Zynga Membayar US $300 Untuk Setiap Pemain Baru??

     

    Untuk urusan game Facebook, Zynga adalah rajanya. Sudah banyak game yang mereka rilis dan hampir semuanya meledak ketika dirilis di pasaran. Namun, sayangnya meskipun sudah banyak game yang dirilis dan sudah banyak pula pemain yang berhasil diraih, Zynga masih menyimpan sedikit masalah.

    Seperti yang sudah kita ketahui (atau mungkin belum) pada akhir tahun lalu, Zynga mulai menjual saham mereka ke publik. Namun ternyata, menjual saham ke publik tidak segampang menanam lobak di FarmVille, karena sambutan pasar modal dunia tidak begitu baik. Salah seorang analis keuangan Arvind Bhatia mengatakan, bahwa untuk saat ini memang harga saham Zynga cukup anjlok dan tidak sebanding dengan pengeluaran mereka. Dia juga menambahkan, karena anjloknya nilai saham ini, Zynga sampai harus merogoh kocek hingga US $300 untuk mendapatkan seorang pemain baru dalam kurun waktu sembilan bulan terakhir.

    Lho kok bisa? Ya, karena nilai saham anjlok, maka biaya marketing yang dikeluarkan Zynga selama beberapa bulan terakhir melonjak hingga US $120 Juta. Dengan dana marketing sebesar itu, analis mencatat bahwa Zynga hanya berhasil mendapatkan sekitar 400.000 pemain. Artinya, Zynga harus mengeluarkan dana sekitar US $300 hanya untuk “membujuk” seorang pemain memainkan game-game mereka.

    Lantas, apa yang menyebabkan Zynga mengalami masalah ini? Analis tersebut menjelaskan, bahwa kurangnya inovasi di tiap game yang mereka rilis adalah salah satu pemicu utama. Bukan menjadi rahasia, bahwa gameplay game-game Zynga bisa dikatakan tidak banyak berubah dari satu game ke game yang lainnya. Hal tersebut yang membuat banyak pemain kurang antusias saat Zynga merilis game baru, dan dilanda kebosanan. Selain itu, faktor kedua adalah Zynga terlalu menggantungkan pendapatan dari sekian kecil persen dari pemain yang mau mengeluarkan uang banyak demi mendapatkan item mall. Yap, item mall game-game Zynga memang terkenal mahal di kalangan gamer Facebook.

    Menutup analisanya, Bhatia memberikan sebuah solusi yang menarik untuk permasalahan yang dihadapi Zynga: buat sebuah FarmVille baru. Maksudnya, Zynga harus segera membuat sebuah game yang benar-benar unik, yang bisa sangat laris seperti FarmVille. Tentunya bukan perkara yang mudah, untuk membuat sebuah game yang unik dan lain dari “kebiasaan” game mereka selama ini. Jika hal tersebut tidak segera dilakukan, Bhatia khawatir posisi Zynga di bursa saham akan semakin anjlok dan bukan tidak mungkin bayang-bayang kerugian akan terus menghantui mereka.


    SHARE
    Previous articleApple iPad 3: Semua yang Perlu Kamu Ketahui Dari Penerus Raja Tablet Dunia
    Next articleWii-U Untuk Kado Natal?
    Ex Managing Editor majalah Zigma dan Omega yang mengawali karirnya sebagai kontributor sebuah blog teknologi. Febrizio dikenal juga suka dengan teknologi, film, pengembangan software, perkembangan sepakbola, serta saat ini juga mulai tertarik untuk mempelajari proses pengembangan game.