helikopter, pesawat, butuh apalagi? Semuanya ini bisa kamu nikmati di Battlefield 3. Belum lagi pemandangan yang bisa kamu nikmati ketika berada di dalam cockpit pesawat, wuih… benar-benar 4 jempol.

 

Best Game To Play With your Friend: Portal 2

Photobucket

Kamu bahkan tidak memerlukan mode multiplayer untuk bisa menikmati game ini dengan teman. Selain bisa sama-sama berpikir untuk memecahkan puzzle, mendengarkan narasi dari game ini seolah menonton sitkom sekelas Friends.

 

Best Male Performance: Aaron Staton as Cole Phelps (L.A. Noire)

Photobucket

Dengan pengalamannya sebagai aktor untuk belasan film baik itu di layar lebar maupun layar kaca, Aaron sebagai Cole Phelps dalam L. A. Noire memang layak menyandang gelar best male performance. Tidak hanya sekedar meminjamkan mimik wajah dan gerak tubuh saja, ia juga membawakan karakter Cole dengan sangat baik dalam game. Pria yang memiliki satu anak ini ternyata juga seorang penulis untuk film pendek berdurasi tujuh menit berjudul Boy Meets Girl pada tahun 2010 lalu. Ia juga   ikut andil sebagai salah satu aktor di dalam film Mad Men.

 

Best Female Performance: Emily Rose as Elena Fisher (Uncharted 3: Drake’s Deception)

Photobucket

Sosok dari seorang jurnalis cantik, berkharisma, berani dan cerdas bernama Elena Fisher dari game Uncharted 3: Drake’s Deception ini diperankan dengan sangat sempurna oleh Emily Rose yang juga menjadi acuan model untuk Elena Fisher. Wanita lulusan Vanguard University of South California ini juga mahir dalam hal Equestrian atau menunggang kuda. Selain dalam Uncharted 3, Emily juga berperan sebagai Elena dalam Uncharted 2: Among Thieves. Wanita yang lahir tanggal 2 Februari tahun 1981 ini kini tinggal diLos Angeles bersama suaminya sejak tahun 2010 lalu.

1
2
3
4

SHARE
Previous articleZigma Game of the Year Award 2011… Top Games by Genre
Next articlePanic UFO Panic, Developer Independen Mulai Unjuk Gigi!
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.