Project Fiona, Begini Ini Bentuk Mesin Game di Masa Depan!?

Seperti yang pernah saya bahas pada artikel saya sebelumnya bahwa Razer tengah menyiapkan sebuah tablet PC yang rencananya bakal dirilis pada akhir tahun ini. Namanya adalah Project Fiona yang dibekali dengan kemampuan PC berteknologi tinggi untuk mendukung segala jenis game saat ini.

Saat diperlihatkan dalam CES 2012 kemarin, Project Fiona mendapatkan respon yang cukup baik dari para pengunjung. Terutama dari bentuknya  yang dinilai berkesan cukup futuristik, serta kemampuannya dalam memainkan game-game kelas atas seperti Space Marine yang sempat didemokan dalam event. Kelebihan Intel Core i7 dan GPU yang dimiliki bekerja cukup baik. Ini terbukti dari stabilnya tingkat framerate yang berjalan. Mesin juga tidak terlalu panas dirasakan selang beberapa menit permainan.


Seperti tablet PC umumnya, Project Fiona dibekali dengan layar berukuran 10 inch dengan dukungan fitur multitouch screen. Razer juga melengkapinya dengan tambahan teknologi accelerometer dan sebuah kontroler di samping kanan kirinya. Sama halnya dengan kontroler gaming umumnya, kontroler ini dilengkapi dengan sebuah tombol analog dan beberapa tombol pendukung lainnya. Dengan segala kelebihan diatas, Project Fiona dibandrol dengan harga dibawah $1000, harga yang sangat layak untuk sebuah gadget sekelas ini.

Dalam demo CES 2012, Project Fiona tampil menggunakan OS Windows 7. Namun dari pengakuan Razer, Windows 7 hanyalah sementara digunakan, saat dirilis nanti Project Fiona bakal menggunakan Windows 8. Tentunya hal ini menjadi kabar yang baik mengingat kemampuan Windows 8 yang sangat friendly dengan fitur gaming. Selain gaming, Project Fiona juga dapat dimanfaatkan untuk keperluan multimedia lainnya seperti melihat video dan surfing internet.


Penyertaan Windows 8 diharapkan dapat mendukung dengan baik kemampuan online dalam Project Fiona. Oleh karenanya, selain dilengkapi kontroler berkemampuan feedback di sisi kanan kirinya dan layar touchscreen, Fiona juga mendukung keberadaan Mouse dan Keyboard. Anda pun bebas bermain dengan menggunakan kontroler yang Anda suka. Selain Project Fiona, sebenarnya Razer juga tengah menyiapkan satu gadget high-en lagi dalam bidang gaming yang mereka beri nama Razer Blade. Bedanya dengan Project Fiona, Razer Blade adalah laptop super canggih yang rencananya bakal dijual dengan harga $2800. Selain spesifikasi yang canggih, Laptop ini dibekali dengan kemampuan touchscreen pada layarnya. Selain itu, Razer Blade juga dilengkapi dengan sebuah tombol LED display!

Secara pribadi, saya berharap agar Razer dapat sukses dengan kedua gadget di atas. Saya salut dengan keberanian mereka dalam membuat sebuah gadget baru, khususnya yang melibatkan gaming seperti Project Fiona dan Razer Blade. Dan semoga saja banyak perusahaan-perusahaan baru yang terinspirasi oleh tindakan mereka.


SHARE
Previous articleResident Evil Revelations Review Round Up
Next articleHyrulecraft: Versi Hyrule dalam Minecraft
Ari aka Hawke Zigma memiliki segudang pengalaman dalam jurnalis game. Hawke populer sebagai anak didik langsung dari GrandC. Dia banyak membantu GrandC dalam menulis, meliput event berita, bahkan konsep. Nama Hawke cukup populer dalam dunia game underground karena dia juga pernah menggawangi langsung salah satu jaringan toko game di Surabaya, yakni GameQuarters.