Surge Concerto: Ciel no Surge, Penerus Spiritual Ar Tonelico?

Judul Game : Concerto: Ciel no Surge ~Ushinawareta Hoshi e Sasagu Shi
Dev / Pub : Gust
Tanggal Rilis : 26 April 2012
Genre : Simulation
Platform : PS Vita

Jika dilihat sepintas, logonya pun mirip dengan huruf Hymmnos loh!

Game pertama Gust untuk PS Vita, berjudul Surge Concerto: Ciel no Surge ~Ushinawareta Hoshi e Sasagu Shi (jika diterjemahkan menjadi Ciel no Surge: Song of the Lost Star’s Offering). Awalnya Gust mengkonfirmasikan game ini dengan genre “Etc” alias lain-lain, kemudian mengkonfirmasikan bahwa genre-nya adalah realtime life simulation. Karakter utamanya bernama Ion (nama lengkapnya Ionasol), seorang gadis yang kehilangan ingatannya. Kamu akan berinteraksi dengan Ion dengan cara menyentuh beberapa pilihan yang tampak di layar (istilahnya adalah berkomunikasi dengan Ion).

Ionasol

Tujuan utama kamu di sini adalah berusaha memulihkan kembali ingatan Ion dengan menghubungkan Ion ke sebuah terminal dan memasuki pikirannya. Hmm, mengingatkan pada Dive System di serial Ar Tonelico ya? Di dalam pikiran Ion, kamu akan melihat dunia yang luluh lantak dan tempat reparasi, dimana kamu bisa memperbaiki dunia tersebut dengan menggunakan kekuatan Ciel. Dengan memperbaiki dunia tersebut, maka ingatan Ion akan berangsur-angsur pulih. Ada kosakata Ciel juga di sini, benar-benar mencerminkan dunia Ar Tonelico!

Dunia yang luluh lantak...
Repair Point, tempat "memperbaiki" dunia yang rusak

Dalam kehidupan normal, kamu akan berinteraksi dengan Ion selayaknya gadis normal pada umumnya. Saat berada di dapur, kamu bisa memilih beberapa tindakan bagi Ion untuk dilakukan, seperti memasak, membuat sekaligus hidangan utama, sup, salad, dan pastry, membuat sesuatu bersama, pergi ke dunia pikiran, atau memikirkannya sejenak. Kamu nantinya akan menghabiskan waktu tiga tahun bersama Ion.

   
   

Skenario Surge Concerto: Ciel no Surge berpusat pada dunia bernama La Ciel, yang berada di dalam sistem tata surya dengan matahari yang makin membesar. Para penghuni La Ciel memiliki dua rencana untuk menghadapi krisis dunia ini. Pertama datang dari kelompok (yang diterjemahkan) bernama Astronomer, untuk mengevakuasi semua penghuni La Ciel ke planet lain. Sedangkan kelompok kedua, Terrestrial, ingin menyelamatkan sistem tata surya dengan mengeksploitasi kekuatan song magic (wow, bahkan song magic yang menjadi unsur utama serial Ar Tonelico pun juga menjadi salah satu pilar skenario!). Takdir dunia berada di tangan calon pemimpinnya, yang tak lain adalah…. Ionasol.

Gust awalnya mengatakan bahwa game ini mungkin menjadi sebuah game online, tapi ternyata tidak. Hanya saja pihak Gust mengatakan akan ada fitur online untuk game ini, dimana pemain bisa menunjukkan Ion yang diasuhnya kepada pemain lain. Surge Concerto ini juga kabarnya akan menjadi franchise baru bagi Gust, dimana game ini menjadi debut perdananya, dan ke depan mereka akan mengembangkan franchise ini dan merilisnya untuk berbagai platform (entah dengan setting waktu atau tempat yang berbeda).

Kamu bisa mengunjungi website official-nya di sini.

Sumber : Andriasang, Siliconera


SHARE
Previous articleLiputan Event AIKA Invasion @Surabaya
Next articleItem Baru Untuk Peran Support di League of Legends
Pecinta game (terutama RPG) yang dulunya merupakan fans dari Zigma - sekarang adalah Feature Editor Zigma Omega hingga saat ini. Sekarang Reyner telah menjadi apoteker lulusan salah satu fakultas negeri di Surabaya. Selain game, Reyner juga mengikuti update mengenai anime dan manga terbaru, dan juga sedikit melirik dunia gunpla.