Alasan Dibalik Kurang Suksesnya Final Fantasy XIII

Para gamer pasti masih ingat dengan kontroversi pendapat dari Final Fantasy XIII, yap, JRPG yang satu ini memang menuai banyak pujian sekaligus menuai banyak cacian. Ada yang berpendapat bahwa RPG satu ini brilian! Namun di satu sisi, banyak penggemar lama yang mengatakan bahwa Square Enix telah merusak Final Fantasy.

Memang tidak bisa dipungkiri bahwa seri ini termasuk sukses di pasaran, meraup banyak penggemar baru dan mempesona banyak kalangan, terutama karena karakternya. Namun di satu sisi, justru karakter seperti Lightning-lah yang membuat bosan, mengapa? Lightning dikatakan mirip sekali dengan Cloud dari Final Fantasy VII, dan dikatakan juga mereka memiliki basis 3D yang sama. Kedua, karakter Lightning yang seolah tanpa cacat justru menjadi bumerang bagi beberapa kalangan, tidak sedikit yang mengatakan bahwa karakter seperti Lightning terlalu sempurna, jadi membosankan.

Selain dari penampakan karakter, satu hal yang membuat Final Fantasy XIII tidak seperti Final Fantasy adalah gameplay-nya. Para gamer yang sudah memainkannya kebanyakan pasti akan berkata “linear”. Mengapa bisa dikatakan linear? Berbeda dengan semua seri Final Fantasy dengan genre RPG yang sudah rilis, Final Fantasy XIII memang tidak memberikan kebebasan pada pemainnya untuk bereksplorasi. Kamu tidak akan dapat menjelajahi dunia dari Final Fantasy XIII, kamu hanya bermain sesuai cerita, melihatnya, tidak lebih. Terdengar membosankan? Bagi kamu yang sudah sering memainkan RPG, terutama sekelas Skyrim,atau Final Fantasy VII, pasti akan sangat bosan bila memainkan Final Fantasy XIII. Bila dalam seri Final Fantasy sebelumnya kamu diberi kebebasan untuk pergi kemana saja dan menjelajahi dunia di game tersebut, maka hal itu tidak berlaku untuk seri kali ini.

Hal ini bisa dikatakan mengekang para gamer yang ingin melihat seperti apa dunia Final Fantasy XIII. Bisa dikatakan, sistem linear ini lah yang tidak menjadikan Final Fantasy XIII sukses untuk seluruh kalangan. Sepertinya hal ini ditanggapi oleh Square Enix dengan rilisnya sekuel langsung dari game tersebut, Final Fantasy XIII-2, dimana dalam konferensi pers, pihak Square Enix mengatakan bahwa, seri ini tidak akan menjadi seri yang sama dengan Final Fantasy XIII. Dengan diperkenalkannya sistem baru, NPC baru, dan dunia baru, diharapkan sekuel ini akan sukses merebut hati para gamer.


SHARE
Previous articleBersiaplah Menyambut AVA, FPS Baru dari Asiasoft!
Next articleSky Express Kuasai Klasemen Sementara Mobile Game Developer War!
Penggemar berat Roger Federer, Jouji Nakata, Sho Hayami, dan Suwabe Junichi. Wota iDOLM@STER dan juga seorang penikmat game yang memiliki karakter laki-laki 30 tahun ke atas. Silahkan lihat kegalauan saya di twitter: ryofucha