Zigma Game of the Year Award 2011… Top Games by Genre

Photobucket

Sesuai dengan banyak permintaan pembaca, maka untuk Game of the Year kali ini kami juga membuat pengkategorian berdasarkan genre. Memang sebenarnya membagi berdasarkan genre agak rancu, karena perkembangan game saat ini kian kompleks. Ada RPG yang menjadi lebih ke arah action, atau fighting yang juga memasukkan unsur action adventure… Namun kami tetap pada patokan awal genre yang umum dikenal. Mulai Action Adventure, Shooter (sepertinya tahun depan bisa kita bagi menjadi third-person dan first-person), Role-playing Game (alias RPG), Fighting, Sports, Racing hingga Platformer… Dan berikut ini nominasi tiap genre dari kami, dan game apa yang layak menjadi pemenangnya…

Best Action Adventure 

Batman: ArkhamCity
Assassin’s Creed: Revelations
The Legend of Zelda: Skyward Sword
Uncharted 3: Drake’s Deception

Photobucket

Pemilik Wii dan PS3 jangan sewot dulu, kami memilih Batman sebagai yang terbaik kali ini bukan karena kami menganak tirikan PS3 ataupun Wii, tapi karena memang Arkham City adalah game Action Adventure yang terbaik tahun ini.

Jika dibandingkan seri terdahulu yang sudah sempurna,ArkhamCityini bahkan mampu menyempurnakannya lagi. Mulai dari Riddler puzzle yang jauh lebih banyak (dan menantang), sistem pertarungan yang jauh lebih kompleks, unsur eksplorasi ala game sandbox, sampai dengan side quest yang sebagus (dan beragam) main questnya.IntinyaArkhamCitymenjadi nomer satu karena ia bisa berkembang jauh lebih pesat dibanding game lainnya.

 

Best Shooter 

Call of Duty: Modern Warfare 3
Crysis 2
Gears of War 3
Battlefield 3

Photobucket

Jelas, menjadi game shooter terbaik tahun ini, CoD:MW3. Permainan campaign-nya menarik, terdapat lingkungan yang destruct-able, dan perkembangan sistem perk yang amat membantu. Di posisi kedua disusul oleh Crysis 2, dimana permainannya terasa ringan dan tidak ada glitch serta lag yang mengganggu. Kemampuan nanosuit bertambah, kostumisasi senjata juga menjadi nilai plus game ini.

Posisi ketiga diraih oleh GoW3, dimana ,ode Horde dalam multiplayernya berkembang, banyaknya jebakan dan senjata baru membuat game ini menjadi penutup yang manis untuk serial GoW.  Terakhir dan tak kalah bagusnya, adalah Battlefield 3. Perkembangan grafisnya memang melejit pesat dimana tampilannya sangat memukau. Terlebih game ini memiliki mode multiplayer game FPS terbaik dan efek ledakan terasa lebih nyata.

 

Best Role-playing Game 

The Elder Scrolls V: Skyrim
Final Fantasy XIII-2
Tales of Xillia
Radiant Historia

Photobucket

Menjadi GOTY 2011 pilihan kami, Skyrim adalah RPG barat dengan penjelajahan dunia super luas dan non linier khas ala serial Elder Scrolls.  Dari sisi musik, Jeremy Soule sanggup membuat pemain merasakan dekat sekali dengan naga melalui komposisi musik choir-nya. Untuk FF XIII-2, game-nya baru saja dirilis pertengahan bulan lalu di Jepang, dan gameplay-nya mengalami peningkatan pesat karena banyak penambahan fitur-fitur baru di sini. Berikutnya adalah Tales of Xillia, menghadirkan sistem pertarungan baru bernama DR-LMBS, yang memfokuskan pada dua karakter untuk bertarung bersama. Xillia memiliki kesan “real” karena grafisnya menggabungkan anime dengan cell-shading . Terakhir adalah Radiant Historia, memiliki gameplay RPG klasik dan skenarionya pada usaha mengubah sejarah untuk mengubah masa depan menjadi nilai plus game ini. Dipadu dengan musik khas dari Yoko Shimomura, membuat Radiant Historia menjadi permata yang bersinar terang di DS.

 

Best Fighting 

Ultimate Marvel vs. Capcom 3
Mortal Kombat
Dissidia 012 Final Fantasy
The King of Fighters XIII

Photobucket

Tidak ada lagi kandidat yang bisa menyaingi serunya Ultimate Marvel vs. Capcom 3. Bagaimana tidak? Game yang mempertemukan dua perusahaan besar ini selain memiliki gameplay yang adiktif, juga memberikan sederetan karakter yang tidak biasa, bahkan seorang Phoenix Wright yang cuma sekedar pengacara saja bisa bertarung di dalam game ini! Disusul oleh Mortal Kombat yang hadir dengan sangat baik tahun ini. Dengan berbagai macam hal untuk di-unlock, serta sound effect yang digarap dengan sangat apik, plus sisi Mature dari game ini yang tidak lekang oleh waktu patut menjadikannya sebagai game fighting terbaik setelah Ultimate Marvel vs. Capcom 3. Di peringkat ketiga ada seri kompilasi dari Square Enix yakni, Dissisia 012 Final Fantasy yang hadir dengan sistem fighting yang tidak biasa digabung dengan unsur RPG. Sedangkan posisi ke-empat ditempati oleh King of Fighters XIII yang memperbaiki citra dari installment sebelumnya.

 

Best Racing 

Forza Motorsport 4
DiRT 3
Need for Speed: The Run
Driver: San Francisco

Photobucket

Untuk kategori racing, sudah tentu jawara tahun ini berhasil direbut oleh Forza Motorsport 4. Bukan hanya karena kualitas grafisnya yang memukau dan mendekati desain mobil aslinya, melainkan juga karena game ini berhasil memanfaatkan penggunaan Kinect secara kreatif dengan beberapa fiturnya, seperti Autovista yang membuat kita serasa berada didalam showroom mobil, dan juga head tracking yang bisa membuat kita melihat keadaan sekitar saat mengemudikan mobil.

The Run kami pilih karena berhasil mengembalikan identitas NFS ke asalnya, yaitu balapan jalanan yang penuh aksi. Sedangkan San Francisco kami pilih karena berhasil membuktikan bahwa penantian panjang fans Driver bisa dibayar dengan lunas setelah menunggu bertahun-tahun. Untuk Dirt 3? Kami rasa tidak ada game racing off-road yang lebih menarik dan lebih menyenangkan dibandingkan judul yang satu ini.

 

Best Sport 

Pro Evolution Soccer 2012
FIFA Soccer 12
NBA 2K12
Madden NFL 12

Photobucket

Untuk game olahraga terbaik tahun ini, PES 2012 dan FIFA 12 masih merajai. Tahun ini, FIFA 12 harus mengakui kenggulan PES 2012 untuk kesekian kalinya. Rupanya Konami sudah banyak mempelajari dimana letak kekalahan mereka dua tahun berturut-turut (2009 dan 2010) dengan menyajikan sebuah gameplay yang lebih adiktif dengan tambahan beberapa fitur-fitur menarik seperti mengontrol dua pemain sekaligus.

Untuk FIFA 12 sebenarnya game ini juga cukup bagus, namun kami menilai improvisasi yang dilakukan tidak sebanyak PES 2012. Sedangkan untuk basket, diwakili oleh NBA 2K12 yang secara apik mengolah gameplay basket yang cepat dengan bumbu arcade. Untuk Madden NFL 12 sendiri, meskipun kiprahnya diUSsangat bagus, namun kami masih belum melihat antusiasme olahraga american football di Indonesia, sehingga harus rela mengalah dengan ketiga judul yang lainnya.

 

Best Plattformer 

Rayman Origins
Super Mario 3D Land
Ratchet & Clank: All 4 One
Playstation Move Heroes

Photobucket

Rayman Origins yang sempat tidak laku ini ternyata mampu membuktikan bahwa ia pantas untuk menjadi game dengan title best platformer. Bagaimana tidak? Grafis yang memanjakan ditambah dengan humor-humor yang sangat kocak sepanjang perjalanan game dapat membuat semua pemainnya merasa terhibur dan ingin memainkannya lagi. Judul lain yang juga menyandang best platformer adalah Super Mario 3D Land yang mengusung tema Mario lawas dengan memasukkannya kembali ke dalam dunia 3D. Disusul oleh Ratchet & Clank: All 4 One yang mempunyai graifs yang menarik dan variasi dari aktifitas di dalam game yang cukup banyak, disertai dengan puzzle yang membutuhkan koordinasi antara kamu dan temanmu. Lalu yang terakhir adalah Playstation Move Heroes yang menggabungkan Ratchet, Jack, dan Sly dalam satu game yang seru dengan shooting dan disc tossing yang cukup adiktif.


SHARE
Previous articleRockstar Games Memamerkan Screenshot Pertama “MP” Max Payne 3
Next articleZigma Game of the Year Award 2011… Special Achievement
Telah dikenal sejak satu dekade yang lalu melalui media game Ultima Nation. Saat itu artikel andalannya adalah panduan walktrough game-game RPG. Ura kemudian juga semakin dikenal lewat tulisannya yang idealis dan selalu konsisten pada satu aspek game, yaitu STORY - yang olehnya dianggap sebagai backbone sebuah game. Selain menggeluti dunia game, Ura juga penggemar gadget, dan dia memiliki hobi "ngoprek" smartphone.