Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Tidak terasa kita sudah memasuki tahun 2012 dan Xbox 360 Fanboys Indonesia (XFI) telah berusia lebih dari setahun, banyak sekali pencapaian di tahun lalu yang sangat signifikan bagi grup kami seperti semakin bertambahnya anggota kami, dinobatkannya kami sebagai grup game paling konsisten di FB untuk wilayah Indonesia plus dijadikannya grup kami sebagai barometer industri game di Indonesia khususnya Xbox 360. Pencapaian tersebut akan saya uraikan melalui sudut pandang saya satu per satu bersamaan dengan game-game apa saja yang telah menyita perhatian kami sepanjang tahun 2011 lalu.

Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Games

Waktu berjalan begitu cepat, terlalu singkat bagi kami yang tahun lalu seperti dibombardir oleh game-game berkelas mulai dari Crysis 2, LA Noire hingga Skyrim. Sepanjang tahun sampai sekarang wallpost kami selalu dipenuhi oleh berbagai pertanyaan dan kekaguman para anggota kami terhadap game-game seperti Crysis 2, Skyrim, LA Noire, FIFA 12 dan banyak lagi yang memang sangat banyak menyita perhatian dan waktu kami. Tidak ada hari bagi para anggota untuk tidak membuka grup XFI dan mencari tahu apa yang sedang happening di industri game. Kami sebagai barometer game Xbox 360 di Indonesia selalu membahas game yang memang sedang up-to-date dan menjadi hype di luar sana, bisa dibilang kamilah jendela untuk mengetahui apakah game yang sedang heboh benar-benar laku di Indonesia atau tidak. Disini saya akan mereview beberapa game yang paling menjadi fenomena di XFI sepanjang tahun 2011.

 1.      Dead Space 2

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Di awal tahun 2011 gamer langsung dikagetkan dengan kembalinya para Necromorph di Dead Space 2, bukan hanya jalan cerita yang lebih kelam tapi juga lebih melelahkan dan mengagetkan, walau agak sedikit menyedihkan juga. Game ini masih menggunakan formula lama yaitu third person shooter dan survival horror yang mengambil setting di luar angkasa, bukan hanya bersetting luar angkasa saja tapi juga kita diajak masuk ke dalam kehidupan di luar angkasa seperti penggunaan oksigen, rendahnya gravitasi dan tentu saja pertemuan dengan alien. Sequel dari Dead Space ini menceritakan kelanjutan kisah Isaac Clarke yang kini berada di stasiun ruang angkasa dan berjuang untuk menghancurkan artifak yang membawa mimpi buruk bagi para awak di stasiun tersebut. Game kreasi Visceral games ini telah membawa game horror ke level yang lebih tinggi dan game ini telah membuktikan bahwa kesuksesan game horror tidak ditentukan oleh zombie.

2.      LA Noire

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Pada saat game ini dirilis saya tidak langsung beli karena menurut saya game ini paling sama saja dengan game sandbox lain apalagi publishernya adalah Rockstar, dibayangan saya hanya game GTA bersetting tahun 40an. Tapi setelah melihat cukup banyak post yang membicarakan game ini saya pun memutuskan untuk mencobanya dan wow memang game ini lain dari yang lain, selain gameplaynya yang sangat serius yaitu menjadi detektif tapi juga kualitas grafis yang sepadan dengan jumlah kepingan disc pada game ini. Baru kali ini saya melihat animasi wajah yang sangat natural dan tinggi terutama pada saat sesi interograsi dan mencari kesaksian, amazing, benar-benar membuat grafis wajah Alex Shepard terlihat sangat kaku. LA Noire mengisahkan tentang seorang tentara veteran PDII yang kini menjabat sebagai seorang detektif di LA, gameplay akan berjalan seputar pencarian saksi, bukti dan introgasi plus tidak lupa dibumbui oleh action juga. Cerita dalam game ini juga sebagian dikaitkan dengan kisah nyata seperti pelaku kasus Black Dahlia Murderer. Sayang di akhir tahun 2011 developer game ini bangkrut, padahal sequelnya sangat kita nanti.

3.      Crysis 2

 

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

“Can it run Crysis?” itulah achievement yang saya dapatkan ketika pertama kali memainkan Crysis 2, ya kehebatan Cry Engine yang tersohor namun tidak kompatibel dengan console akhirnya terjawab sudah dengan hadirnya Crysis 2 di Xbox 360 yang berbalut Cry Engine 3. Daya tarik game ini bukan hanya pada grafis tapi juga gameplay yang menurut saya tidak murahan dan sangat berkualitas, jujur saya lebih memilih ini daripada Battlefield 3 dari segala aspek. Crysis 2 menceritakan perjuangan Alcatraz yang diwarisi Nanosuit dari Prophet untuk meneruskan perjuangannya melawan para alien dan pasukan pemberontak, cerita yang tidak cukup hebat memang tapi semua itu bisa dimaklumi karena kita lebih menikmati grafis dan gameplay saat memainkan game ini bukan?

4.      Dead Island

 

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Awalnya banyak gamer pesimis dan membanding-bandingkan game ini dengan seri Left 4 Dead, termasuk saya. Tapi setelah mencoba sendiri ternyata memang game ini berbeda dengan seri Left 4 Dead dan beberapa game bergenre horror sejenis. Dead Island telah berhasil membuktikan bahwa menebas zombie jauh lebih menyenangkan dan adiktif daripada menembaki mereka karena sejak awal game kita hanya berbekal senjata melee mulai dari dayung, palu, pisau dapur dan berbagai perkakas dapur lainnya, baru di pertengahan game kita bisa mengakses pistol. Game ini cukup sulit karena level zombie akan meningkat seiring meningkatnya level kita, kalau kita tidak pintar memanfaatkan inventory kita maka habislah kita dikeroyok zombie. Dead Island sendiri menceritakan perjuangan 4 orang yang selamat dari wabah yang tiba-tiba merubah sebuah pulau yang indah menjadi neraka dan berusaha untuk melarikan diri. Jangan pikir game ini akan menjadi game yang singkat karena ini adalah game horror terpanjang menurut versi XFI karena selain ada main quest di game ini juga bertaburan side quest yang jumlahnya melebihi main quest.

5.      Mortal Kombat

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Sejak era Ultimate Mortal Kombat 3 lebih dari sepuluh tahun lalu saya sama sekali tidak lagi merasakan kenikmatan bermain Mortal Kombat karena semenjak seri tersebut gameplay Mortal Kombat series telah berubah menjadi 3 dimensi yang menurut saya merubah karakteristik Mortal kombat, mungkin hal ini disebabkan pecahnya dua creator Mortal Kombat yaitu Ed Boon & John Tobias. Beruntung, dengan bangkrutnya Midway dan diambilalihnya franchise Mortal Kombat oleh WB Enternainment game ini jsutru kembali menjelma menjadi klasik bernuansa 2 dimensi menyerupai Street Fighter IV. Formula ini jelas berhasil karena berbulan-bulan para anggota XFI selalu membicarakan game ini dan ada kabar baik dari game ini bahwa sebentar lagi akan dirilis Mortal Kombat Komplete Edition yang berisi 4 karakter DLC tambahan plus 15 skin para karakter Mortal Kombat.

6.      Battlefield 3

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

 

Pada saat trailer game ini dirilis banyak pihak yang ragu apakah Battlefield 3 akan bisa berjalan dengan mulus di console mengingat grafik Frostbite Engine 2 hanya bisa berjalan sempurna dengan PC berspesifikasi tinggi. Untungnya pihak EA sangat peka dengan hal ini dan segera merilis trailer versi Xbox 360 dengan kualitas grafis yang hampir sama dengan versi PC, namun sayang keindahan grafik di versi Xbox 360 hanya bisa dinikmati oleh gamer yang Xbox 360nya memiliki HDD karena fitur HD installation wajib diinstall ke dalam HDD untuk memaksimalkan tampilan grafis game ini. Kekurangan dari game ini juga adanya perubahan gameplay yang mana kini Battlefield 3 menganut prinsip corridor FPS seperti seri Call of Duty yang mana hal ini menjadi blunder karena gamer merasa kehilangan ciri khas pada seri Battlefield dan sama sekali tidak merasa sedang memainkan game Battlefield. Di luar dari pada itu game ini tetap sangat layak untuk dimainkan terutama fitur multiplayernya.

7.      CoD: Modern Warfare 3

 

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Pecahnya stuktur organisasi dari Infinity Ward sama sekali tidak mempengaruhi kinerja mereka dalam mengembangkan Modern Warfare 3 bahkan ketika mereka ditantang oleh EA dengan Battlefield 3nya. Dengan mengandalkan formula lama yang dibumbui berbagai adegan cinematik, game yang mengakhiri saga pengejaran Makarov ini kembali tampil sebagai pemenang genre FPS menjungkalkan Battlefield 3 ke tanah. Salah satu keunggulan yang tidak dimiliki oleh Battlefield 3 adalah karena mereka tidak memiliki story yang disajikan apik seperti pada CoD series. Fitur multiplayer pada Modern Warfare 3 pun selalu ramai dikunjungi oleh para gamer di seluruh dunia.

8.      Forza 4

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

 

Tidak heran jika berbagai situs game memberi nilai sempurna pada game besutan Turn 10 studio ini, Forza 4 telah menjawab tantangan dari Gran Turismo 5 dan berhasil merebut hati para gamer untuk beralih ke stir Xbox 360. Forza 4 ini sebenarnya disajikan tidak jauh berbeda dengan seri sebelumnya, fitur balapan malam hari dan cuaca pun tidak ada pada game ini tapi kenapa game ini dianggap lebih baik daripada seri kelima game ensiklopedia mobil milik console rival? Jawabannya sebenarnya simple, karena gamer tidak suka memainkan game yang berbelit dan terlalu banyak fitur yang pada akhirnya hanya membingungkan mereka dan belum tentu terpakai.

9.      Gears of War 3

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

 

Mahakarya Cliff B ini hanya dan akan selalu eksklusif untuk Xbox 360, seri ketiga petualangan Marcus Fenix dalam pencarian sang ayah yang ternyata masih hidup di tengah perang melawan Locust dan lambent ini tampil dengan banyak improvisasi terutama grafis, walaupun masih menggunakan Unreal Engine 3 tapi game Gears 3 ini tampak berbeda dibanding dengan game lain yang menggunakan engine yang sama karena pihak Epic selaku developer dan pemilik hak paten Unreal Engine memiliki formula sendiri untuk memaksimalkan potensi enginenya yang mungkin developer lain tidak ketahui. Gears 3 menceritakan akhir saga Marcus Fenix dan Delta squad dalam melawan Locust, story yang berkelas Hollywood ini disajikan dengan music scoring yang sangat cinematic menjadikan pengalaman bermain game ini menjadi tidak terlupakan walaupun campaign game ini terasa begitu singkat. Tapi kekecewaan itu bisa langsung terobati dengan hadirnya mode multiplayer yang memiliki fitur BOT dimana gamer yang tida ngelive tetap bisa bermain multiplayer melawan BOT, jika kurang gamer juga bisa kembali melawan serbuan Locust melalui Horde Mode. Gears of War series telah menjadi daya tarik utama untuk para gamer membeli Xbox 360.

10.  Elder Scroll V: Skyrim

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

 

Game yang menurut Ami Raditya, aku sendiri, para Spartan dan seluruh gamer dunia akui sebagai pop culture terbaru yang berpotensi menyamai seri Star Wars, game tersebut bernama Elder Scroll V: Skyrim. Apa sih Skyrim itu? Skyrim adalah game western RPG besutan Bethesda yang menceritakan perjuangan seorang kesatria berdarah naga yang ditugaskan untuk melawan naga dan membawa keseimbangan di provinsi Skyrim. Gameplay dari game ini tidak sesingkat ceritanya karena Skyrim memiliki banyak quest panjang yang bertaburan sepanjang game, banyak sekali anggota XFI yang ketagihan hingga lupa waktu sampai ada yang bolos kuliah bahkan terkena penyakit Compulsive Disorder. Itu semua karena kejelian Bethesda yang sepertinya sangat paham selera gamer sekarang yang menginginkan sebuah game yang mampu difull customization, tidak cepat tamat, non-linear dan bergameplay adiktif. Skyrim adalah teman setia gamer pada saat liburan kemarin.

Sebenarnya masih banyak lagi game yang menjadi buah bibir di 2011 selain kesepuluh game di atas seperti Batman: Arkham City, Halo Anniversary, Assassin’s Creed: Revelation dan lain sebagainya, tapi karena keterbatasan waktu dan tenaga mungkin saya akan membahas game-game tersebut pada lain kesempatan.

Events

Event pada grup XFI masih terbilang sangat sedikit dibanding komunitas lain, semua masih terbatas pada dunia maya saja. Tapi hal itu sama sekali tidak membatasi para anggota untuk saling berinteraksi dan mengenal satu sama lain. Apa saja event-event yang mengisi keseharian para Spartan sepanjang tahun 2011? Ini dia.

1.      XFI Award 2011

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Kemeriahan sebuah komunitas game akan hambar rasanya jika kita tidak memiliki award versi sendiri, walau kecil-kecilan dan tidak diketahui oleh para developer dan publisher gamenya sendiri tapi kehadiran XFI Award 2011 adalah bentuk penghargaan kami setinggi-tingginya terhadap industri game yang tumbuh bersama kami, award ini akan kami adakan setiap tahun. Berikut adalah hasil XFI Award 2011 yang murni dipilih oleh para Spartan:

  • Best Racing: Forza 4
  • Best Fighting: Mortal Kombat
  • Best FPS: CoD: Modern Warfare 3
  • Best RPG: Skyrim
  • Best Action: Gears of War 3
  • Best Adventure: Batman: Arkham City
  • Best Horror: Dead Island
  • Best Sport: FIFA 2012
  • Best Kinect Game: Dance Central 2
  • Best Xbox 360 Exclusive: Gears of War 3
  • Best Graphic: Gears of War 3
  • Game of The Year: Gears of War 3
  • Seller of The Year: Doramelon
  • Expert of The Year: Mas Dimas
  • Most Anticipated Game in 2012: GTAV
  • Lifetime Achievement Award: Cliff B
  • Character of The Year: Capt. Price
  • Studio of The Year: Infinite Ward (CoD: Modern Warfare 3)
  • The Best HD Remake: Halo Anniversary
  • Engine of The Year: Unreal Engine 3

 

2.      Spartan of The Month

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Pemilihan Spartan of The Month adalah bentuk apresiasi kami terhadap para anggota XFI yang loyal dan berdedikasi yang diadakan setiap bulannya.

Di tahun ini kami akan mengupayakan lebih banyak event untuk semakin memperlebar sayap kami terutama event gathering yang sudah dinanti-nanti oleh para Spartan.

 

Achievements

Pada kolom achievement ini saya akan menceritakan kembali beberapa pencapaian yang menurut kami penting dalam perkembangan grup XFI sepanjang tahun 2011.

1.      Bergabungnya Sthetix dan Para Expert Xbox 360

 

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Siapa yang tidak tahu Sthetix? Beliau adalah expert yang sudah terkenal karena keahliannya dalam memod Xbox 360 menjadi console yang user friendly di Indonesia mulai dari jasa flash ke custom firmare sampai sekarang yang terbaru dan fenomenal adalah RGH (Reset Glitch hack), berikut adalah website Sthetix bagi kalian yang ingin mengenal lebih jauh http://www.sthetix.net/. Selain Sthetix ada juga expert lain yang tak kalah hebatnya seperti Mas Dimas, Ricky, Budi (MP. Console), Chocobo GS, Capsulegame Surakarta dan banyak lagi. Bergabungnya para expert ini semakin mengkokohkan XFI sebagai komunitas gamer Xbox 360 nomer satu di Indonesia versi Facebook.

2.      530 Active Members

 

Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans[/caption]

Jumlah 530 anggota aktif adalah jumlah yang kami data pada tanggal 1 januari 2012, dan jumlah ini benar-benar melewati ekspektasi saya sendiri sebagai penggagas XFI selama kurun waktu setahun. Dengan semakin bertambahnya jumlah anggota maka membuktikan bahwa console Xbox 360 semakin banyak peminatnya di tanah air ini. Saya berani bilang semuanya aktif karena tidak ada satupun post yang sepi dari comment di XFI. Jika kalian bingung ingin bertanya kemana sebelum membeli Xbox 360 atau sudah menjadi gamer Xbox 360 tapi belum memiliki komunitas silahkan klik  http://www.facebook.com/groups/xboxfanboys/doc/245427108864192/ dan bergabung dengan kami.

3.      Wallpost yang Tidak Pernah Sepi

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Seperti yang dijelaskan di atas, wallpost kami tidak pernah sepi dan selalu terisi oleh komentar-komentar yang bukan sekedar komentar tapi komentar yang bermutu. Aktifnya grup ini sampai-sampai membuat admin grup lain bertanya kepada saya bagaimana caranya membuat grup yang aktif seperti itu, pada saat itu saya menjawab tidak tahu karena yang membuat aktif grup ini memang bukanlah saya tapi komunitas itu sendirilah yang menciptakan, tugas saya hanyalah membimbing. Aktifnya grup ini jelas semakin membuat komunikasi antar sesama Spartan berjalan lancar dan saling mengenal satu sama lain.

4.      Admin yang Selalu Online

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Saat ini XFI memiliki 12 admin yang mana minimal satu diantaranya selalu online bahkan tengah malam karena ada yang memang hanya bisa meluangkan waktu di tengah malam. Jadi kapanpun, dimanapun kami para admin beserta para Spartan siap menjawab dan membantu anda. Hal ini semata-mata kami lakukan karena kecintaan kami terhadap dunia game khususnya Xbox 360.

5.      Bergabungnya Seller-seller Games & Consoles

 

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Gaung XFI ternyata sampai juga ketelinga para pelaku bisnis online yang bergerak di bidang game mulai dari sekedar berjualan game, action figure, flash dan kaos ada semua disini. Tercatat lebih dari 5 seller yang terdaftar sebagai anggota XFI contohnya MP. Console, Capsulegame Surakarta, Monkey Games dan DMZ Gameshop.

6.      XFI Cabang BBM

Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Kebersamaan para Spartan di grup FB ternyata berlanjut di dalam grup BlackBerry Messenger (BBM), tercatat ada dua grup BBM yang menampung total lebih dari 50 anggota yang awalnya digagas oleh salah seorang anggota kami bernama Teuku Zahirsyah. Jadi tidak usah khawatir jika tidak bisa mengakses XFI melalui PC atau mobile web karena kami masih bisa diakses melalui BBM.

 7.      Diakui Sebagai Grup Paling Konsisten dan Up-to-date di FB

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Saya tidak sembarangan mengklaim bahwa XFI adalah grup paling konsisten karena kalimat tersebut bukan keluar dari mulut saya tapi itu adalah statement dari Ami Raditya pengasuh Duniaku.net, majalah Zigma & Omega, serta penulis novel Vandaria saga, saya tidak menyangka bahwa grup kecil kami ini berhasil menarik perhatian seorang tokoh game nasional sekelas Ami Raditya. Untuk keup-to-datean grup ini sendiri keluar dari pernyataan beberapa anggota XFI dan grup lain karena memang saya lihat sendiri hanya grup XFI lah yang pembicaraannya paling update dibanding grup lain. Contohnya di saat dunia ramai membicarakan Skyrim kami pun juga aktif membicarakan game tersebut sedangkan tanpa mengurangi rasa hormat kepada grup lain mereka belum tentu membicarakan hal yang sama. Ke updatean grup kami juga tidak sampai disitu tapi juga sampai pembicaraan mengenai berita di industri game itu sendiri dan CFW yang akan dirilis.

8.      Kampanye Badge XFI yang Mencapai 230 Pengguna

 Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Spartan Badge yang fungsinya tak lain adalah untuk memperluas pengenalan gamer kepada XFI tak disangka memiliki banyak pengguna yang mencapai 230 pengguna yang bersedia memakai badge tersebut pada profile mereka (terima kasih). Walaupun bukan bersifat wajib bagi para anggota tapi adalah sebuah kebanggaan tersendiri bagi saya jika ada yang menggunakan Spartan Badge tersebut.

9.      Direkrutnya Beberapa Anggota Menjadi Kontributor Duniaku.net

 

Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Berdirinya Duniaku.net tak lepas dari peran XFI yang turut memberikan sumbangsihnya kepada Duniaku.net dengan bergabungnya beberapa anggota XFI sebagai contributor Duniaku.net seperti Kevin Suryanto, Achmad Giorgio, Steven Widjaja dan saya sendiri. Yang mana dalam penulisan artikel memiliki ciri khas masing-masing yang membuat Duniaku.net menjadi lebih berwarna.

10.  Guide Dalam Bahasa Indonesia

 

Kaleidoskop XBOX 360 Fanboys Indonesia 2011: Skyrim, The Award & 530 Spartans

Guide dalam bahasa Indonesia adalah pencapaian terbaru kami, walaupun masih kecil-kecilan dan sederhana tapi kami berani memulai untuk membuat guide dalam bahasa Indonesia, game yang kami buatkan pun tidak main-main karena yang sedang kami buat adalah Skyrim. Semoga proyek yang awalnya digagas oleh Bintang Satria Yusuf, Rangga Deri dan Zico Lorenzo ini kedepannya diharapkan akan lebih banyak lagi Spartan yang turut berpartisipasi dalam penulisan guide berbahasa Indonesia dan semakin beragam pula game yang dibuatkan guidenya.

Sekian rekap lengkap apa yang terjadi pada XFI sepanjang tahun 2011, visi dan misi kami di tahun yang baru ini adalah bertambahnya jumlah anggota kami mencapai angka 1000, diadakannya gathering nasional pertama, peluncurak kaos berlogo XFI, dibuatnya blog khusus dan semakin dikenalnya XFI dan Xbox 360 di Indonesia. Terima kasih kepada para Spartan yang membuat XFI menjelma menjadi grup yang bergengsi dan eksklusif, kalian selalu ada di hati saya. Semoga XFI dan Duniaku.net bisa semakin maju tidak hanya di tahun yang fantastis ini tapi juga  di tahun-tahun yang akan datang, akhir kata see you next year! #BTTE

 

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU