Item Baru Untuk Peran Support di League of Legends

Selain memperkenalkan Bot, serta champion baru, minggu ini Riot Game juga mengadakan beberapa perubahan yang cukup signifikan pada item di LoL. Perubahan kali ini ditujukan untuk lebih mendukung peran support di LoL. Ada dua item yang akan mengalami perubahan, yaitu Stark’s Fervor dan Emblem of Valor.

Stark’s Fervor yang selama ini digunakan di LoL adalah salah satu item dengan aura pendukung yang paling kuat. Selain memberikan efek life steal dan atk spd yang cukup besar, Stark’s juga mampu mengurangi armor musuh. Walaupun begitu, sebagai item support, Stark’s justru adalah pilihan yang kurang bagus. Ini dikarenakan dua hal, yang pertama adalah karena harga komponennya yang mahal (mengingat support biasanya adalah champion yang miskin), dan yang kedua karena base stat dari Stark’s sebenarnya sama sekali tidak berguna bagi seorang support. Bayangkan saja, status dasar dari item yang digunakan untuk membuat Stark’s memberikan efek life steal dan peningkatan atk spd, dua hal yang tidak dibutuhkan support. Memang pada akhirnya Stark’s sangat berguna, tapi untuk mencapai titik tersebut, seorang support harus membeli dua item yang sama sekali tidak berguna dan tidak memiliki efek support yang efektif.

Oleh karena hal ini lah, Riot kemudian mengubah Stark’s. Selain mengubah resep (untuk menurunkan harga, dan memberikan pilihan build yang lebih efektif), efek aura dari Stark’s juga akan berubah sedikit. Memang sih efek aura dari Stark’s jadi melemah, tapi paling tidak sekarang kamu sudah bisa membelinya sebagai salah satu item awal.

Sementara itu Emblem of Valor yang tadinya digunakan sebagai item untuk membuat Stark’s Fervor tentunya juga harus mengalami perubahan. Efek life steal dari Emblem of Valor dihilangkan, karena memang efek ini nyaris tidak berguna pada seorang support. Dan sekarang Emblem of Valor akan digunakan sebagai bahan dalam membuat item baru, yaitu Locket of the Iron Solari.

Sebagai pengganti Stark’s Fervor yang sekarang turun pangkat menjadi item yang murah meriah, Locket of the Iron Solari memiliki efek yang sangat berguna bagi seorang support. Item ini mampu memberikan shield yang melindungi semua anggota tim yang berada di dekatmu. Durasinya cukup lama (5 detik), dan besarnya shield juga lumayan, pada level tertinggi shield ini mampu menyerap 230 damage.

Saya pribadi sangat mendukung semua perubahan ini, karena memang saya adalah pengguna champion support. Tapi jujur saja, keputusan Riot kali ini saya kira terlalu sepihak. Memang perubahan ini menguntungkan champion support, tapi bagi champion AD carry, mereka baru saja kehilangan salah satu item terbaik (Stark’s Fervor), tanpa mendapat imbalan yang sesuai. Selain itu, locket of the Iron Solari adalah item yang kemungkinan besar akan menimbulkan masalah besar. Jika misalnya efek shield dari item ini bisa di stack, maka ketika 5 orang mengaktifkannya pada waktu bersamaan, mereka akan mendapat shield yang mampu menyerap 1150 damage selama 5 detik. Bukankah ini mirip dengan kondisi 5 summoner spell heal tempo dulu?

Sebagai penutup, berikut adalah perbandingan dari Stark’s Fervor (versi lama dan baru), Emblem of Valor (versi lama dan baru), dan status dari item baru, Locket of the Iron Solari.

 

 

 

Stark’s Fervor lama

+20% Attack Speed. UNIQUE Aura: memberikan efek 20% Life Steal, 20% Attack Speed, dan 30 Health Regen tiap 5 detik untuk champion satu tim yang berada didekat pengguna. Mengurangi Armor Champion musuh yang berada di dekat penguna sebesar 20.

 

Stark’s Fervor baru

+250 Health. UNIQUE Passive: +15% Cooldown Reduction. UNIQUE Aura: memberikan efek 12% Life Steal dan 20% Attack Speed ke anggota tim yang berada didekat pengguna.

 

 

 

Emblem of Valor lama
+17% Life Steal. UNIQUE Aura: Anggota tim yang berada didekatmu terkena efek 10 Health Regen tiap 5 detik.

 

Emblem of Valor baru
+25 Armor. UNIQUE Aura: Anggota tim yang berada didekatmu terkena efek 10 Health Regen tiap 5 detik.

 

 

 

Locket of the Iron Solari

+300 Health.  +35 Armor. UNIQUE Aura: Anggota tim yang berada didekatmu terkena efek 15 Health Regen tiap 5 detik. UNIQUE Active: Melindungi diri sendiri dan semua anggota tim yang berada didekatmu dengan shield yang akan menyerap damage sebesar 50 (+10 untuk tiap level) poin. Shield ini bertahan selama 5 detik dan memiliki waktu CD 60 detik.


SHARE
Previous articleSurge Concerto: Ciel no Surge, Penerus Spiritual Ar Tonelico?
Next articleAIKA Online Indonesia Raih Penghargaan!
Seseorang yang awalnya ingin menjadi seorang teknokrat namun justru berkecimpung di dunia game. Penggemar Jessica Alba dan Alexis Bledel yang memiliki spesialisasi di antaranya dalam bidang Anime, Game, RPG, Game Design, Manga, Movie dan Trading Card Game. Saat ini mendapat posisi sebagai Managing Editor ZIGMA dan OMEGA serta Lead QA I Play All Day Studio.