The Darkness 2 Demo Impression: Fiat Nox

The Darkness merupakan FPS yang di develop oleh Starbreeze dan diadaptasi dari serial komik berjudul sama terbitan Top Cow Production. Pada saat The Darkness versi videogame pertama dirilis di 2007 lalu game ini langsung mendapat banyak pujian dari kritikus oleh karena gameplay yang sangat unik dimana kita bisa memakai kekuatan supranatural ditengah gunfighting,grafis yang sangat impresif sehingga membuat kalian serasa berada di New York,sound yang mantap, dan yang terpenting adalah story yang sangat menarik.

Untuk sekuelnya ini,story bersetting 2 taun setelah ending game pertamanya dan kalian pun tetap mengendalikan Jackie Estacado sebagai tokoh utama meskipun kini ia sudah naik pangkat dari seorang hitman biasa ke Don keluarga mafianya sendiri dan mengingat sekuelnya ini merupakan kisah lanjutan maka saya sarankan pembaca yang belum memainkan seri pertamanya untuk memainkannya terlebih dahulu agar mengetahui apa yang terjadi sebelumnya dan terbiasa dengan gameplaynya.

Demonya dimulai pada saat Jackie terbangun dan mendapati dirinya disalib di sebuah ruangan gelap,setelah itu dia diinterogasi oleh seorang pria misterius berwajah hancur (menurut saya dia merupakan ketua sekte Brotherhood) yang menginginkan kekuatan Darkness dan ingen melepaskannya dari Jackie.

Setelah itu scene berpindah ke beberapa jam sebelum tertangkapnya Jackie dan dimulai di restoran miliknya,pada saat Jackie sedang makan malam dengan 2 wanita kembar tiba-tiba ia ditubruk oleh van yang menyebabkan kaki kanannya terluka parah dan pihak brotherhood pon langsung menyerbu restoran milik Jackie dan melihat tak ada pilihan lain,capo Jackie yaitu Vinnie pun menyeret Jackie ketempat aman dan disinilah kalian baru bisa mengendalikan Jackie,pada awalnya gameplay masih berupa on rail shooter namun kalian masih bisa melakukan akimbo/dual wield untuk membasmi para brotherhood yang memburu.

Sesampainya di dapur,salah satu anggota brotherhood melemparkan molotov kearah jackie dan membuatnya sekarat. Meskipun pada awalnya Jackie menolak untuk melepaskan the Darkness namun melihat ia sudah sangat dekat kematian maka akhirnya ia pun sekali lagi dikuasai oleh the Darkness dan kalian pun harus mengejar pria misterius tersebut hingga masuk ke jalur subway sambil melawan antek brotherhood yang menghalangi hingga sesampainya di ujung rel kalian melihat halusinasi jenny dan tiba2 sebuah subway meluncur kearah anda dan BOOM!!…demo selesai.

Jika sebelumnya The Darkness dikembangkan oleh Starbreeze,kini Digital Extreme berada dibalik helm pembuatannya dan tentunya the Darkness 2 juga menggunakan engine milik Digital Extreme yaitu Evolution engine dan merubah style grafisnya menjadi cell shading,meskipun begitu detail yang ditampilkan sangatlah menawan seperti emboss M1911 yang terlihat jelas,lighting memukau,detail lingkungan dan karakter yang sangatlah detail bahkan kalian dapat melihat indahnya pemandangan New York lengkap dengan Empire state buildingnya,menariknya lagi jika kalian masih ingat game terakhir yang menggunakan engine ini yaitu Dark Sector yang mampu memotong-motong bagian tubuh musuh maka game ini memberikan lebih,kalian tak akan bosan melihat ular anda melakukan fatality sadis (bahkan lebih sadis dari Mortal Kombat) seperti wishbone maupun anaconda dan masih banyak lagi mengingat limitasi dari demo ini.

Gameplay sendiri mengalami banyak peningkatan dari prekuelnya,seperti kini kalian dapat melakukan Quad Wielding dimana 2 tombol trigger untuk menggunakan senjata api konvensional maupun akimbo,bumper kiri untuk meng grab object/musuh lalu mengeksekusinya dan bumper kanan untuk melee atack selain itu Darkling kini pun kembali dengan peran yang lebih besar meskipun dalam demo kalian tidak bisa mengendalikannya. Menjawab komplain pemain akan terbatasnya kekuatan di The Darkness,kini sekuelnya menghadirkan sistem skill tree yang membuat player semakin kuat seiring berjalannya game dan mengumpulkan point dari execution begitu pun dengan sistem light vs dark dan juga mengonsumsi jantung lawan untuk memulihkan health pun kembali hadir.

Akhir kata,dengan banyaknya peningkatan dari sebuah game yang cukup solid saya rasa The Darkness 2 mampu memuaskan saya sehingga saya memberikan rating 9/10 untuk demonya ini dan juga kalian baik yang sudah mengenal prekuel/komiknya maupun baru mencoba sekuelnya ini saya yakin tak butuh waktu lama untuk membeli dan menyukai versi finalnya yang rilis pada 7 februari mendatang maupun mendownload demo sebesar 1,3GB yang rilis hari ini untuk XBOX live gold dan minggu depan untuk PSN.

Bagi kalian yang belum memiliki account XBL Gold atau masih ragu untuk mendownloadnya dapat menyaksikan demonya dibawah ini:


SHARE
Previous articleKurangnya Apresiasi untuk Sony ditengah Hadirnya Vita
Next articleMenonton Pertandingan Chelsea Bersama FIFA Online 2!
Dragio atau Gio sudah mengawali karir di dunia game sejak tahun 1995 hingga saat ini. Gio yang saat ini melanjutkan kuliahnya di Los Angeles ini menyukai berbagai macam genre game terutama Shooter,WRPG,Action dan Racing. Tertarik menjadi jurnalis video game tentu saja akibat kecintaanya terhadap video game yang sudah tertanam sejak dulu. selain itu,lelaki yang juga memiliki hobby Otomotif ini pun dikenal ramah dan rendah hati sekalipun banyak yang menganggap skill gamingnya sudah cukup tinggi,bisa dilihat oleh banyaknya group gaming di Facebook yang menetapkan Gio di posisi teratas dan respek terhadap dirinya.