Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Seperti yang kami ulas sebelumnya, Apple sedang sibuk menyiapkan peluncuran mesin uang baru mereka. Meskipun masih sekadar rumor, namun banyak fakta menunjuk ke sana. Dan berikut ini kami kompilasikan dalam beberapa poin untuk memudahkanmu dalam mengenali seperti apa iPad 3 nantinya.

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Seperti yang kami ulas sebelumnya, Apple sedang sibuk menyiapkan peluncuran mesin uang baru mereka. Meskipun masih sekadar rumor, namun banyak fakta menunjuk ke sana. Setidaknya satu yang bisa kita jadikan acuan, iPad 2 dirilis Maret 2011, dan seperti tradisi Apple sebelumnya, sang penerus pas muncul setahun kemudian - atau bahkan lebih cepat, 24 Februari misalnya, yang menjadi tanggal lahir Steve Jobs . Memang sudah banyak kabar mengenai penerus "raja" tablet dunia ini, dan berikut ini kami kompilasikan dalam beberapa poin untuk memudahkanmu mengenalinya.

Bakal Diluncurkan Februari, dan Mulai Dijual Maret 2012

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Fakta ini diperkuat dengan berita dari satu blog Jepang, Macotakara, yang yakin jika Apple bakal meluncurkan iPad 3 pada Februari 2012 nanti melalui sebuah event - belum pasti sampai saat ini apa event-nya. Sepertinya memang untuk menyesuaikan dengan rencana mulai dirilis ke pasaran pada Maret 2012 nanti. Sebagai perbandingan, Apple mengadakan Special Event untuk iPad 2 pada 2 March 2011, dan kemudian merilis iOS 4.3 dan iPad 2 pada 11 Maret 2011, atau seminggu kemudian. Selama Special Event tersebut, mereka mengkonfirmasikan jika iPad 2 bakal mulai dikapalkan pada 25 Maret untuk 26 negara.

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Bisa kamu lihat melalui video berikut ini detail spare part tersebut:

Resolusi Layarnya Diperbesar Hingga Dua Kali Lipat

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Salah satu rumor pertama yang berhembus sehubungan iPad 3 adalah ukuran layar dan resolusi yang bakal dipilih untuk tablet tersebut. Agustus sahun lalu memang sudah ada yang menyebutkan jika Apple bakal menggunakan layar berukuran 9.7-inchi, dengan resolusi 2048 x 1536 (atau QXGA). Bandingkan dengan iPad 2 yang hanya 1024 x 768. Dan selama Januari 2012 ini, banyak sumber lain seperti CNET dan DigiTimes juga mengklaim jika LG Display dan Sharp yang bertugas memproduksi 6 sampai 7 juta layar iPad 3 selama dua setengah bulan ke depan.

Untuk Sharp, Appla sendiri memang sudah berinvestasi di Kameyama Sharp, Jepang sejak tahun lalu, dan pabrik tersebut bakal menjadi rujukan persediaan LCD untuk iOS mereka ke depannya. Dan dengan dipilihnya Sharp, bisa jadi untuk LCD tersebut bakal mengaplikasikan teknologi layar IGZO milik Sharp, yang menjadi perpaduan transistor indium, gallium dan zinc. Sehingga nantinya iPad 3 masih bisa bertahan dengan ukuran yang tipis (sebelumnya banyak yang melaporkan jika iPad 3 bakal lebih tebal), tidak membutuhkan daya besar meskipun resolusinya tinggi, dan dua faktor tersebut yang paling dibutuhkan sebuah Retina Display.

Namun yang masih belum jelas apakah nanti Sharp juga menggunakan penerangan dua LED untuk layar mereka tersebut. Karena dengan resolusi tinggi yang diperlukan sebuah Retina Display (sebutan layar yang memikliki pixel dan detail tinggi, di luar batas mata manusia) , dan pixel tinggi tersebut dijejalkan ke dalam bidang yang jauh lebih lebar dari layar iPhone, tentu masalah backlight atau pencahayaan latar menjadi masalah, apalagi diketahui satu LED pada iPad 2 rupanya kurang jika digunakan untuk layar iPad 3. Sebagai perbandingan, iPhone 4S memiliki kerapatan per pixel-nya hingga 326 PPI, dalam bidang 3.5 inchi yang menampung resolusi 960×640 pixel. Sedangkan iPad 2 memiliki PPI 132 saja. Untuk iPad 3, bidang 9.7-inchi, dengan resolusi 2048 x 1536, serta kerapatan per pixelnya diprediksi 264 PPI, untuk bisa mencapai standar Retina Display. Kemudian untuk menerangi layar tersebut, setidaknya diperlukan pencahayaan atau brightness level hingga 550nits. Sebagai perbandingan, iPad 2 memiliki tingkat kecerahan 389 nits. Kemudian untu iOS smartphone, 569 nits pada  iPhone 4S dan 583 nits pada iPhone 4.

Bicara mengenai resolusi layarnya, termasuk sangat tinggi untuk ukuran tablet. Bisa jadi Apple langsung menembak dengan pixel yang tinggi karena jajaran tabler Droid yang dikonfirmasikan selama event CES lalu, kebanyakan memilih resolusi 1900 x 1200 pixel full HD. Tablet tersebut seperti Transformer Prime TF700T  dan Acer Iconia Tab A700. Dengan resolusi tinggi, setidaknya Apple masih bisa berada di puncak kompetisi dalam hal resolusi layar.

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Prosesor yang Lebih "Berotot"...  Chipset A6 dengan Empat Core

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Kalau yang satu ini sudah jelas dari tahun lalu, bahwa untuk mengimbangi resolusi layarnya yang super, iPad 3 memerlukan prosesor yang cukup kencang. Dan karena itulah chipset dengan empat core digadang-gadang menjadi otak utamanya. Walaupun belum jelas, prosesor quad ini dari chipset apa, namun sebagian besar sumber menyebutkan Apple A6. Dan sepertinya masih diproduksi oleh Samsung, meskipun kita tahu sendiri begitu banyak kasus legal melibatkan Samsung dan Apple mengenai paten smartphone / tablet mereka. Penggunaan Apple A6 untuk iPad 3 juga kembali mengulang kisah lama, karena Apple A5 pertama kali diterapkan untuk iPad 2, dan Apple A4 pertama kali memperkuat iPad.

Melengkapi simpang siur mengenai siapa yang memproduksi Apple A6, memang Agustus 2011 lalu muncul berita jika Apple menyerahkan produksi chipset tersebut kepada Taiwan Semiconductor Manufacturing Company, Limited atau TSMC. Namun belakangan diketahui jika TSMC tersebut hanya lebagian jatah sedikit saja, sedangkan sebagian besar order Apple A6 tetap diserahkan pada Samsung dengan teknologi proses 28-nanometer yang mereka miliki.

Sedikit kilas ke belakang, Apple A5 merupakan system-on-a-chip (SoC) yang terdiri dari gabungan prosesor dual-core ARM Cortex-A9 MPCore dengan akselerator NEON SIMD untuk fungsi media, serta GPU PowerVR SGX543MP2 dengan dua core. CPU-nya dua kali lebih kuat, dan GPU-nya tujuh kali lebih kuat dibandingkan Apple A4. Wajar jika secara harga Apple A5 lebih mahal 75% dari Apple A4.

Kamera Di-Upgrade, Harapkan Kualitas HD Selama Facetime

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Walaupun bukan krusial (alasan Apple, siapa yang mau mengambil foto dengan tablet?), namun banyak juga yang mengeluhkan Kamera belakang 0.7 megapixel milik iPad 2 yang hanya mampu merekam video berkualitas 720p, dan hasil fotonya pun biasa saja. Untuk iPad 3 ini, seperti yang dirumorkan awal tahun 2011 lalu, menggunakan kamera 8-megapixel di belakang (kabarnya dikembangkan oleh Sony), sehingga setara dengan iPhone 4S - dilihat dari lubang modul kameranya yang sama. Selain itu, kamera depannya juga mampu mengaktifkan video chat FaceTime dengan kualitas HD.

Selain rumor 8 megapixel ini, ada juga kabar lain yang menyebutkan jika iPad 3 bakal menggunakan modul 5 megapixel dari Omnivision Technologies Inc (yang menyediakan modul kamera untuk iPhone 4). Modul kamera OV5690 oleh Omnivision tersebut dikembangkan khusus untuk tablet dan smartphone, sehingga ukurannya juga "bersahabat" untuk gadget yang memang posturnya tipis. Kabarnya OV5690 ini mengurangi bobot tipikal modul kamera untuk tablet/smartphone hingga 20 persen, dan masih bisa digunakan untuk merekam video dengan kualitas 1080P.

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Pengalaman Baru Punya Siri di Layar Resolusi Tinggi

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Beberapa waktu lalu sempat beredar gambar yang menunjukkan keterangan pada layar ketika menekan menu keyboard, yang disebut “About Privacy and Dictation.” Ketika dibuka, seperti ditunjukkan pada gambar di bagian bawah, iOS 5.1 beta 3 yang dijalankan di iPad 2 tersebut menampilkan literatur standar hukum dan informasi fitur untuk Siri Dictation. Dictation bukanlah fungsi standar yang bisa kamu dapati dalam iPad 2 ketika menjalankan iOS 5.1 beta 3, jadi kemungkinkan interface tersebut menunjuk pada versi software final dari iOS 5.1 untuk semua iPad nantinya, atau bisa jadi fitur ekslusif yang hanya disediakan untuk iPad 3 - seperti halnya dengan iPhone 4S yang ekslusif mendapatkan Siri dan dukungan Siri Dictation dalam iOS 5.0. Namun untuk iPad 3 (dan mungkin juga bisa untuk iPad lainnya), belum diketahui apakah port Siri ini secara menyeluruh (termasuk sebagai asisten pribadi), atau hanya fungsi voice recognition untuk dictation (memerintah menjalankan suatu command/aplikasi) saja. Semoga saja Siri versi tablet ini juga mencakup keseluruhan fungsinya, bukan sekadar perintah suara.

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Mendukung 4G LTE, Mampu Membuka Content Dengan Instan

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Rumor ini juga sudah banyak yang mengetahui sejak tahun lalu, jika Apple sudah memutuskan memasukkan fitur radio yang mendukung radio dengan koneksi data sekelas 4G LTE untuk iPad 3 (dan juga mungkin untuk iPhone 5). Untuk itu, kabarnya Apple bakal menggunakan chip 4G LTE Gobi 4000 dari Qualcomm. Jika memang benar, maka iPad 3 nantinya bisa dijajarkan dengan tablet lain seperti Samsung Galaxy Tab 10.1 yang juga sudah mengadopsi teknologi tersebut. Selain itu juga ada yang menyebutkan, jika kemungkinan Apple bakal merilis beberapa varian iPad 3.  Mulain yang hanya memiliki Wi-Fi, kemudian koneksi 3G, 4G, atau bahkan juga mendukung dual-mode alias bisa bekerja di jaringan GSM dan CDMA.

Bingung Dengan Waktu Pakai? Diduga Kapasitas Baterai Makin Besar!!

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia

Bicara maslaah gadget mobile, pasti tidak lepas dengan kebutuhan daya baterai. Apalagi jika kita menggenggam gadget yang nyaris butuh koneksi data untuk menunjang keseluruhan fungsinya. Demikian untuk baterai iPad 3 ini, juga banyak spekulasi bahwa nantinya bakal diperbesar hingga dua kali lipat dari iPad sebelumnya. Ada yang menyebutkan jika baterai iPad 3 nantinya memiliki kapasitas hingga 14,000mAH (dibandingkan 6,500mAH pada iPad 2). Namun belum ada yang bisa memastikan, sekaligus berapa lama tablet tersebut bisa bertahan sekali charge dengan baterai sebesar itu - kemungkinan lebih lama dari iPad 2, yang diklaim mampu bertahan 10 jam. Penggunaan baterai berkapasitas besar ini mungkin juga untuk mengimbangi kebutuhan daya yang cukup besar ketika menggunakannya pada jaringan 4G.  Untuk penambahan kapasitas tersebut, sepertinya Apple bakal merevisi harga iPad 3 karena biayanya juga bertambah sekitar 20-30% dari iPad 2. Dan masih sama seperti sebelumnya, dan juga pada Macbook, Simplo Technology dan Dynapack International Technology ditunjuk memproduksi baterai untuk iPad 3. Oh ya, Apple sendiri mengklaim jika baterai iPad 3 ini nantinya bakal lebih tipis, lebih ringan dan makin aman.

Apple Bakal Menawarkannya Dalam Beberapa Varian

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Selain dibedakan berdasarkan dukungan radio, kemungkinan besar nantinya Apple juga bakal menawarkan iPad 3 ini dalam dua versi, yang mewah dengan harga tinggi, dan varian kedua yang lebih terjangkau. Namun ada juga yang membantah kabar tersebut. Mereka lebih percaya jika Apple tetap menawarkan iPad 3 dengan standar harga yang tinggi, namun menurunkan harga iPad 2 sebagai opsi tablet iOS yang lebih terjangkau. Apalagi spasifikasi yang ditawarkan iPad 3 jelas sangat tinggi, kami sendiri juga menyangsikan jika bakal ada versi "murah" iPad3. Namun penentuan harga ini pastinya tetap akan dipertimbangkan dengan baik oleh Apple, mengingat banyak bertebaran tablet murah (namun tidak murahan) seperti Kindle Fire dan Nook Tablet, kami tetap berharap Apple membanderol iPad 3 dengan lebih kompetetif, atau setidaknya dengan harga setara harga iPad 2 saat pertama kali diluncurkan.

Oh ya, mengenai beberapa gambar ilustrasi konsep yang kami pasang di artikel ini, memang itu semua sekadar "angan-angan" para penggemar iPad, seperti apa nantinya bentuk akhir iPad 3 ketika resmi dikonfirmasikan. Selain yang sudah kami pajang sebelumnya, ada lagi desain konsep lainnya yang beredar luas di internet selama setahunan ini, seperti berikut ini:

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

 

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Apple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia[/caption]

Artikel terkait

ARTIKEL TERBARU